Apa Itu Prevalensi Artinya

apa itu prevalensi artinya - arti prevalensi adalah

Apa itu prevalensi artinya? Berikut penjelasan tentang arti prevalensi yang mesti kamu ketahui.

Apa itu Prevalensi Artinya – Pengertian Prevalensi

Arti prevalensi adalah sebuah isi yang ada di dalam populasi yang mempunyai ciri khusus dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, definisi prevalensi adalah suatu proporsi dari populasi yang mempunyai ciri-ciri ataupun karakteristik tertentu dalam termin waktu tertentu.

Istilah prevalensi pada umumnya banyak digunakan di dunia kedokteran dan antropologi kesehatan. Oleh karena itu kita pasti seringkali mendengar istilah seperti prevalensi stroke di Indonesia, prevalensi stunting menurut WHO, prevalensi obesitas menurut riskesdas, prevalensi diabetes melitus menurut depkes, prevalensi hipertensi di Indonesia tahun 2020 dsb.

Di dunia medis atau kedokteran, ciri khusus yang dimaksud ini meliputi faktor risiko penyakit. Umumnya prevalensi dipilih menggunakan sampel secara acak dalam kelompok yang relatif kecil dari keseluruhan populasi dengan tujuan sampel yang dipilih dapat mewakili populasi.

Prevalensi ini umumnya dinyatakan dalam bentuk persentase, misalnya populasi ada 100 orang, maka ditemui prevalensi sebesar 5% yang artinya, ada 5 orang dari 100 orang tersebut.

Jenis Cara Untuk Melaporkan & Mengukur Prevalensi

  1. Periode Prevalensi

Pada cara ini, prevalensi atau proporsi populasi memiliki karakteristik khusus dalam jangka waktu tertentu. Biasanya jangka waktu selama 12 bulan yang umum digunakan.

  1. Prevalensi Seumur Hidup

Adapin arti prevalensi seumur hidup adalah proporsi populasi yang mempunyai ciri khusus tertentu dalam jangka waktu seumur hidup.

  1. Prevalensi Titik

Di prevalensi titik ini, proporsi populasi memiliki ciri khusus yang dapat kita amati pada titik waktu tertentu.

Prevalensi merupakan kasus lama & kasus baru yang ada dalam jumlah orang yang menderita penyakit pada periode atau tahun tertentu, jumlah pasien ini termasuk ke dalam semua orang yang telah didiagnosis pada tahun sebelumnya dan tahun berjalan.

Tujuan Prevalensi

Prevalensi bukanlah sekedar retorika semata, melainkan memiliki tujuan untuk membantu mendata jumlah penderita atau pasien yang didiagnosis terkena penyakit. Hal ini akan mempermudah pemerintah untuk mengambil kebijakan terkait wabah yang sedang terjadi. Selain itu dengan dilakukannya prevalensi atau proporsi populasi, kita akan mengetahui sejauh apa proses pelayanan kesehatan pada suatu wilayah tertentu.

Arti Prevalensi Stunting

Prevalensi stunting merupakan suatu proporsi populasi yang menjelaskan tentang kondisi kegagalan pertumbuhan yang dialami oleh anak-anak. Kegagalan pertumbuhan ini menyerang pertumbuhan tubuh dan otak.

  1. Anak-anak yang mengalami stunting memiliki ciri:
  2. Pertumbuhan giginya terlambat.
  3. Wajahnya terlihat lebih muda dari usia seharusnya.
  4. Pubertas yang dialaminya terlambat.
  5. Pada usia 8 sampai 10 tahun, anak menjadi pribadi yang tertutup dan cenderung pendiam, lebih banyak menghindari kontak mata dengan orang sekitarnya.
  6. Menurunnya fokus dan memori belajarnya dan beberapa ciri lainnya yang memperlihatkan adanya pertumbuhan yang tidak normal pada diri anak.

Ada banyak faktor seorang anak mengalami stunting, seperti:

  1. Rendahnya berat bayi saat lahir.
  2. Seorang ibu yang tidak makan-makanan bergizi akan membuat janin kekurangan asupan makanan yang bernutrisi.
  3. Anak terkontaminasi bakteri karena lingkungan rumah tidak bisa menjaga kebersihan.
  4. Tidak adanya ASI eksklusif yang didapatkan sang bayi dari ibunya, dan
  5. Orang tua melewatkan jadwal imunisasi sehingga menyebabkan anak berulang kali terinfeksi penyakit.
Contoh Kalimat Menggunakan Kata Prevalensi

Berikut ini beberapa contoh ilustrasi dari penggunakan istilah kata prevalensi.

  1. Beberapa hari yang lalu di provinsi Jawa Timur, terkhususnya kota Surabaya, pemerintah setempat berdasarkan arahan pemerintah pusat memerintahkan untuk segera melakukan prevalensi terkait wabah penyakit COVID-19.
  2. Angka prevalensi stunting yang dialami selama wabah COVID-19 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang terkena PHK sehingga kepala keluarga kesulitan menafkahi anak dan istirnya di rumah.
  3. Prevalensi wajib dilaksanakan oleh pemerintah setiap tahun sekali untuk masing-masing wilayah di seluruh Indonesia. Hal ini penting dilakukan untuk bahan research dan evaluasi pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang bisa diberikan kepada masyarakat.

Nah semoga kamu bisa memahami arti kata prevalensi secara umum ya.