Apa Itu Artefak Artinya

apa itu artefak artinya - arti artefak adalah

Apa itu artefak artinya? Berikut penjelasan singkat tentang apa arti artefak dan contoh artefak di Indonesia.

Apa itu Artefak Artinya – Pengertian Artefak

Dalam mata pelajaran sejarah di bangku sekolah dulu, kita pasti sering mendengar tentang penyebutan kata artefak terutama saat berbicara tentang benda-benda peninggalan zaman purba. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan artefak?

Kata artefak diambil dari bahasa Inggris Artifact. Definisi ataupun arti artefak adalah sesuatu benda ataupun sekumpulan barang bersejarah peninggalan manusia zaman dulu. Benda-benda ini adalah benda yang dibuat oleh manusia dan benda-benda ini dapat dipindahkan oleh tangan manusia dengan mudah, tanpa merusak ataupun menghancurkan bentuknya.

Arti VGA Artefak

Istilah artefak juga ada di dunia komputer, yaitu VGA artefak. Arti VGA artefak adalah VGA komputer yang sudah error atau rusak akibat termakan zaman. Selain faktor usia, penyebab VGA artefak bisa juga dikarenakan benturan, masalah hardware yang kotor ataupun pemakaian yg terus menerus seperti yg digunakan oleh miner Bitcoin.

Ciri-Ciri Artefak

Karena artefak adalah jenis peninggalan orang-orang di zaman purba, hal itu menyebabkan artefak yang ditemukan tidak selalu dalam bentuk yang utuh. Kebanyakan artefak-artefak yang ditemukan pasti memiliki kecacatan. Kerusakan dalam artefak ini disebabkan oleh banyak hal seperti, bencana alam, peperangan, kelembapan lokasi, dan rusak karena dimakan usia.

Secara umum benda-benda yang tergolong artefak bentuknya akan terlihat unik dan permukaanya cenderung kasar. Untuk lebih jelasnya kita akan mengetahui melalui beberapa ciri-ciri yang khusus seperti di bawah ini.

  1. Terbuat dari batu, logam dsb & permukaanya sudah mulai terasa agak halus tapi masih cenderung kasar.
  2. Bentuknya ada yang lonjong, persegi, bulat dan sebagainya.
  3. Merupakan hasil kebudayaan yang diabadikan dalam bentuk barang.
  4. Saat baru ditemukan bentuknya ada yang masih utuh akan tetapi cenderung berbentuk pecahan-pecahan yang bisa disatukan ataupun residu.
  5. Merupakan hasil dari peristiwa sejarah.

Benda-benda yang tergolong artefak dapat kita temukan dalam gedung yang kita namai museum. Di museum inilah terdapat tempat penyimpanan barang-barang artefak yang biasanya dipajang untuk dilihat dan sebagai bahan penelitian bagi para pengunjung yang ingin mempelajari lebih dalam tentang benda-benda zaman purbakala. Biasanya barang-barang yang ada di dalam museum dimasukkan ke dalam peti kaca transparan.

Macam-Macam Artefak

Ada banyak jenis-jenis artefak. Kita dapat mengelompokkannya berdasarkan zamannya. Di bawah ini kita akan mengetahui apa-apa saja jenis artefak dan beberapa contoh artefak yang ditemukan di Indonesia.

  1. Zaman Palaeotikum

Seorang peneliti bernama Von Koenigswald, melakukan sebuah penilitan di daerah Ngandong dan Pacitan, Jawa timur. Dari penelitian yang ia lakukan ini, ia menemukan artefak yang berbentuk kapak gengam (kapak perimbas). Melalui penelitian dan barang yang ditemukannya ini, Von Koenigswald menyimpulkan kalau manusia yang hidup pada masa itu mempersenjatai diri mereka dengan alat-alat yang berfungsi untuk melindungi diri.

  1. Zaman Mesolithikum

Pada zaman ini manusia mulai hidup menetap dan tidak lagi berpindah-pindah tempat. Mereka mulai membangun tempat tinggal permanen. Hal ini dikuatkan oleh temuan Abris Sous Roche yang telah menemukan tempat tinggal yang dibangun dari batu karang atau ceruk. Contoh benda-benda rrtefak yang dapat ditemukan pada zaman ini ialah alat pengiling, tulang dan batu pipisan.

  1. Zaman Logam

Di zaman logam, manusia sudah mampu membuat peralatan-peralatan dari logam. Penemuan ini ditandai dengan artefak-artefak yang berbentuk perhiasan dan terbuat dari bahan emas, perunggu dan juga besi.

  1. Zaman Megalithikum

Zaman megalithikum disebut juga dengan sebutan zaman batu besar dan merupakan tonggak dari lahirnya bangunan-bangunan berukuran besar yang terbuat dari batu. Beberapa contoh peninggalan artefak yang penting dari zaman ini, seperti kubur batu, menhir, dolmen, keranda, punden berundak (teras berundak) dan juga arca. 

Perbedaan Fosil dan Artefak

Fosil adalah sisa-sisa dari manusia purba, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan yang sudah membatu. Hal ini disebabkan karena sisa-sisa makhluk hidup tadi mengalami mineralisasi sehingga mengeras dan berubah menjadi batu. Pada saat para arkeolog menemukan hal-hal tersebut, mereka menyebutnya dengan istilah fosil. Dengan kata lain fosil merupakan sisa-sisa dari tubuh makhluk hidup.

Nah itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan artefak, contoh artefak serta perbedaan fosil dan artefak. Sekarang kita jadi lebih paham tentang apa itu artefak dan mengetahui kalau jenis-jenis zaman tiap artefak berbeda-beda. Dari sinilah kita bisa mengetahui dan mempelajari tentang kehidupan nenek moyang kita di masa lalu dan cerita tentang kehebatan manusia beradaptasi dari zaman ke zaman untuk dapat bertahan hidup hingga saat ini. Terkadang bukti yang tak dapat berbicara mampu mengungkapkan cerita yang lebih jujur tentang kisah peradaban umat manusia.