Apa Itu Layout Artinya

apa itu layout artinya - arti layout adalah

Apa itu layout artinya? Berikut penjelasan singkat tentang arti layout, contoh layout, dan macam macam layout.

Apa itu Layout Artinya – Pengertian Layout

Dalam dunia teknologi terkhususnya di sektor teknologi dan dunia desain, pastinya kita sering mendengar tentang istilah layout. Contohnya seperti layout design, layout instagram, layout buku tahunan, layout poster, layout foto, layout kantor, layout rumah, desain layout, layout pabrik, layout peta dsb.

Secara sederhana definisi layout adalah desain tata letak. Arti layout adalah suatu susunan, rancangan, atau tata letak ruang dari sebuah elemen yang sengaja didesain untuk bisa ditempatkan dalam suatu bidang yang sebelumnya telah direncanakan terlebih dahulu sistemnya.

Secara umum, kita dapat memahami istilah layout sebagai suatu bentuk penataan desain dalam elemen tertentu yang telah ditata secara artistik, sehingga akan menarik & indah untuk dilihat dan digunakan. Umumnya yang mengerjakan layout adalah para desainer dan developer.

Lalu sebenarnya apa fungsi layout itu? Layout atau tata letak memiliki tujuan utama untuk menyajikan berbagai elemen seperti teks dan gambar yang mampu berkomunikasi, sehingga mempermudah orang yang melihatnya untuk dapat memahaminya dan bisa memperoleh informasi dari kedua hal tadi.

Jenis-Jenis Layout dan Penjelasannya

Jika kita melihat dari pola aliran bahan dalam proses produksinya, maka akan ditemukan 4 jenis layout. Adapun macam macam layout yaitu:

  1. Production-line Layout

Layout jenis ini biasanya digunakan dalam proses assembly. Mesin-mesin produksi dalam layout ini biasanya disusun secara berantai, berurutan dari proses awal pembuatan produk.

Layout jenis ini memiliki keuntungan dan kerugian. Kelebihan yang kita dapatkan dalam layout jenis ini proses produksinya lebih mudah dikerjakan oleh supervisor. Sedangkan kekurangan dalam layout ini terletak pada susunan yang membuat ruang yang tersedia terasa kurang fleksibel.

  1. Fixed Position Layout

Proses produksi dari layout jenis ini berpindah-pindah sesuai dengan tempat operasi layout dibutuhkan. Layout jenis ini hanya digunakan untuk membuat barang-barang berukuran besar. Biaya utilitas dalam layout jenis ini cukup besar dan mahal karena proses produksinya harus dilaksanakan berpidah-pindah.

  1. Process Layout

Layout proses dikelompokkan berdasarkan kesamaan fungsi fasilitas produksinya. Dalam layout jenis ini, ukuran ruang lebih fleksibel. Sedangkan kerugiannya terletak pada pola layout yang zig-zag sehingga sistem pemindahan bahan menjadi sangat kompleks dan cenderung mahal.

  1. Group Technology Layout

Sesuai dengan namanya, layout jenis ini dikelompokan berdasarkan urutan proses dan kesamaan desainnya.

Manfaat Layout – Kegunaan Layout

  1. Mempersingkat waktu pemrosesan.
  2. Meningkatkan kepuasaan kerja & keselamatan kerja.
  3. Menciptakan suasaan yang aman & nyaman.
  4. Dapat menyederhanakan perbaikan apabila mesin mengalami kerusakan.
  5. Meningkatkan jumlah produksi agar tetap berada dalam kondisi yang stabil.
  6. Fasilitas yang digunakan dapat menjadi lebih efisien.
  7. Dapat menghemat ruang karena tidak ada bahan yang perlu ditambah.
  8. Mengurangi adanya kebingungan, akibat bahan tunggu.
  9. Mengurangi transfer bahan, sehingga jarak dapat diminimalisasi.
Prinsip-Prinsip Yang Memiliki Hubungan Dengan Layout
  1. Kontras

Kontras ini berhubungan dengan tampilan pencahayan yang ada di layar atau warna yang digunakan untuk menarik persepsi indera penglihatan kita.

  1. Kesederhanaan

Prinsip kesederhanaan ini terkait dengan informasi yang ditampilkan secara singkat, jelas dan padat sehingga mudah untuk dipahami.

  1. Stressing

Prinsip stressing ini berbicara tentang kemampuan tertentu yang ditampilkan menjadi beberapa point untuk memfokuskan perhatian kita.

  1. Keharmonisan

Keharmonisan berkaitan dengan keselarasan antara grafis dengan elemennya.

  1. Keseimbangan

Keseimbangan adalah prinsip terakhir yang ada dalam layout. Dalam keseimbangan ini tercantum semua keseimbangan yang diatur secara simetris. Sehingga layout dapat dipercaya serta memiliki kesan yang formal dan sehat juga. Sedangkan sistem yang diatur dalam asimetris digunakan untuk mengambarkan suatu pesan secara dinamis, informal dan penuh energi.

Nah itulah penjelasan apa itu layout artinya. Semoga kamu semakin paham akan berbagai contoh layout seperti layout villa, layout ruko, layout koran, layout ruangan dsb ya.