Apa Itu Mutualan Artinya

Apa Itu Mutualan Artinya - mutual adalah

Apa itu mutualan bahasa twitter? Buat para pengguna twitter di Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah mutualan, ya kan? Tapi, di luar sana masih banyak yang belum tahu artinya mutualan loh. Mutualan maksudnya apa sih?

Apa Itu Mutualan Maksudnya

Kita telisik dulu dari sisi kebahasaan ya. Kata mutualan itu sebenarnya istilah campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, yaitu kata mutual ditambah akhiran –an. Kata mutual diartikan sebagai saling, bersama, atau satu sama lain dalam bahasa Indonesia. Kemudian kata mutual diadopsi dalam jagad media sosial dan dijadikan sebagai salah satu fitur yang dapat digunakan penggunanya untuk menambah pertemanan di dunia maya.

Laman Urban Dictionary mengemukakan pengertian mutual secara lebih khusus dan lengkap. Disebutkan bahwa arti mutual adalah orang di dunia maya yang mengikuti akun media sosial orang lain dan orang lain tersebut mengikuti balik akun media sosial orang yang bersangkutan. Keduanya saling berkomunikasi dan menyukai satu sama lain.

Nah, karena bahasa setempat termasuk bahasa Indonesia memberikan pengaruh yang sangat besar pada bahasa gaul di dunia maya alias internet slang, kata mutual ini pun kemudian berubah menjadi mutualan karena ditambah dengan akhiran –an.

Makna imbuhan –an pada kata mutualan adalah sesuatu yang di-“mutual”-kan atau sesuatu yang dibuat menjadi “mutual” atau saling. Sehingga mutualan secara umum diartikan sebagai kegiatan saling mengajak berteman atau mengikuti akun media sosial masing-masing.

Arti Mutual di Twitter

Salah satu media sosial yang memiliki fitur semacam ini adalah Twitter dengan mutual connection-nya. Prinsip fitur mutual connection sebenarnya mirip dengan mutual friends-nya Facebook. Seorang pengguna twitter yang ingin menambah jumlah koneksi atau pertemanan biasanya akan melihat terlebih dahulu daftar teman atau daftar koneksi dari akun twitter yang diikuti.

Dari situ, kalau merasa cocok dan sesuai minat, akan me-mention akun tersebut dan mengajak berteman. Ketika tawaran pertemanan ini diterima, maka seseorang akan menjadi teman bersama dari orang yang akunnya diikuti dan mengikuti.

Arti Mutualan Yuk

Misalnya, si A punya akun twitter dengan jumlah pengikut sebanyak 10 orang, salah satunya adalah si B. Kemudian, si C yang sangat aktif di twitter sekaligus merupakan pengikut si B mengajak si A berteman. Si C pun bilang, “Mutualan yuk.” Lalu si A menerima pertemanan si C. Akhirnya, si C disebut sebagai mutual connection dari si A dan si B. Alias, si C adalah teman bersama dari si A dan si B.

Ga bingung kan ya. Jadi, kalau berencana memiliki akun twitter, jauh lebih baik pahami terlebih dahulu segala aturan atau kelaziman yang tidak lazim yang ada didalamnya. Agar selamat sampai tujuan, yakni membentuk jaringan pertemanan yang kuat dan berkualitas.

Tapi harus diingat juga ya, hati-hati bermedia sosial termasuk twitter. Jangan sampai karena ingin dibilang eksis ataupun pansos hingga mem-posting hal-hal yang berbau NSFW ataupun kebenarannya masih diragukan. Berpikir ribuan kali sebelum men-twit sesuatu. Jangan sampai kita dibilang sama orang luar sana, “You are twitting without thinking”. Kan malu tuh. Kemudian, semua informasi yang diperoleh disaring terlebih dahulu sebelum di-sharing ke orang lain. Pahami koridor hukum yang ada agar terhindar dari permasalahan hukum ke depannya.

Setelah semua paham dan memutuskan untuk membuat akun twitter, kita bisa bilang ke sesama pengguna twitter lainnya, “Mutualan yuk, reply for follback.” Terima kasih