Apa Itu Palindrome Artinya

apa itu palindrome artinya - arti palindrome adalah

Apa yang dimaksud dengan Palindrome? Tanpa disadari ternyata beberapa kata dan bilangan yang biasa kita gunakan adalah sebuah kata atau bilangan palindrome. Tapi ternyata banyak orang yang belum paham apa maksud dari istilah ini. Mungkin kamu juga salah satu orang yang sedang mencari tahu apa itu palindrome. Berikut informasi yang bisa kamu ketahui.

Apa itu Palindrome

Palindrome adalah kata, frasa, dan angka jika dibalik, dibaca dari depan ke belakang atau dari belakang ke depan akan memunculkan bacaan yang sama. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani yang merupakan gabungan kata antara palin berarti lagi dan dromos berarti arah.

Istilah yang sudah ada beribu-ribu tahun ini terbilang sangat unik dan anti mainstream. Karena, kalimat akan berulang dengan huruf pertama pada setiap kata. Kemudian disambungkan dengan huruf kedua pada setiap katanya, dan akan seperti itu terus.

Asal Usul Adanya Palindrome

Palindrome mulai diketahui banyak orang pada tahun 79 Masehi dimana tulisan yang mengandung pembalikan ini dijadikan sebuah seni dalam menulis. Pertama kali diminati banyak karena terdapat tulisan kotak-kotak di tablet yang jika dibaca dari atas, dari bawah, dari kanan maupun dari kiri akan memunculkan sebuah kata yang sama.

Dengan keunikan yang dimiliki, istilah ini mulai diminati oleh banyak sastrawan yang ingin menghasilkan sebuah karya tulis yang berseni. Sastrawan tersebut diantaranya adalah Nisio Isin, seorang penulis novel dan manga Jepang yang terkenal. Kemudian ada Robert Trebor seorang aktor yang berasal dari Amerika Serikat menggunakan palindrome sebagai nama pena.

Selain itu, ada banyak orang yang memiliki nama jika diperhatikan mengandung istilah ini. Misalnya salah seorang filologis terkenal yang bernama Revilo P. Oliver dan Lon Nol seorang Perdana Menteri Kamboja yang menjabat tahun 1913-1985.

Semakin banyaknya orang yang mulai faham dengan Palindrome, maka banyak pula peminat sastra dengan kandungan kata seperti ini. Selain unik, melihat tampilan kata seperti ini juga memiliki tatanan yang cantik dan tampak rapi, kalau kata orang Korea bilangnya “Daebak” !

Cek Palindrome Menggunakan Stack

Pengecekkan kata atau kalimat apakah mengandung palindrome atau tidak biasanya dilakukan secara manual dengan membaca huruf per huruf. Tapi, jika palindrome ini kamu gunakan untuk menciptakan sebuah seni maka alangkah baiknya jika menggunakan bantuan stack.

Dengan bantuan stack kamu bisa menghasilkan sebuah karya dengan waktu yang cepat melalui method pop. Tapi masih banyak orang yang bingung mengenai cara pengecekkan, untuk memudahkan kamu berikut cara yang harus kamu coba:

  1. Hapuslah spasi dan karakter selain huruf jika ada pada string input dengan menggunakan replaceall.
  2. Kemudian, kalimat yang sudah bersih dan hanya berisi huruf dimasukkan ke Stack huruf demi huruf. Untuk bisa memisahkan per huruf dengan mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan substring.
  3. Jika sudah, maka pengecekan akan mulai berproses. Setelah proses selesai maka akan muncul perbedaannya bukan kesamaannya. Kamu bisa mengetahui hasilnya melalui pernyataan yang keluar pada layar gawai kamu. Apabila tulisan menunjukkan true berarti kata atau kalimat yang kamu buat sudah mengandung palindrome. Tapi jika false berarti sebaliknya dan kamu harus menyusun kata atau kalimat kembali.

Contoh Palindrome Bahasa Indonesia

Jika dalam bentuk kata, kamu bisa menemukan kata palindrome adalah:

  • Katak
  • Kusuk
  • Macam
  • Malam
  • Ada
  • Sinis
  • Tamat

Jika dalam bentuk kalimat sebenarnya lebih sering dalam bahasa inggris. Tapi masih ada yang dari bahasa Indonesia yang salah satu contohnya adalah “kasur ini rusak”.

Itulah maksud dan contoh dari Palindrome yang bisa kamu ketahui untuk menambah wawasan dan membuat sebuah seni dalam bidang sastra.