Apa Itu Patreon Artinya

apa itu patreon artinya - arti patreon adalah

Apa yang dimaksud dengan Patreon? Saat kamu sedang melihat streaming, terkadang, ada tulisannya untuk bergabung dengan patreon kan, tahukah kamu apa itu patreon? Patreon itu sendiri merupakan suatu platform urun dana dari Jack Conte dan Sam Yam. Untuk tahu lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini ya.

Apa itu Patreon?

Patreon merupakan platform urun dana yang berasal dari San Fransisco. Situs ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pendanaan dari pelanggan per karya seni atau secara berulang. Situs yang pertama kali didirikan di tahun 2013 ini, didirikan dengan tujuan untuk membuat hidup konten video di youtube.

Platform ini kemudian berkembang sehingga pengguna bisa mendapatkan uang dari “sumbangan” pelanggan setiap kali kamu, sebagai seniman, menciptakan karya. Di 18 bulan pertama, perusahaan ini sudah memiliki lebih dari 125 ribu pelanggan. Di akhir 2014 bahkan pelanggan di website atau situs ini sudah mengirimkan  lebih dari 1 juta dollar per bulannya untuk pencipta konten situs.

Pada tahun 2015, perusahaan bahkan bergabung dengan Subbable. Dengan begitu, pembayaran untuk marketplace seperti Amazon bisa dilakukan dengan menggunakan subbable.

Sistem Kerja dan Partisipasi

Sebagai artis atau seniman yang bergabung di patreon, kamu harus mengatur halaman terlebih dahulu di platform tersebut. Dengan begitu, pelanggan Anda bisa menyumbangkan sejumlah uang setiap kali kamu menciptakan sebuah karya misalnya konten. Rata-rata pelanggan akan menyumbang sekitar $7 per karya kamu.

Bagaimana Cara Dapat Duit dari Patreon

Terlihat mudah namun, mencari uang di Patreon tidak semudah itu, apalagi untuk kamu yang baru memulainya. Ada beberapa modal dasar yang sangat penting untuk kamu miliki. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Konten

Tentunya kamu harus memiliki kemampuan untuk membuat konten. Kontennya apa saja? Bebas dan sesuai dengan kemampuan kamu. Misalnya bernyanyi, menari, membuat video, membuat karikatur ataupun yang lainnya. Pastikan jika kamu memiliki waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten secara rutin.

Kenapa? Agar kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang rutin juga. Jika kamu hanya bisa membuat konten yang tidak tentu kapan waktu untuk mengunggahnya, sebaiknya simpan dahulu. Lalu unggah saat kamu sudah memiliki banyak konten. Tujuannya agar nantinya, orang yang menjadi pelanggan tidak kecewa dan menunggu terlalu lama. Apalagi kamu merupakan ‘artis’ baru yang belum memiliki fanbase.

Fanbase

Kenapa harus fanbase? Karena pendapatan yang akan kamu peroleh berasal dari fanbase. Jika kamu tidak memiliki fanbase, lalu karya kamu tidak akan ada yang membayarnya. Secara otomatis, kamu juga tidak akan menerima pembayaran apapun.

Namun, kamu tetap bisa lho membangun fanbase kamu sendiri. Caranya adalah dengan rutin dan persisten mengunggah karya kamu dan jangan terlalu berharap dahulu tentang berapa besar bayaran yang akan diterima.

Bahasa Inggris

Setidaknya kamu harus tahu bahasa inggris karena di platform ini menggunakan bahasa inggris untuk komunikasi. Tidak perlu expert namun setidaknya kemampuan komunikasi tersebut bisa untuk berkomunikasi.

Bagaimana Cara Pembayaran Patreon

Kamu harus memiliki kartu kredit atau paypal terlebih dahulu. Kemudian mendaftar di situs tersebut. Jika kamu merupakan pelanggan, maka biaya berlangganan akan dipotong dari saldo yang kamu miliki. Sedangkan jika kamu merupakan seniman atau creator, kamu akan mendapatkan bayaran perbulannya sesuai per konten yang kamu miliki.

Itulah patreon yang bisa menjadi alternatif untuk kamu yang kerap menciptakan konten. Nothing to lose lho. Apalagi saat ini untuk Youtube dan facebook, monetize tidak semudah sebelumnya. Jadi, berminat untuk mencoba patreon untuk mendapatkan uang? Man Jadda Wajada!