Apa Itu Latom Artinya

apa itu latom artinya - arti latom adalah

Tahukah kamu apa itu Latom? Pernah mendengar kata latom? Bagi sebagian orang kata tersebut asing di telinga. Bahkan beberapa dari kita mungkin akan menganggap itu sebagai typo, misalnya untuk kata latin ataupun atom. Namun, latom itu sendiri memiliki pengertian lho. Mau tahu apa itu? Cek informasi berikut ini.

Pengertian Fire Force

Enen no Shobotai atau Fire Force atau Korp Pemadam Kebakaran termasuk manga shonen dari Jepang. Karya dari Atsushi Okubo ini diterbitkan oleh Kodansha dan dimuat di majalah Weekly Shonen Magazine sejak 23 September 2015 yang lalu. Manga tersebut mengalami kesuksesan hingga kemudian dibuat animasi oleh David Production dan season 1 ditayangkan tanggal 5 Juli-27 Desember 2019. Sedangkan season 2, dijadwalkan tayang pada Juli 2020.

Apa Itu Latom – Pengertian Latom

Jika kamu merupakan salah satu penggemar dari anime yang berjudul Enen No Shobotai atau yang lebih dikenal dengan nama Fire Force, kamu akan merasa familiar dengan nama latom. Yap! Kata latom hanya ada di anime Fire Force tersebut.

Ada 2 arti latom di anime fire force. Pertama adalah aamiin. Kata ini diucapkan oleh biarawati yang dipanggil suster. Biarawati tersebut memiliki tugas untuk mendoakan manusia api yang sudah dibasmi.

Mungkin kata Latom ini memang dipilih atau menjadi kata khusus dalam anime Fire Force untuk pengucapan kata ‘aamiin’ seperti layaknya aamiin setelah berdoa. Jadi kata latom ini diucapkan setelah pembasmian dan pemberian doa oleh biarawati.

Arti latom kedua adalah “I see your light”. Ada versi atau pendapat lain yang mengemukakan jika latom berarti I see your light atau saya melihat cahayamu. Walaupun begitu, banyak penggemar dari Fire Force yang lebih meyakini jika latom yang diucapkan di anime ini adalah untuk pengganti kata ‘aamiin’.

Iris Sang Biarawati

Disebutkan sebelumnya jika latom itu sendiri dikatakan oleh biarawati di anime Fire Force. Biarawati tersebut bernama Iris. Sedangkan tugasnya adalah untuk mendoakan para infernal sehingga yang mati setelah dimusnahkan dapat memperoleh ketenangan. Hal ini karena infernal yang dibasmi di anime ini pada dasarnya adalah manusia.

Selain mendoakan, Iris juga memiliki tugas lain. Tugas tersebut adalah memberikan pertolongan pada yang terluka. Bisa dikatakan Iris ini perawat dan biarawati lho.

Interpretasi Latom dalam Beberapa Versi

Jika sebelumnya disebutkan bahwa latom merupakan “amiin” atau “ I see your light”, dari beberapa sumber, latom juga bisa memiliki arti yang lainnya lho. Beberapa interpretasi dari Latom yaitu:

1. Here We Go Again

Latom juga bisa menginterpretasikan mengenai here we go again atau “dimulai lagi”. Salah satu scene tentang interpretasi ini saat Arthur yang termasuk di tim Fire Force Company 8 memberi hormat atau menyapa Letnan Himawa. Bedanya, sapaan tersebut terbilang tidak sopan untuk atasan dan akibatnya bisa dijatuhi hukuman. Iris yang melihat ini hanya bisa mengucapkan Latom.

2. Mendoakan Hal Baik

Latom juga bisa diartikan sebagai doa untuk sesuatu hal yang baik. Bisa dikatakan juga sebagai “semoga kamu mendapatkan keberuntungan”. Salah satu scene yang menginterpretasikan hal ini saat Shinra dan Arthur cepat-cepat berkumpul saat alarm berbunyi dan mascot mengucapkan latom agar mereka beruntung.

3. Sesuatu yang Ironis

Latom juga dikatakan saat melihat atau mengalami suatu kejadian yang ironis.

4. Berdasarkan Bahasa

Jika berdasarkan pada bahasa atau etimologinya, latom terbagi menjadi 2 kata yaitu lat dan om. Lat itu sendiri bisa dari bahasa Hungaria yang berarti melihat, Islandia berarti kematian dan Vietnam berarti potongan/sekejap. Sedangkan kata ‘om’ itu sendiri adalah bagian dari suffix. Jika dikombinasikan maka latom berarti I see it atau aku melihatnya.

Jadi sudah tahu ya apa itu latom. Semoga informasi ini mengobati rasa penasaran kamu! Hatur nuhun.