Apa Itu Legalisir Artinya

apa itu legalisir artinya - arti legalisir adalah

Saat kamu hendak mencari pekerjaan ada beberapa perusahaan yang meminta ijazah kamu untuk dilegalisir atau diberi cap resmi. Namun, tahukah kamu apa itu legalisir? Untuk tahu lebih lengkapnya, simak pembahasan arti legalisir ini dahulu yuk!

Apa itu Legalisir – Pengertian Legalisir Ijazah

Arti legalisir adalah pengesanan atas salinan dokumen misalnya ijazah yang menyatakan jika salinan tersebut sesuai dengan yang aslinya. Tujuan legalisir adalah agar salinan dokumen menjadi sah di mata hukum. Pengesahan tersebut membutuhkan stempel basah dan tanda tangan oleh petugas yang berwenang. Misalnya kepala sekolah, dekan, rektor ataupun kepala dinas.

Dokumen yang dilegalisir biasanya adalah dokumen resmi. Misalnya ijazah dan KTP. Umumnya dokumen yang dilegalisir tersebut adalah dokumen resmi.

Apa itu Legalisir Rapot

Legalisir raport adalah pengesahan fotokopian raport dengan memberikan cap stempel serta tanda tangan oleh pihak sekolah yang berwenang, prosesnya hampir sama seperti legalisir ijazah.

Masa Berlaku Legalisir Ijazah

Legalisir ijazah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada peraturannya tersendiri mengenai proses legalisir tersebut. Peraturan tersebut ada di permendikbud no. 29 tahun 2014. Sedangkan siapa saja yang bisa melakukan legalisir ijazah, diatur dalam Keputusan Kepala BKN nomor 11 tahun 2002.

Adanya peraturan tersebut, membuat banyak orang berpikir, hingga kapan legalisir ijazah akan berlaku. Jawabannya adalah tidak ada batasan waktu. Dengan catatan tidak ada perubahan data yang terjadi. jika pun ada perubahan datanya, misalnya nama Anda yang berubah, maka perlu ada legalisir kembali sebelum dipergunakan.

Hal ini karena pada dasarnya, untuk legalisir diperlukan tanda tangan dan stempel basah dan dilakukan oleh pejabat yang kala itu memiliki wewenang. Jadi, walaupun Anda akan menggunakannya 3 tahun kedepan, dokumen yang sudah dilegalisir tersebut tetap sah untuk dipergunakan.

Bagaimana dengan Legalisir KTP? Apakah Dilakukan di Dukcapil?

Untuk jenis legalisir KTP atau kartu keluarga, legalisir KTP dilakukan di kantor kecamatan oleh petugas yang berwenang. Jadi bukan di dukcapil ya.

Arti Legalisir KTP

Adapun arti legalisir KTP adalah pengesahan salinan dokumen untuk kartu tanda penduduk. Untuk melakukan legalisir, maka Anda harus menyiapkan salinan dari KTP tersebut dan juga KTP yang aslinya sebagai tanda bukti.

Jikapun legalisir tersebut diperlukan untuk layanan publik misalnya untuk pendaftaran siswa baru, maka perlu dilakukan di dukcapil setempat. Sedangkan jika di kecamatan, biasanya untuk keperluan khusus dan untuk persyaratan seperti nikah.

Legalisir KTP dimana?

Hal yang harus kamu pahami, legalisir seperti KTP bisa dilakukan bahkan di RT/RW dengan catatan permintaan legalisir tersebut sesuai dengan permintaannya. Misalnya diperlukan legalisir dari RT, RW, kelurahan, maka kamu juga harus mencari legalisir sesuai dengan permintaan tersebut. Karena hal tersebut, baca lebih teliti, legalisir yang mana yang diperlukan.

Jikapun kamu harus melakukan legalisir di dukcapil, siapkan salinan KTP yang akan dilegalisir. Pastikan salinan tersebut depan dan belakang dari KTP ya. Kemudian sertakan juga KTP yang asli sebagai tanda buktinya bahwa yang kamu fotokopi tersebut adalah dari KTP yang sesungguhnya dan tidak palsu.

Cara Legalisir KTP

Kamu tidak perlu menunggu terlalu lama, cukup 1 hari saja, bahkan hanya dalam kurun waktu beberapa menit, legalisir sudah selesai. Prosedur untuk pengajuan legalisir KK dan KTP di dukcapil yaitu:

  • Lampirkan berkas. Kamu tidak perlu melampirkan KTP yang asli. Biasanya hanya akan ditanya saja dan dilihat.
  • Mengambil nomor antrian untuk legalisir.
  • Nantinya kamu akan dipanggil sesuai dengan nomor antrian yang kamu miliki untuk ke loket legalisir.
  • Kamu akan memperoleh bukti pengambilan legalisir.
  • Setelah itu, serahkan bukti pengambilan legalisir ke petugas yang ada.
  • Kamu akan mendapatkan dokumen dan harus mengisi nomor registrasi sesuai dengan yang diberikan sebelumnya.
  • Dokumen bisa kamu bawa pulang.

Itulah legalisir dan cara legalisir KTP di dukcapil. Semoga bisa menambah pengetahuan ya.