Apa Itu Research Gap Artinya

apa itu research gap artinya - arti research gap adalah

Apa itu research gap artinya? Berikut penjelasan singkat tentang arti dari research gap dan cara menemukan research gap dalam penelitian yang perlu kamu ketahui. 

Apa itu Research Gap Artinya – Pengertian Research Gap

Research gap adalah suatu celah kosong yang terdapat dalam penelitian. Celah kosong ini dapat menjelaskan kepada kita tentang titik lemah atau kekurangan yang terdapat dalam suatu penelitian. Nantinya celah kosong ini akan dianalisis untuk mengetahui apakah perlu diisi dengan penelitian baru atau tidak perlu ditambah lagi.

Dengan kata lain research gap dalam penelitian adalah tentang celah kosong yang terdapat dalam topik penelitian yang kurang dimengerti atau dipahami karena ada beberapa sumber dan informasi yang masih dinilai kurang lengkap dalam penelitian. Sehingga menghambat ditemukannya kesimpulan atau jawaban suatu penelitian dengan komplit 100%.

Jenis-Jenis Research Gap yang Ada Dalam Penelitian

Terdapat beberapa jenis research gap yang ada di dalam penelitian. Berikut ini kita akan membahas macam macam research gap tersebut.

  1. Teoritis (Theoretical)

Teoritis merupakan bentuk dari hasil pemikiran atau pola pikir, yang dimana berasal dari berbagai macam bentuk teori-teori yang diolah menjadi sebuah landasan penelitian.

  1. Pemikiran Konseptual (Conceptual Thingking)

Pemikiran konseptual adalah kemampuan berpikir kritis dan skeptis yang terkonsep dalam mendefinisikan hubungan yang terlihat tidak jelas atau masih tampak samar-samar. Adapun pemikiran konseptual ini diterapkan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang ada di dalam penelitian. Metode pemikiran konseptual tidak melihat masalah dalam ukuran yang kecil akan tetapi dalam skala ukuran yang besar.

  1. Bukti Empiris

Bukti empiris adalah sumber penelitian yang didapatkan melalui cara percobaan atau observasi. Indera merupakan sumber utama dari bukti empiris, beberapa sumber lain terdapat dari ingatan dan kesaksian.

  1. Metodologi

Metodologi merupakan suatu ilmu yang dapat digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan tata cara tertentu. Adapun metodologi terdiri dari cara-cara yang terstruktur dalam memperoleh ilmu pengetahuan.

  1. Praktis (Practical)

Praktis adalah suatu ilmu yang dapat dengan mudah untuk dijalankan dan diterapkan.

Cara Menemukan Research Gap Dalam Penelitian

Bagaimana sih cara membuat research gap? Research gap dapat ditemukan dengan beberapa cara seperti membuat model penelitian atau kerangka dan konsep suatu penelitian yang ingin kita teliti. Bisa juga ditemukan dengan melakukan problematisasi realitas sosial yang kita hadapi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kita perlu melakukan problematisasi realitas sosial karena kita akan memperoleh ilmu pengetahuan yang dapat menjelaskan segala sesuatu dengan baik dan bagaimana caranya agar apa yang kita kerjakan itu dapat memiliki nilai yang lebih baik pada kondisi yang sekarag dibanding kondisi yang dulu dan bagaimana caranya agar kita bisa mempertahankan situasi yang baik.

Selain kedua hal diatas, kitapun bisa menemukan research gap dengan terlebih dahulu membaca penelitian ataupun jurnal-jurnal terdahulu dengan topik yang sama. Kemudian setelah membacanya kita harus menuliskan rumusan-rumusan masalah yang ingin kita masukan dalam penelitian kita. Rumusan masalah yang kita buat tadi, akan mempermudah kita dalam menentukan permasalahan-permasalahan apa saja yang ingin kita temukan jawabannya. Rumusan masalah yang dicatat akan membantu kita untuk fokus pada satu titik, sehingga pemikiran kita tidak akan terpecah belah.

Nah itulah penjelasan arti research gap dan cara menentukan research gap. Semoga bisa memudahkan kamu dalam menyelesaikan penulisan skripsi, disertasi, dan beberapa jenis penelitian yang kita lakukan.

Sebelum berperang, seorang Raja yang bijaksana pasti akan terlebih dahulu mempelajari kelemahan musuh dan menyusun strategi peperangan. Begitupun dengan seorang peneliti cerdas, terlebih dahulu ia pasti akan mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan penelitan yang dilakukannya.