Apa Itu Contoh Keterampilan Teknis dan Non Teknis

contoh keterampilan teknis dan non teknis dalam cv

Apa saja contoh keterampilan teknis dan non teknis? Tahukah kamu, dalam dunia kerja ataupun saat kamu di kehidupan sehari-hari, kita tidak hanya butuh yang namanya kemampuan teknis namun juga non teknis? Kemampuan teknis dikenal juga dengan hard skill dan kemampuan non teknis disebut juga dengan soft skill. Untuk tahu perbedaan antara 2 kemampuan tersebut, cek informasi berikut ini ya.

Perbedaan Keterampilan Teknis dan Non Teknis

Keterampilan non teknis adalah perkembangan dengan EQ dan berkaitan dengan kemampuan bersosialisasi. Sedangkan keterampilan teknis adalah kemampuan yang meliputi keterampilan yang berkaitan dengan bidang yang ditekuni. Misalnya kemampuan untuk menggambar.

Dalam pengembangan kemampuan tersebut, keduanya memiliki cara yang berbeda lho. Untuk hardskill itu sendiri, kemampuan bisa dikembangkan dengan mencoba mengerjakan proyek yang lebih besar, membaca buku ataupun tutorial. Namun, untuk kemampuan softskill, kamu butuh untuk bersosialisasi, introspeksi, mendengarkan saran dan kritik serta motivasi diri.

Jadi, pada dasarnya, tingginya kemampuan teknis tersebut disebabkan karena pendidikan dan kemampuan seseorang menerima ilmu. Sedangkan kemampuan non teknis tersebut, lebih ke pengalaman. Misalnya bagaimana cara menangani konsumen yang cerewet dan keras kepala.

Contoh Keterampilan Teknis dan non Teknis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kemampuan non teknis akan berpengaruh pada bagaimana cara kamu dalam berinteraksi dengan orang lain dan pembawaan sifat dan sikap. Jika dibagi berdasarkan jenisnya nih, ada 2 jenis softskill yaitu kemampuan interpersonal dan sosialisasi.

Kemampuan interpersonal disebut juga dengan kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri. Jadi, yang termasuk dari kemampuan tersebut adalah kepercayaan diri, pengendalian diri, tanggung jawab, persistensi, integritas. Sedangkan kemampuan bersosialisasi berkaitan dengan cara kita dalam berinteraksi dengan orang lain. Misalnya cara menangani pasien atau konsumen, negoisasi, teamwork dan kemampuan memimpin.

Bagaimana dengan kemampuan dalam memecahkan masalah? Kemampuan tersebut juga termasuk dalam kemampuan non teknis atau softskill. Kemampuan ini akan berkembang jika ita mengasahnya misalnya mencoba membiasakan diri memecahkan suatu masalah dan tetap kritis.

Sedangkan kemampuan hardskill hanya berfokus pada 1 bidang ilmu namun ada beberapa yang juga bisa menguasai beberapa bidang sekaligus. Contohnya adalah kemampuan dalam bernyanyi, memasak, membuat gambar, merancang suatu bangunan.

Untuk mengembangkan kemampuan tersebut, maka kamu harus bersekolah, mengikuti pelatihan ataupun menimba ilmu di lembaga pendidikan. Bahkan kemampuan kuli panggul yang bisa mengangkat barang dalam jumlah banyak tanpa cedera juga termasuk hard skill lho. Jadi untuk mengembangkan hardskill, kita harus mengasah kemampuan tersebut dan fokus.

Contoh Keterampilan Teknis dan non Teknis dalam CV

Kemampuan yang kamu miliki, baik hard skill ataupun soft skill yang kamu miliki, sebaiknya disertakan dalam CV. Namun, sertakan yang memang kemampuan tersebut kamu kuasai dan berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Jangan semuanya kamu cantumkan karena perusahaan ataupun pihak korporasi nanti justru bingung, kamu sebenarnya bagus di bagian mana. Terlalu bagus akan membuat kamu keteteran karena diberi pekerjaan yang diluar jobdesk kamu.

Contoh dari kemampuan hardskill yang bisa dicantumkan diantaranya adalah:

  1. Menulis SEO.
  2. Kemampuan berbahasa asing.
  3. Kemampuan animasi 3D.
  4. Keterampilan membuat website.
  5. Mampu membuat aplikasi.

Sedangkan kemampuan soft skill yang bisa kamu cantumkan dalam CV, diantaranya adalah:

  1. Loyalitas
  2. Persuasif
  3. Memiliki teamwork yang baik.
  4. Memiliki kemampuan negosiasi yang baik.

Dengan mencantumkan kemampuan tersebut, HRD akan lebih mudah untuk melihat bagaimana kemampuan yang kamu miliki dan apakah memenuhi kriteria atau tidak. Jika ada, sertakan juga portofolio sebagai bukti dari kemampuan Anda tersebut. Semoga informasi tersebut menambah wawasan kamu ya.