Apa Itu Eskalasi Artinya

apa itu eskalasi artinya - arti eskalasi adalah

Apa itu Eskalasi? Sebagian besar orang pasti belum memahami apa itu eskalasi, karena memang asing di tengah masyarakat. Banyak orang yang bahkan nyaris sama sekali tidak mendengar istilah eskalasi. Istilahnya saja banyak yang tidak tahu apalagi makna dari istilah itu sendiri. Agar kamu bisa tahu dan paham mengenai eskalasi, simak penjelasan berikut.

Apa itu Eskalasi – Pengertian Eskalasi

Eskalasi tergolong ke dalam kelompok kata kelas nomina sehingga bisa menyatakan orang, tempat, atau semua yang tergolong benda. Secara umum arti eskalasi adalah kenaikan yang disertai pertambahan seperti volume, jumlah dan lain sebagainya. Bisa diambil contoh seorang kontraktor yang menyetujui adanya eskalasi terhadap biaya proyek yang saat ini sedang dikerjakan.

Artinya, kontraktor tersebut menghendaki adanya kenaikan biaya untuk menjalankan sebuah proyek yang sedang dalam proses pengerjaan. Persetujuannya ini dilakukan agar pekerjaan bisa terus berjalan dan bisa selesai tepat pada waktunya.

Jadi, kebanyakan penggunaan kata eskalasi ini digunakan untuk kalimat positif yang memiliki tujuan tertentu sebelum melakukannya. Adapun lawan kata eskalasi adalah penyusutan dan pengurangan.

Apa itu Peningkatan Eskalasi

Peningkatan eskalasi adalah penambahan kenaikan yang dapat memberikan dua kemungkinan antara keuntungan atau kerugian. Kenaikan atau peningkatan pada dasarnya belum tentu mutlak menguntungkan semua pihak, justru pada beberapa kenaikan atau peningkatan hanya menguntungkan satu pihak saja dan merugikan pihak yang lainnya.

Walaupun di atas sudah dituliskan bahwa eskalasi lebih sering digunakan untuk hal yang positif, tidak menutup kemungkinan jika istilah satu ini juga digunakan untuk sebuah kalimat negatif. Jadi, peningkatan yang dimaksudkan disini ada yang dilakukan demi kebaikan bersama dan ada juga yang dilakukan dengan tujuan merugikan beberapa pihak atau pihak lain.

Pengertian Eskalasi Komitmen

Arti eskalasi komitmen adalah sebuah tendensi dalam pengambilan keputusan agar tetap bertahan pada beberapa tindakan yang gagal. Karena eskalasi sendiri juga dapat didefinisikan dengan tingkat atau derajat masing-masing individu dalam mengeskalasikan sebuah komitmen yang ditujukan untuk semua tindakan tertentu yang telah dilakukan sebelumnya hingga pada titik pengambilan keputusan yang dilakukan secara rasional.

Eskalasi ini bisa terjadi ketika individu, organisasi ataupun korporasi memilih untuk bertahan walaupun sudah berada pada kondisi merugi atau dirugikan. Karena, mengambil keputusan untuk tetap bertahan maupun meninggalkan sama-sama belum memiliki konsekuensi yang jelas.

Pengambilan keputusan itu sendiri adalah sebuah proses untuk memberikan penetapan pilihan pada berbagai alternatif dengan menggunakan metode yang efisien dan menyesuaikan dengan situasi saat itu. Setiap individu atau organisasi pasti akan dihadapkan dengan berbagai alternatif yang harus dipilih salah satu. Jadi, keputusan yang telah diambil itulah yang dinamakan dengan sebuah komitmen dan mau tidak mau harus siap untuk menanggung semua resikonya.

Pengertian Eskalasi dalam Sosiologi

Eskalasi dalam bidang sosiologi artinya sebuah peningkatan yang diambil untuk mendapatkan timbal balik dalam keadaan sosial. Maksudnya adalah untuk kehidupan sosial yang lebih baik dan menghindari adanya kerugian pada individu lain. Jadi, eskalasi disini untuk pengaruh pada individu satu dengan individu yang lain.

Demikianlah maksud dari eskalasi yang perlu kamu ketahui dan pahami untuk menambah pengetahuan. Perbanyak istilah akan semakin banyak pengetahuan yang dapat kamu ambil. Karena, semua istilah pasti memiliki keterkaitan dengan ilmu lain atau bidang lain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu lebih banyak mengenal istilah.