Apa Itu ISBN Artinya

apa itu isbn artinya - arti isbn adalah

Apa itu ISBN artinya? Berikut penjelasan arti ISBN, fungsi ISBN dan pengajuan ISBN yang mesti kamu ketahui.

Apa Itu ISBN Artinya – Kepanjangan ISBN

Buku adalah jendela dunia, kalimat itu sangat melekat di perkembangan zaman yang kian memadai. Zaman boleh berkembang tapi buku tetap menjadi sumber terpercaya untuk kita mendapat ilmu. Disebutkan oleh sejarah, bahwa buku pertama lahir di Mesir pada tahun 2400 SM (Sebelum Masehi), dimana pada masa itu buku yang ditulis masih berupa tulisan tangan tanpa ada ISBNnya. ISBN? Apa itu?

ISBN merupakan singkatan dari International Standard Book Number, yang merupakan kode nomor untuk identitas buku. ISBN memberikan informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit tercakup. Kita dapat melihat kode ISBN pada sampul belakang buku, biasanya nomor ini akan terletak di bawah kode barcode.

Kode ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit, untuk memberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit, sehingga tidak akan ada kekeliruan antara judul buku yang mungkin sama. Oleh karena itu nomor ISBN untuk satu buku akan berbeda dengan nomor ISBN untuk buku-buku yang lain.

ISBN harus ditulis dengan huruf cetak agar mudah dibaca, singkatan ISBN ditulis dengan huruf besar mendahului penulisan angka. Penulisan antara setiap bagian pengenal dibatasi oleh tanda penghubung, seperti contohnya, ‘ISBN 978-602-8519-93-9.

ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berada di London, sedangkan di negara kita Indonesia yang memiliki hak untuk memberikan ISBN adalah Perpusataan Nasional RI. Perpustakaan Nasional mempunyai tupoksi memberikan informasi, bimbingan dan penerapan pencantuman ISBN dan KDT yang merupakan deskripsi bibliografis yang dihasilkan dari pengolahan data yang diberikan penerbit untuk dicantumkan di halaman balik judul sebagai kelengkapan penerbit.

Fungsi ISBN

  1. Memberikan identitas buku yang diterbitkan oleh penerbit.
  2. Memperlancar distribusi buku dengan cara mengurangi kekeliruan jika judul bukunya sama.
  3. Mempromosikan suatu penerbit karena informasi pencantuman ISBN akan disebarluaskan di negara lain.

Perbedaan ISSN dan ISBN

ISSN adalah singkatan dari Internasional Standar Serial Number hampir sama dengan ISBN yang berfungsi untuk mengidentifikasi, ISSN bagi seluruh dunia diberikan oleh ISDS yaitu Internasional Serials Data System yang ada di Paris.

Lalu apa bedanya dengan ISBN? Jika ISBN rterdiri dari 13 digit, maka ISSN hanya ada 8 digit dan ISSN digunakan untuk mengidentifikasi majalah dan surat kabar lainnya, sedangkan ISBN khusus untuk buku.

Cara Mendapatkan ISBN

Bagaimana cara mengurus ISBN / cara membuat ISB? Jika kamu adalah salah satu penulis yang ingin buku mu dapat memiiliki ISBN, maka kamu tidak perlu kesulitan karena semua dapat dilakukan melalui online. Kamu hanya perlu mencoba langkah-langkah di bawah ini:

  1. Isilah formulir surat pernyataan yang nanti diberi legalisir stempel penerbit dengan menunjukkan bukti legalitas penerbit atau lembaga yang bertanggung jawab.
  2. Buatlah surat permohonan atas nama penerbit.
  3. Kirimkan lampiran fotokopi yang berisikan halaman judul, balik halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi.

Dari yang kita ketahui di atas, ISBN terdiri dari 13 digit. Angka ini bukan sembarang tulis ya, melainkan memiliki kodenya untuk mengidentifikasi yaitu, Pengenal kelompok, Pengenal penerbit, Pengenal judul Angka pemeriksaan, LAN Barcode untuk produk terbitan, Angka pemeriksaan setelah penggabungan dengan LAN Barcode.

Berikut ini adalah contoh-contoh karya yang menggunakan ISBN:

  1. Buku tercetak dan pamflet.
  2. Terbitan braille.
  3. Buku peta.
  4. Film, video, dan transparansi yang bersifat edukatif.
  5. Audiobooks pada kaset.
  6. Terbitan elektronik.
  7. Salinan digital dari cetakan monograf.
  8. Terbitan microform.
  9. Software edukatif.
  10. Mixed-media publications yang mengandung teks.

Berikut ini adalah contoh-contoh karya yang tidak menggunakan ISBN:

  1. Iklan.
  2. Dokumen pribadi.
  3. Kartu ucapan.
  4. Surat elektronik.
  5. Rekaman musik.
  6. Buletin elektronik.
  7. Surat elektronik.
  8. Permainan.

Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian ISBN, perbedaan ISBN dan ISSN serta cara mengajukan ISBN. Semoga bermanfaat.