Apa Itu Hiatus

apa itu hiatus - arti hiatus adalah

Apa itu hiatus dalam bahasa gaul dan sosmed? Kepanjangan hiatus itu apa ya? Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah hiatus. Sebenarnya, apa arti hiatus?

Arti Hiatus Adalah

Sawadikap! Hiatus menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hiatus istilah linguistik yang merujuk pada peralihan di antara dua monoftong yang berdampingan, yang membentuk dua suku yang berurutan tanpa jeda atau konsonan antara.

Adapun pengertian lain dari hiatus dikemukakan laman Cambridge Dictionary yang menyatakan bahwa arti hiatus adalah jeda atau rehat sejenak dalam pengertian tidak ada sesuatu yang terjadi atau tidak ada yang dikatakan. Hiatus juga diartikan sebagai ruang dimana sesuatu itu hilang.

Pengertian senada dikemukakan laman Lexico yang menyatakan bahwa arti kata hiatus adalah jeda atau waktu istirahat dalam suatu proses atau kegiatan. Dikatakan pula bahwa hiatus bersinonim dengan beberapa kata di antaranya adalah jeda, waktu istirahat, interval, interupsi, interlude, gap, dan reses.

Apa itu hiatus dalam bahasa gaul?

Pengertian hiatus secara etimologis dan lebih lengkap dikemukakan laman Merriam-Webster yang menyatakan bahwa kata hiatus berasal dari bahasa Latin yaitu hiare yang berarti melongo atau menguap. Kata hiatus pertama kali muncul dan digunakan dalam bahasa Inggris pada pertengahan abad ke-16.

Awalnya, kata hiatus merujuk pada celah atau bukaan pada sesuatu. Pada abad ke -18, kata hiatus digunakan oleh Laurence Sterne dalam novelnya berjudul Tistram Shandy. Dalam perkembangannya, kata hiatus digunakan dalam pengertian yang merujuk pada jeda atau waktu dimana suatu kegiatan dihentikan sementara. Contohnya hiatus kerja. Hiatus kerja adalah berhenti kerja dalam kurun waktu tidak lama.

Arti Hiatus dalam bahasa Indonesia

Dari beberapa pengertian di atas, kata hiatus yang banyak digunakan akhir-akhir ini merujuk pada jeda atau masa reses dari kegiatan yang biasa dilakukan oleh seseorang. Pengertian inilah yang kemudian banyak digunakan oleh berbagai media ketika memberitakan seorang public figure yang berhenti sementara waktu dari dunia yang digelutinya.

Hal ini dapat kita lihat dari beberapa judul berita di antaranya sebagai berikut.

  • “Terkena Depresi, Kang Daniel Hiatus dari Entertainment” (CNBC Indonesia, 5 Desember 2019)
  • “Daftar Panjang Idol Korea Hiatus Akibat Gangguan Kecemasan” (CNN Indonesia, 16 Januari 2020)
  • “NBA dan NBPA Sepakat Hapus Tes Doping selama Hiatus” (Main Basket, 17 Maret 2020)

Namun dalam penerapannya kata hiatus kerap dipertukarkan dengan kata vakum. Padahal keduanya memiliki makna yang berbeda.

Perbedaan Hiatus Dan Vakum

Misalnya, sebagaimana halnya kata hiatus, kata vakum juga sering digunakan sebagai judul berita yang menandakan ketiadaan kegiatan tertentu yang sebelumnya biasa dilakukan.

Hal ini dapat kita lihat dari beberapa judul berita yang diambil dari media daring sebagai berikut.

  • “Lama Vakum, Demi Lovato Akan Kembali Tampil di Grammy Awards 2020” (iNews, 16 Januari 2020)
  • “Piala Presiden Vakum, Ketua PSSI Apresiasi Piala Gubernur Jatim 2020” (Kompas, 10 Februari 2020)
  • “Padi Reborn Kembali Setelah Vakum 7 Tahun, Fadly Sebut Keajaiban” (Kompas, 5 Februari 2020)

Ketiga contoh judul berita tersebut menunjukkan penggunaan kata vakum yang merujuk pada ketidakadaan atau absennya public figure dari kegiatan yang dilakoninya atau tidak diselenggarakannya turnamen yang biasa yang dilakukan setiap tahun.

Dari contoh-contoh judul berita di atas disimpulkan bahwa kata hiatus maupun vakum digunakan untuk menggambarkan keadaan yang tidak jauh berbeda walapun makna keduanya sebenarnya berbeda. Dengan demikian, apakah arti vakum dalam bahasa Indonesia?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan vakum adalah hampa udara atau kosong. Jika kata vakum digunakan untuk menunjukkan kekosongan sesuatu seperti kekosongan kekuasaan atau vacuum of power maka hal itu adalah yang paling tepat karena sesuai dengan makna kata vakum itu sendiri.

Nah itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan hiatus. Semoga kamu semakin mengerti makna apa itu hiatus ya sobat! Terima kasih