Apa Itu NSFW Artinya

apa itu nsfw - arti nsfw

Banyak sekali konten internet yang termasuk kategori NSFW. Apa Itu NSFW? NSFW itu singkatan apa dalam RP?

Beberapa waktu yang (sangat) lalu, ada seorang anggota dewan yang tertangkap kamera wartawan tengah mengakses situs dewasa saat menghadiri sidang di Gedung DPR. Kontan kejadian tersebut langsung menjadi perbincangan masyarakat mengingat orang tersebut merupakan anggota dewan yang terhormat yang dipilih rakyat dan tengah bekerja pula! Masalah kepantasanpun kemudian menyeruak ke permukaan.

Itu adalah contoh nyata, dimana seseorang merasa bebas mengakses situs tertentu tanpa rasa sungkan. Bagaimana dengan orang biasa alias bukan pejabat sekaliber anggota dewan? Apakah pernah mereka juga mengakses situs dewasa atau sejenisnya yang dirasa kurang pantas saat tengah bekerja di kantor? Bisa ya bisa juga tidak.

Yang jelas, ketika seseorang tengah berselancar di dunia maya dan tiba di situs tertentu, akan ada semacam peringatan mengenai isi yang ditandai dengan NSFW.

Apa itu NSFW

NSFW itu singkatan apa? Kepanjangan NSFW adalah Not Safe For Work. Arti NSFW adalah istilah atau salah satu internet slang yang kerap digunakan oleh para pengguna internet termasuk di dalamnya media sosial untuk merujuk pada sesuatu yang tidak pantas, tidak sesuai atau tidak aman untuk dibuka saat bekerja.

Pendek kata, NSFW artinya adalah sesuatu hal yg mempunyai ketidakpantasan moral secara umum. Ketidaksesuaian atau ketidakpantasan ini biasanya terkait dengan hal-hal yang berbau pornografi, kekerasan, atau hal negatif yang mengganggu lainnya, yang membuat si penerima enggan membukanya saat bekerja di kantor atau berada di tempat umum lainnya. Jadi NSFW merupakan sebuah peringatan bagi siapapun yang ingin membuka tautan yang mengandung unsur-unsur yang sangat vulgar tersebut.

Asal Usul Kata NSFW

Istilah NSFW ini tidak begitu saja beredar di dunia maya. Dalam arti ada sejarahnya. Dari beberapa sumber disebutkan bahwa istilah NSFW berasal dari NFBSK yakni Not For British School Kids yang dikenalkan pertama kali oleh seorang perempuan ketika berinteraksi di forum daring Snopes.comdi tahun 1998. Ia mengeluh di forum tersebut dengan menyatakan bahwa para pengguna seharusnya memberikan label pada postingan yang berisi hal-hal yang tak pantas dikonsumsi oleh anak-anak dengan NFBSK.  Seiring berjalannya waktu, istilah ini kemudian berkembang menjadi NSFW yang kita kenal sekarang.

Dari sejarah singkat di atas, disimpulkan bahwa istilah NSFW dapat digunakan sebagai label pada postingan tertentu, baik artikel maupun produk daring lainnya. Selain itu, istilah NSFW juga dapat digunakan dalam bentuk singkatan pada sebuah kalimat.

Label NSFW

Sebagai label, istilah NSFW sebaiknya diberikan pada materi yang berisi hal-hal yang tidak pantas tersebut sebelum materi tersebut dikirim kepada orang lain. Label ini dapat ditulis pada kepala surat elektronik, postingan artikel, judul video, atau teks pesan instan.

Khusus untuk teks pesan instan, istilah NSFW dapat ditambahkan pada pesan yang berisi tautan hal-hal yang tidak sesuai dan tidak pantas tersebut. Namun sebelumnya, lebih baik memberitahukan kepada calon penerima pesan terlebih dahulu bahwa pesan yang akan dikirimkan berlabel NSFW. Hal ini untuk menghindari perasaan tidak nyaman yang timbul dalam diri penerima ketika menerima pesan ber-NSFW.

Adapun sebagai singkatan, istilah NSFW dapat digunakan ketika kita menerima sebuah tautan dari seseorang melalui surat elektronik atau pesan instan. Misalnya, kita dapat memberikan pertanyaan, “Apakah pesan ini NSFW?” atau sejenisnya. Meskipun pesan yang diterima berlabel atau tidak berlabel NSFW, kita tetap harus melakukan konfirmasi agar tidak salah mengambil keputusan.

Itulah salah satu internet slang atau kosa kata dalam jagad dunia maya yang harus kita ketahui dan pahami. Tujuannya agar kita tidak sembarangan mengklik tautan di tempat-tempat umum karena dapat mengganggu lingkungan sekitar. Contohnya, sang anggota DPR yang diceritakan di atas.  Nah semoga kamu semakin paham akan apa itu NSFW ya!