Apa Itu Aing Maung Artinya

apa itu aing maung artinya - arti aing maung adalah

Di zaman milenial ini, bukan hanya serapan kata bahasa dari luar negeri seperti bahasa Inggris dan Korea yang banyak dipergunakan, namun juga bahasa daerah. Salah satunya adalah bahasa Sunda. Bahasa sunda mudah-mudah gampang untuk dimengerti. Namun, tetap ada tingkatannya misalnya bahasa kasar atau halus, misalnya “aing maung”. Nah apa itu Aing Maung dalam bahasa gaul?

Apa itu Aing Maung – Arti Aing Maung

Apa sih arti dari bahasa Sunda Aing Maung? Secara harfiah nih arti aing maung adalah saya harimau. Jadi, kalau kamu menyebut dirimu sendiri maung berarti kamu adalah harimau.

Namun, di sisi lain, aing maung bisa diartikan juga sebagai pendukung Persib Bandung lho. Kok bisa? Iya dong. Ini karena Persib Bandung memiliki julukan yaitu Maung Bandung. Bahkan nih, pendukungnya, seperti bobotoh, menggunakan yel-yel dengan bahasa sunda yang jadi bukti cinta. Beberapa diantaranya adalah persib nu aing (persib itu aku). Hampir serupa dengan sebutan laskar wong kito galo.

Akan tetapi, di sisi lain, kata “aing maung” tersebut bisa juga berarti kesurupan. Kemudian kamu mengaum seperti harimau.

Sayangnya, kata aing tidak bisa disebut sembarangan lho. Aing sendiri termasuk dalam bahasa Sunda kasar bahkan termasuk ke tingkatan yang sangat kasar. Artinya, kata ini hanya boleh dipergunakan saat kamu sedang mengobrol dengan orang yang usianya sepantaran, orang yang sudah akrab ataupun yang lebih muda. Jadi, jangan gunakan kata ini untuk berbicara dengan orang tua ya.

Walaupun pada kenyataannya kini, aing kerap disebut dan dianggap biasa saja oleh kaum milenial untuk merujuk pada diri sendiri.

Aing Maung Maneh Saha Artinya – Eta Saha Aing Maung Artinya

Jika berdasarkan pada translate bahasa online, “aing maung maneh saha” memiliki arti saya akan mendapatkan kamu kembali. Namun jika diartikan per katanya, arti dari “aing maung maneh saha” bisa merupakan kalimat tanya. Arti dari perkataan tersebut adalah “saya macan, kamu siapa?” (sama seperti arti eta saha aing maung = kamu siapa saya macan)

Bila mengacu pada arti per katanya, perkataan tersebut dikatakan saat sedang kesurupan. Seperti yang kita tahu nih, saat kita sedang kesurupan, tubuh kita seperti diambil alih oleh makhluk halus yang masuk dalam diri kita. Karena hal tersebut, ketika perkenalan, bisa saja kita mengatakan, saya macan, kamu siapa?

Seperti yang diketahui dan menurut beberapa sumber nih, maneh sendiri memiliki arti yang berbeda dengan maneh dalam bahasa Jawa. Namun, kata maneh termasuk dalam kategori kata kasar. Jadi, jikapun kamu tidak menggunakan kata maneh dalam “aing maung maneh saha”, kamu harus berhati-hati.

Hindari menggunakan kata maneh untuk orang tua atau orang yang dihormati ya. Dengan begitu, kamu tidak akan dianggap tidak menghormati orang yang lebih tua.

Saha Ieu Aing Maung Artinya

Jika diartikan secara terpisah, saha berarti siapa, ieu berarti ini, aing berarti aku (dalam bahasa kasar) dan maung berarti macan. Jika digabungkan, arti saha ieu aing maung adalah “siapa ini? saya macan.”

Perkataan tersebut juga kerap kali disebutkan kala seseorang sedang kerasukan siluman macan atau roh macan dan ketika sedang perkenalan diri. Perkataan tersebut umumnya ditanyakan ketika kesurupan dan “siluman” atau roh tersebut dipaksa untuk masuk ke tubuh orang yang menjadi perantaranya.

Itulah arti bahasa Sunda aing maung. Semoga dengan ini bisa menambah pengetahuan mengenai kosakata bahasa sunda. Namun, pastikan jika penggunaan kata tersebut sesuai dengan tempat dan siapa orang yang diajak berbicara ya. Tujuannya agar tidak ada yang tersinggung karena perkataan tersebut.