Apa Itu POV Artinya

apa itu POV artinya - arti POV adalah

Saat kamu membaca suatu cerita misalnya yang ada di aplikasi baca, kamu tentunya pernah melihat tulisan “POV” di cerita. POV ini sering dipergunakan terutama dalam cerita lho. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud POV itu? Untuk tahu lengkap apa itu POV kamu bisa simak informasi berikut ini.

Apa itu POV – Pengertian POV

Apa yang dimaksud dengan POV? POV adalah singkatan dari point of view yang artinya sudut pandang. Sudut pandang itu sendiri dipergunakan untuk menentukan dari sisi mana cerita tersebut ditulis atau diceritakan. Dapat diartikan juga jika sudut pandang merupakan salah satu unsur cerita terkait dengan penempatan atau posisi penulis dalam cerita tersebut. Pada dasarnya terdapat 3 jenis POV yaitu sebagai berikut.

1. POV 1

Pov 1 itu sendiri merujuk pada sudut pandang dari orang pertama. Dengan sudut pandang ini, seolah-olah penulis atau pembaca menjadi tokoh utama yang ada di cerita tersebut.

Salah satu ciri jika cerita tersebut menggunakan POV 1 adalah penggunaan subjek dengan kata “aku”, “saya”, “diriku”. Kata tersebut bukan ada dalam percakapan lho ya, tapi ada dalam narasi. Misalnya, aku tidak tahu apa yang terjadi. Kata aku tersebut merujuk pada diri sendiri.

Selain menggunakan kata aku, POV 1 pada cerita juga menceritakan orang lain dari sudut pandang orang pertama. Keunggulannya jika kamu menggunakan POV pertama adalah, orang lain yang membaca cerita atau melihatnya akan merasa seperti mengalami apa yang diceritakan. Sedangkan kekurangannya adalah, kamu hanya bisa menceritakan dari sudut pandang kamu.

Ada keterbatasan tersendiri. Mudahnya, karena kamu menceritakan tentang dirimu sendiri, kamu tidak bisa menceritakan apa yang orang lain rasakan atau pikirkan. Jika itu sampai terjadi, artinya kamu kurang bisa mengaplikasikan sudut pandang sesuai dengan yang inginkan.

2. POV 2

Sudut pandang 2 ini diambil dari orang pertama pelaku sampingan. Untuk menuliskan cerita dari sudut pandang ini adalah dengan menggunakan kata kamu atau kau sebagai tokoh utamanya. Artinya penulis memposisikan dirinya sebagai orang kedua yang ada di tokoh cerita.

3. POV 3

Sudut pandang orang ketiga menceritakan dari sisi tokohnya. Anda bisa menceritakan tokoh tersebut dan tahu mengenai situasi dan kondisi yang terjadi. Misalnya Anda menceritakan A, namun Anda juga mengemukakan tentang perasaan B. nah, yang ini baru bisa dilakukan jika kamu menulis dengan sudut pandang orang ketiga.

Namun, ada 2 versi, yaitu sudut pandang orang ketiga terbatas dan serba tahu. Jika serba tahu, kamu seakan mengetahui apa yang ada di cerita walaupun kamu sebagai penulis tidak terlibat sama sekali. Sedangkan POV 3 terbatas adalah kamu punya batasan tersendiri untuk menceritakan apa yang terjadi. Dalam hal ini, kamu harus objektif dan seolah tidak tahu pikiran serta perasaan sang tokoh selain tokoh utama.

Apa Arti POV di Wattpad

Wattpad itu sendiri merupakan salah satu aplikasi baca yang memungkinkan kamu tidak hanya baca namun juga menulis cerita. Jadi POV wattpad ini sendiri adalah sudut pandang cerita yang ada di wattpad.

Apa itu Arti POV dalam Novel

Tidak hanya di wattpad, novel juga memiliki POV. Dengan begitu, saat kamu membaca novel, kamu bisa tahu kalau penulis itu menggunakan sudut pandang yang mana. Umumnya, POV yang dipergunakan adalah POV 1 dan POV 3 lho.

Lalu, Apa itu Author POV?

Author pov adalah penggunaan POV 3 yang serba tahu. Namun bisa juga menggunakan sudut pandang orang pertama jika penulis memposisikan dirinya sebagai tokoh utama.

Nah sekarang kamu pasti sudah tahu ya apa itu POV dan apa kepanjangan dari POV. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kamu ya. Hatur nuhun.