Apa Itu Fortis Fortuna Adiuvat Artinya

apa itu fortis fortuna adiuvat artinya - arti fortis fortuna adiuvat adalah

Apa itu Fortis Fortuna Adiuvat? Saat kamu nonton John Wick Chapter 3, ada yang unik di salah satu adegannya. Yaitu ketika kamera memusatkan pada tato yang dimiliki John Wick. Adegan tersebut diambil ketika John Wick sedang mandi. Pada bagian punggungnya, terlihat tato mencolok yang bertuliskan Fortis Fortuna Adiuvat. Namun sebenarnya, apa arti dari tato tersebut?

Arti Fortis Fortuna Adiuvat

Fortis fortuna adiuvat bahasa apa sih? Jika diartikan secara langsung fortis fortuna adiuvat memiliki arti “keberuntungan berpihak pada yang berani”. Kalimat itu berasal dari bahasa latin yang juga bisa berarti keberuntungan membantu yang kuat. Kutipan tersebut terkenal dalam drama Terence, Phormio.

Akan tetapi, menurut sejarah, slogan tersebut dipergunakan dalam militer Anglosphere yang dipergunakan untuk lambang keluarga dan klan. Istilah dalam bahasa latin ini juga dipergunakan dalam beberapa bentuk kata yang berbeda. Beberapa diantaranya adalah audentes fortuna iuvat, audentes fortuna iuvat.

Kata “audentes fortuna iuvat” pernah dipergunakan oleh Turnus yang merupakan Antagonis di Aeneid. Pasangan fortuna yang dimaksud menjurus pada keberuntungan atau dewi keberuntungan.

Sejarah dalam Drama

Beberapa sumber menyebutkan jika Fortis Fortuna Adiuvat pernah dipergunakan di Phormio yang merupakan drama komedi di Terence. Kata-kata tersebut disebutkan di line 203. Dalam drama tersebut, ayah Antiphon yang muncul tanpa diduga menolak pernikahan Antipho dengan gadis yang tanpa uang. Namun Geta mengemukakan jika Anthipo harus lebih kuat karena Fortune menyukai orang yang kuat.

Selain itu, ovid yang merupakan pujangga memparodikan kata-kata tersebut dalam bukunya yang berjudul Ars Amatoria. Di buku tersebut, Ovid menyebutkan aadentem forsque venus que iuvat. Artinya adalah venus, seperti Fortune, lebih menyukai yang berani. Fortune dalam hal ini adalah dewi keberuntungan.

Quote tersebut juga pernah dipergunakan oleh Gaius Plinius Caecilius Secundus atau Pliny the Younger. Ia mengutip kata-kata dari Pliny the Elder ketika ia memutuskan mengambil armadanya dan menyelidiki letusan dari gunung Vesuvius di tahun 79 Masehi. Tujuannya adalah untuk membantu temannya, Pompanianus.

Dalam ekspedisi tersebut Pliny junior mengatakan “foretes inquit fortuna iuvat: pompanianum pete”. Sayangnya karena hal tersebut, Pliny the Elder justru kehilangan nyawanya.

Apa itu Fortis Fortuna Adiuvat dalam John Wick

Di zaman modern, istilah Fortis Fortuna adiuvat terkenal karena tato yang dimiliki oleh John Wick. Kalimat yang tertuang pada tato di punggung atas John Wick tersebut seperti menggambarkan jika kata tersebut adalah moto dari satuan elite batalyon 3 Marinir Amerika Serikat. Seperti yang diketahui, jika John Wick merupakan salah satu mantan dari anggota kesatuan militer yang berbasis di Teluk Kaneohe, Hawaii.

Fortis Fortuna Adiuvat dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika dirunut nih, frasa latin Fortis Fortuna Adiuvat juga memiliki keunggulan yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari lho. Kita tidak bisa mengandalkan cuan keberuntungan atau faktor luck tanpa kita mencobanya atau berani melakukannya. Agak sedikit mirip dengan slogan Man Jadda Wajada. Kata-kata tersebut bisa menjadi motivasi untuk kita lho. Misalnya untuk membuat diri kita berani mengambil keputusan.

Sedangkan kata beruntung itu sendiri, bisa kita jadikan sebagai sesuatu yang positif yang akan terjadi., Dengan kata lain, kita mengharapkan akan ada sesuatu hal yang baik dari tindakan berani yang kita lakukan. Walaupun pada kenyataannya, harapan yang terjadi tidak selalu sesuai dengan ekspektasi yang kita harapkan, iya kan?

Itulah sekilas pengetahuan mengenai fortis fortuna adiuvat yang terkenal di film John Wick. Namun, apapun yang terjadi, hal baik tetap harus diyakini agar semuanya berakhir baik.