Apa Itu Afinitas Artinya

apa itu afinitas artinya - arti afinitas adalah

Apa itu afinitas artinya? Berikut penjelasan singkat tentang arti afinitas dan apa itu afinitas elektron.

Apa Itu Afinitas Artinya – Pengertian Afinitas

Bagi orang awan seperti kita, istilah afinitas mungkin masih cukup asing di telinga dan jarang sekali diucapkan atau ditulis pada buku-buku atapun artikel umum. Akan tetapi bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia farmasi dan kimia, istilah afinitas hampir setiap hari mereka dengar.

Di internet sekalipun kita tidak akan mudah menemukan penjelasan tentang afinitas. Secara sederhana, kebanyakan artikel yang ditulis menggunakan bahasa akademik yang sifatnya amat formal. Sehingga akan cukup berat untuk kita pahami jika sebelumnya tidak punya pendidikan di bidang terkait.

Oleh karena itulah, pada artikel kali ini kita akan membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan istilah-istilah yang ada dalam afinitas atau yang berkaitan dengan istilah asing ini menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

Secara umum, arti afinitas adalah suatu ikatan yang muncul pada reseptor atau bisa dirasakan oleh panca indera kita yang peka terhadap senyama kimia ini.

Sedangkan menurut KBBI, pengertian afinitas adalah suatu ketertarikan yang ditandai oleh kepentingan yang sama. Dan dalam kimia, berarti suatu kecenderungan unsur atau senyawa untuk membentuk ikatan kimia dengan senyawa atau unsur lainnya.

Afinitas Obat Adalah

Sedangkan dalam dunia farmasi, arti afinitas obat adalah takaran dosis suatu obat yang mamput terikat dengan reseptor. Ikatan kovalen akan memunculkan reaksi afinitas yang cukup stabil, kuat dan ireversibel (zat kimia yang tidak bisa kembali menjadi zat semula). Sedangkan ikatan elektrostatik dapat menghasilkan afinitas yang lemah atau kuat dan cenderung bersifat reversible. 

Afinitas Magma Adalah

Definisi afinitas magma adalah suatu perubahan dalam zat penyusun magma. Hal ini disebabkan karena faktor perbandingan antara senyawa alkali dan senyawa silika yang ada di dalam batuan beku.

Pengertian Afinitas Elektron

Afinitas elektron adalah suatu energi yang telah dilepaskan oleh senyawa atom dalam wujud gas yang dimana saat senyawa ini terlepas maka akan menangkap satu elektron yang kemudian akan membentuk ion negatif.

Adapun afinitas elektron diberi penulisan tanda minus (-), dikarenakan energi tersebut dilepaskan. Afinitas Elektron tidak bisa ditentukan nilainya, akan tetapi bila semakin besar kemampuan menyerap elektronnya, maka akan lebih cenderung membentuk ion negatif.

Mengapa Golongan Halogen Memiliki Afinitas Elektron Terbesar

Golongan halogen terletak pada golongan usur senyawa kimia VIIA. Karena unsur senyawa halogen merupakan unsur yang paling mudah menangkap elektron, sehingga memiliki afinitas elektron yang cukup besar.

Afinitas elektron yang cukup besar ini disebabkan oleh gaya tarik inti akan makin besar dan kuat dan membuat atom akan makin mudah menangkap elektron yang kemudian berakibat makin besarnya jumlah energi yang dilepaskan.

Hampir 40% kehidupan yang kita jalani ini melibatkan ilmu matematika di dalamnya, ilmu biologi 30%, ilmu kimia sebesar 20% dan sebesar 10% lagi terdiri dari disiplin-disiplin ilmu yang lainnya seperti antropologi dsb. Oleh karena itu, penting bagi kita mempelajari masing-masing ilmu di atas walau hanya sampai kulit luarnya saja. Akan tetapi usaha kita tersebut pasti akan memberikan dampak bagi cara kita menjalani kehidupan ini.

Sama seperti halnya afinitas elektron yang membuat atom semakin kuat menyerap elekton dan cenderung membentuk ion negatif. Hal ini seumpama kemampuan dan keterampilan diri kita dalam menyaring perkataan negatif orang lain tentang diri kita.

Apabila hati yang dibaratkan seperti atom lebih kuat dibanding logika kita, maka kita akan lebih mudah terbawa perasaan pada pemikiran negatif orang lain tentang diri kita dan menjadi insecure. Padahal belum tentu kebenarannya. Dan hal ini akan berdampak pada kepercayaan diri kita. Yang tanpa kita sadari terlepas sedikit demi sedikit sampai akhirnya kita tidak lagi menjadi percaya diri seperti sebelumnya.

Nah itulah penjelasan singkat tentang definisi afinitas elektron, afinitas obat dan afinitas magma. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu ya.