Apa Itu Korporasi Artinya

apa itu korporasi artinya - arti korporasi adalah

Apa yang dimaksud dengan Korporasi? Kalau kamu orang yang berada di bidang hukum atau seorang pengusaha besar maka kamu tidak akan asing dengan istilah korporasi. Kenapa usaha besar juga familiar dengan istilah ini? Karena sebuah perusahaan besar harus dianggap sah dan memiliki keterkaitan dengan badan hukum. Berikut penjelasan lengkap tentang apa itu korporasi yang sesungguhnya.

Apa itu Korporasi – Pengertian Korporasi

Jika dilihat dari bentuk hukum, korporasi memiliki dua pengertian yaitu terdiri dari arti sempit dan arti luas. Korporasi dalam arti sempit adalah sebuah badan hukum yang memiliki keberadaan serta kewenangan untuk bisa atau berhak melakukan perbuatan hukum yang diakui oleh hukum perdata. Jadi, hukum perdata memberikan kehidupan untuk korporasi agar bisa melakukan figur hukum.

Suatu badan hukum terutama yang bernama korporasi adalah suatu badan atau perkumpulan untuk mendapatkan hak. Selain itu, juga menjalankan suatu perbuatan seperti manusia serta memiliki kekayaan sendiri. Jadi, bisa berarti korporasi ini adalah subjek hukum yang merupakan bentuk artificial person dari seseorang yang memiliki hak dan kewajiban.

Selain menurut istilah, korporasi juga didefinisikan oleh beberapa ahli. Beberapa diantaranya adalah Yan Pramadya Puspa yang mendefinisikan arti korporasi adalah setiap orang yang merupakan badan hukum. Wirjono Prodjodikoro mendefinisikan korporasi merupakan perkumpulan dari banyak orang yang mempunyai kepentingan dalam peraturan sebagai alat kekuasaan yang tertinggi dalam korporasi.

Bentuk-Bentuk Korporasi – Jenis-Jenis Korporasi

Korporasi memiliki beberapa bentuk yang harus kamu ketahui dan pahami. Berikut bentuk jenis-jenis korporasi:

1. Korporasi Privat

Korporasi privat adalah korporasi yang berdiri untuk kepentingan pribadi, digunakan untuk bidang industri, keuangan, serta perdagangan atau usaha. Saham pada korporasi privat ini bisa dijual kepada masyarakat sehingga dapat ditambahkan istilah go public.

2. Korporasi Publik

Korporasi publik adalah sebuah korporasi yang didirikan oleh pemerintah guna memenuhi semua tugas administrasi pada urusan publik. Misalnya pada pemerintahan kabupaten maupun kota.

3. Korporasi Publik Quasi

Bentuk korporasi ini lebih banyak dikenal dengan korporasi dengan melayani kepentingan umum (public services). Contoh dari korporasi ini PT Kereta Api Indonesia, Pertamina, Perusahaan Air Minum serta Perusahaan Listrik Negara.

Jika kamu sudah membaca apa saja bentuk dari korporasi, maka secara mudah kamu bisa menggolongkan sebuah perusahaan masuk ke dalam bentuk korporasi yang mana.

Perbedaan Korporasi dan Koperasi

Walaupun memiliki tujuan yang sama untuk memperoleh profit, namun sebenarnya korporasi dan koperasi ini memiliki perbedaan. Perbedaannya itu dari bagaimana cara memperoleh profit tersebut. Korporasi yang merupakan sebutan dari perusahaan memiliki bentuk usaha yang kegiatannya tetap dan terus-menerus guna memperoleh keuntungan baik untuk perorangan maupun golongan atau organisasi.

Cara kerja korporasi menggunakan pertarungan yang sehat, sehingga daya saing akan berjalan dengan baik antar perusahaan. Sedangkan cara kerja koperasi menggunakan metode kerjasama untuk menolong diri sendiri. Jadi, pada koperasi tidak ada yang namanya saingan, melainkan saling merangkul dan bergotong royong untuk mencapai suatu tujuan atau yang tadi disebut dengan profit.

Demikianlah sedikit informasi mengenai korporasi yang harus kamu dan semua orang pahami. Karena, saat ini banyak perusahaan besar tapi tidak ada ikatan dengan badan hukum atau tidak sah. Jadi, untuk kamu terutama para generasi muda harus benar-benar memahami apa itu korporasi. Semoga informasi diatas dapat membantu kamu dalam menambah pengetahuan baru tentang istilah ini.