Apa Itu Hatur Nuhun Artinya

apa itu hatur nuhun artinya - arti hatur nuhun adalah

Apa itu hatur nuhun? Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah dan salah satunya adalah bahasa Sunda. Bahasa ini biasanya dipergunakan oleh suku sunda yang ada di Jawa Barat. Ada kata-kata yang hampir sama dengan bahasa Jawa. Salah satunya adalah nuhun. Namun, apa arti nuhun sama seperti nuwun pada bahasa Jawa? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Hatur Nuhun – Pengertian Nuhun

Sebelumnya kita sudah membahas arti aing maung, nah sekarang kita akan membahas arti nuhun. Kata nuhun dari bahasa Sunda, apa artinya? Dalam bahasa Sunda, nuhun termasuk kata dasar yang harus kamu ketahui. Nuhun itu sendiri berasal dari kata hatur nuhun yang berarti terima kasih. Jadi, nuhun itu sendiri memiliki arti kata terima kasih atau makasih. Jadi arti nuhun ini sama dengan nuwun dalam bahasa Jawa yaitu terima kasih.

Nuhun ini termasuk bahasa loma atau akrab atau kasar. Jika dalam bahasa Jawa, bisa diibaratkan bahasa ngoko. Sedangkan kata hatur nuhun itu sendiri merupakan basa (bahasa) lemes atau hormat. Jadi, penggunaan kata nuhun ini biasanya dipergunakan untuk orang sepantaran atau lebih muda atau ke orang yang akrab. Sedangkan hatur nuhun dipergunakan untuk orang tua, dihormati ataupun untuk kondisi atau keadaan yang formal.

Nuhun Sadayana Artinya

Dalam bahasa Sunda, sadayana berarti semuanya. Oleh karena itu, kata-kata nuhun sadayana artinya makasih semuanya. Kata-kata tersebut bisa diucapkan di forum informal atau semi formal.

Akan tetapi, ketika Anda menggunakannya untuk forum formal, sebaiknya menggunakan kata-kata hatur nuhun sadayana. Tujuannya adalah agar terdengar lebih sopan. Terlebih jika di tempat atau forum tersebut terdapat orang yang dituakan atau dihormati.

Hatur Nuhun Nyak Artinya

Untuk mengungkapkan terima kasih, terkadang tidak cukup dengan mengucapkan “hatur nuhun” terutama jika kamu bercakap atau berpapasan dengan orang Sunda. Ketika kamu merasa sangat berterima kasih, kamu bisa lho menggunakan kata “hatur nuhun nyak”.

Arti dari kata tersebut bukan “terima kasih mama” karena penggunaan “nyak” yang biasanya biasanya digunakan untuk menyebutkan kata “enyak” untuk ibu. Namun “nyak” dalam hal ini berarti banyak. Jadi, hatur nuhun nyak itu dipergunakan untuk mengungkapkan terima kasih yang besar atau terima kasih banyak.

Apa itu Hatur Nuhun Pisan Artinya

Hatur nuhun pisan memiliki arti yang sama seperti hatur nuhun nyak. Artinya adalah terima kasih banyak. Namun, jika dibandingkan dengan “hatur nuhun nyak”, kata “hatur nuhun pisan” terdengar lebih halus. Karena hal tersebut, kata-kata tersebut biasanya dipergunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua atau dihormati. Walaupun begitu, baik hatur nuhun pisan atau hatur nuhun nya ini, termasuk bahasa lemes.

Bahasa lemes sendiri dibagi menjadi 2 jenis atau 2 kategori yaitu lemes keur sorangan dan lemes keur ka batur. Lemes keur sorangan merupakan bahasa sopan untuk diri sendiri. Sedangkan keur ka batur dipergunakan saat berbicara ke orang lain. Misalnya ke orang yang lebih tua, yang dihormati. Karena hal tersebut, biasanya hatur nuhun memiliki kesan yang formal.

Lalu nuhun jawabannya apa ya? Ketika kita mendapatkan ucapan terima kasih dan kita ingin membalasnya dengan bahasa Sunda, kita bisa menggunakan kata-kata sami-sami (sami-sami) atau sawangsulna (terima kasih kembali).

Itulah arti kata nuhun dari bahasa Sunda. Namun, karena bahasa ini termasuk bahasa daerah, kita harus berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak salah dalam memilih kalimatnya. Apalagi nih jika kita secara tidak sengaja berbicara dengan orang Sunda asli. Jangan sampai apa yang kita sampaikan menyinggung perasaan orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya. Hatur nuhun sadayana.