Apa Itu Pagu Artinya

apa itu pagu artinya - arti pagu adalah

Apa itu pagu artinya? Berikut penjelasan tentang arti kata pagu dan contohnya.

Apa itu Pagu Artinya – Pengertian Pagu

Istilah kata pagu mungkin merupakan salah satu kosakata Bahasa Indonesia yang masih cukup asing di telinga kita semua. Tapi mungkin sebenarnya istilah ini sering kita dengarkan melalui sinonim kata yang lain. Atau kata ini terdapat dalam pemahaman kata Bahasa Indonesia yang lain, hanya saja kita yang kurang teliti untuk menyadari penggunaan kata pagu ini.

Oleh karena itu pada topik artikel kali ini kita akan membahas segala seluk-beluk yang berkaitan dengan penggunaan istilah kata pagu. 

Pengertian Pagu Secara Umum

Arti pagu adalah langit-langit rumah (plafon), batas tertinggi, loteng (tempat penyimpanan yang berada di atap rumah) atau yang berkaitan dengan sesuatu yang menjadi tolak-ukur dari batas tertinggi. 

Pagu Anggaran Adalah

Istilah kata pagu digunakan juga dalam dunia keuangan yang lebih akrab disebut sebagai pagu anggaran. Lalu apa itu pagu anggaran? Pengertian pagu anggaran adalah suatu alokasi dana yang digunakan sebagai dana belanja milik pemerintah pusat, yang dimana tertuang dalam APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara).

Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) adalah suata rancangan dana yang digunakan sebagai sasaran kinerja pemerintah dalam mencapai suatu program atau rencana kerja yang dibuat setiap tahun dan kemudian akan disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Lembaga Legislatif.

Istilah pagu anggaran bisa kita temukan di laporan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang dibagi menjadi 3 termin (Terminilogi) yakni:

(1) Pagu Indikatif, (2) Kemudian Pagu Anggaran (Sementara), (3) Dan Pagu Definitif. 

Pagu Indikatif Adalah

Pagu indikatif adalah salah satu dari 3 bagian yang terdapat dalam pagu anggaran. Adapun pagu indikatif ini biasanya dibuat pada bulan Maret (Bulan ke-3). Pagu indikatif ini juga merupakan suatu Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Yang mana diberikan oleh Lembaga Pemerintahan sebagai pendoman dalam menyusun Renja (Rencana Kerja) Lembaga Pemerintahan atau Kementerian dalam kurun waktu selama 1 tahun ke depan yang dimana setiap tahunnya pagu ini akan selalu dibuat.

Pagu Kredit Adalah

Istilah kata pagu kredit sering kita dengar dan digunakan oleh orang-orang yang ada dalam dunia Perbankan. Apa itu pagu kredit? Arti pagu kredit adalah suatu batas tertinggi dari angka kredit yang dapat Bank berikan atau pinjamkan kepada pihak nasabahnya yang memiliki prospek yang baik. 

Pagu Definitif Adalah

Sama seperti halnya dengan pagu indikatif di atas, pagu definitif adalah bagian dari pagu anggaran yang ada di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pagu definitif merupakan suatu jenis pagu anggaran yang digunakan sebagai alokasi anggaran. Penetapan pagu definitif dilakukan pada bulan November (Bulan ke-11).

Contoh ilustrasi dari Pagu Definitif ini dapat kita lihat seperti yang ada dibawah ini.

Salah satu stasiun televisi milik swasta yang ada di Republik Indonesia, siang tadi telah menyiarakan suatu berita yang berkaitan dengan rapat tahunan yang diadakan setiap 1 tahun sekali.

Pada hari Senin, 15 November 2013 pihak Komisi X DPR RI dan pihak Kemenpora (Kementrian Pemuda & Olahraga) melakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat) yang dimulai pada pukul 10.00-18.00 WIB. Rapat Dengar Pendapat (RDP) tahun ini dipimpin oleh ketua Komisi X Agus Hemanto. Dalam rapat ini diperoleh 3 kesepakatan. Pada pokok-pokok kesimpulannya “Pihak Komisi X DPR RI dan Pihak Kemenpora (Kementrian Pemuda & Olahraga) dalam RAPBN (Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara) Tahun 2013 sebesar Rp 1.930.679.418.000”.

Itulah pembahasan yang dapat kita bahas terkait pengertian dari istilah kata pagu. Semoga artikel yang telah kita pelajari ini dapat berguna untuk menambah wawasan kita bersama mengenai arti pagu anggaran dkk.