Apa Itu Cover Letter Artinya

apa itu cover letter artinya - arti cover letter adalah

Apa itu cover letter dalam lamaran kerja? Berikut penjelasan singkat tentang arti cover letter dan fungsinya yang perlu kamu ketahui.

Apa itu Cover Letter Artinya – Pengertian Cover Letter

Arti cover letter adalah sebuah surat pembuka dari dokumen identitas yang akan kita kirimkan saat akan mencari pekerjaan atau occupation. Dalam cover letter biasanya tersusun atas kalimat pembuka yang terdiri dari:

  • (1) Info yang bisa menjelaskan dari mana kita mengetahui info lowongan pekerjaan yang akan kita isi.
  • (2) Alasan mengapa kita tertarik mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Cover letter berfungsi untuk memberikan gambaran kepada pihak perusahaan atau lembaga yang membuka  lowongan pekerjaan tersebut, sehingga mereka bisa memperkirakan bagaimana karakter kita yang mengirimkan lowongan pekerjaan tersebut.

Apakah cover letter harus bahasa Inggris?

Secara umum cover letter biasanya dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi tidak masalah apabila kita menulisnya dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Apalagi jika tidak ada keharusan atau keahlian khusus yang diminta untuk menggunakan bahasa asing.

Perbedaan cover letter dan application letter

Apa sebenarnya perbedaan cover letter dan application letter? Cover letter merupakan surat yang berisi kata pengantar dalam surat lamaran pekerjaan yang di dalamnya berisi tentang gambaran diri kita secara singkat dan jelas. Tujuannya adalah agar orang bisa dengan mudah mengenali karakter dan menilai kinerja kita apabila sudah pernah bekerja sebelumnya.

Sedangkan application letter adalah bagian yang ada di dalam dalam cover letter. Terdapat 3 jenis surat lamaran pekerjaan atau cover letter. Dibawah ini kita akan membahas secara detail tentang jenis-jenis tersebut.

  1. Application Letter

Bagian ini dapat kita gunakan menawarkan diri untuk mengisi lamaran pekerjaan yang dilakukan secara terbuka ataupun tertutup.

  1. Prospecting Letter

Jenis lamaran pekerjaan ini digunakan untuk melamar pekerjaan pada perusahan ataupun lembaga tertentu yang belum menawarkan lowongan pekerjaan. Pada jenis surat lamaran ini, kita menawarkan potensi diri kita agar bisa ditempatkan pada posisi tertentu ditempat yang kita lamar tersebut.

  1. Networking Letter

Jenis surat lamaran pekerjaan ini tidak kita kirim langsung kepada perusahaan, korporasi atau lembaga terkait, melainkan melalui perantara bursa tenaga kerja atau perantara yang lain.

Tujuan Cover Letter Dibuat

  1. Memperkenalkan identitas diri.
  2. Mempromosikan diri.
  3. Memberikan alasan mengapa kita pantas untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Cara Menulis Cover Letter

Kita akan mempelajari apa saja langkah-langkah yang harus kita perhatikan sebelum membuat cover letter, seperti yang ada dibawah ini.

  1. Tulislah cover letter dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, tergantung dari keperluan yang dibutuhkan oleh pembuka lowongan pekerjaan.
  2. Terdiri dari tiga sampai empat paragraf yang ditulis secara singkat, padat, dan jelas atau dibuat secara to the point.
  3. Saat kita menulis, pastikan kita membaca ulang tulisan yang kita buat secara teliti agar tidak terdapat kesalahan ejaan kata dalam cover letter yang kita buat, karena hal ini akan mempengaruhi penilaian karakter kita juga.
  4. Kenali lebih jauh tentang posisi pekerjaan yang akan kita isi tersebut. Jangan pernah sembarangan memberikan surat lamaran atau cover letter tanpa mempelajari lowongan tersebut.
Bagian-Bagian Penting Yang Harus Ada Dalam Cover Letter
  1. Perkenalkan Diri
  2. Posisi Jabatan yang Ingin Diisi
  3. Deskripsi Keahlian
  4. Tampilkan Hal yang Menarik
  5. Sampaikan Ucapan Terima Kasih dalam Kalimat Penutup Cover Latter

Semoga melalui artikel ini kita bisa lebih memahami tentang apa itu cover letter dalam lamaran kerja, cara membuat cover letter yang baik serta tujuan mengapa kita harus membuat cover letter untuk melamar pekerjaan.

Dalam melamar pekerjaan pastikan kita tidak hanya terpaut hanya pada satu tempat. Semakin banyak surat lamaran yang kita berikan kepada banyak tempat, maka semakin besar juga kesempatan yang bisa kita peroleh untuk mendapatkan pekerjaan.