Apa Itu Daebak Artinya

apa itu daebak artinya - arti daebak adalah

Apa itu daebak? Untuk kamu pecinta Korea pasti tahu apa arti dari kata daebak. Jangan ngaku menjadi salah satu orang yang mengidolakan artis Korea jika tidak tahu apa arti dari kata tersebut. Karena, kata ini seringkali muncul di vlog boyband atau girlband Korea yang kamu idolakan, talk show dan reality show Korea, dan acara-acara lain yang biasanya ditonton oleh penggemar K-pop.

Tapi, tidak sedikit penggemar yang masih belum mengerti tentang kata asal Korea ini. Agar kamu lebih mengerti apa arti dari kata daebak tersebut, berikut informasi yang bisa kamu baca.

Apa itu Daebak – Arti Daebak dalam Bahasa Korea

Daebak adalah salah satu kata pengungkapan yang berasal dari Korea. Tidak jarang ketika orang yang menyukai K-pop seringkali mengatakan kata ini ketika terkejut dan mengagumi sesuatu. Sebenarnya, daebak adalah gabungan kata yang dipisah, yaitu “dae” yang artinya besar dan “bak” artinya labu manis.

Jika digabungkan kata ini memiliki arti luar biasa atau hebat. Pendek kata, arti daebak adalah untuk menunjukkan sesuatu hal yang wow, keren, istimewa, sekut, takjub dan sejenisnya.

Seperti yang biasanya ditemukan pada video-video terutama vlog yang digunakan orang Korea ketika mengagumi sesuatu dan menanggapi sesuatu yang istimewa. Misalnya seperti melihat seseorang yang mampu mengerjakan suatu hal berat dengan waktu yang singkat.

Tapi, seiring berjalannya waktu, kata ini tidak hanya diungkapkan sebagai apresiasi atas kesuksesan seseorang. Melainkan juga digunakan ketika seseorang terkejut baik karena hal buruk atau hal baik yang sedang dilihat dan didengarnya.

Karena seringnya ungkapan ini dilontarkan, maka semakin banyak pula orang Indonesia atau dari negara lain yang menyukai dunia hiburan Korea mengeluarkan kata-kata ini di berbagai situasi. Walaupun begitu, orang-orang ini selalu mengucapkan pada waktu yang tepat. Dengan demikian, kata ini semakin lama semakin menyebar terutama pada zaman milenial saat ini yang sebagian besar penggemar Korea.

Apalagi di film-film Korea yang bergenre romance pasti pemeran wanita sering mengucapkan kata “daebak” dan “omo” yang jika dilihat penggunaannya memiliki arti sama. Digunakan ketika mengagumi seorang pria yang dikagumi dan disukai secara diam-diam (hampir sama seperti arti lowkey).

Contoh Penggunaan Kata Daebak

Jika pengungkapan hanya dengan satu kata yaitu daebak saja dapat mengandung arti wow, hebat, mengagumkan, mantap, dan keren.

Eomma daebak menunjukkan situasi bahwa seorang anak sedang mengagumi ibunya karena suatu hal yang telah dilakukan sang ibu.

Daebak utkyo sebuah ungkapan ketika melihat suatu hal yang sangat lucu di hadapannya atau bisa juga ketika mendengar sesuatu yang menggelitik.

Mat daebak, kalau ungkapan satu ini sering dilontarkan di vlog-vlog para artis Korea yang sedang mukbang mencoba makanan dengan cita rasa sangat lezat. Vlognya biasa yang membahas tentang kuliner karena ungkapan ini memiliki arti rasa yang mantap.

Moksori daebak, ungkapan yang berarti suara yang mengagumkan. Ungkapan seperti ini kerap kali dikeluarkan pada acara talk show dan reality show. Memberikan apresiasi kepada seseorang nyanyian yang dibawakan dengan sangat merdu

Selain untuk bentuk apresiasi, kata daebak juga bisa digunakan sebagai sebuah kalimat pengharapan. Contoh kalimatnya adalah gongyon daebak naseyo yang artinya harapan untuk penampilan seseorang agar bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Biasanya kalimat ini digunakan untuk menyemangati seseorang yang hendak konser, tampil, lomba, dan audisi.

Itulah penjelasan tentang apa itu daebak dengan contoh penggunaannya agar kamu tidak salah dalam menempatkan kata. Terutama jika kamu adalah pecinta drakor, boyband atau girlband Korea jangan sampai salah meletakkan kata satu ini.