Apa Itu Retorika Artinya

apa itu retorika artinya - arti retorika adalah

Apa itu retorika artinya? Berikut penjelasan singkat tentang apa arti retorika, jenis jenis retorika dan tujuan retorika yang mesti kamu ketahui. 

Apa itu Retorika Artinya – Pengertian Retorika

Pernahkah kita mendengar seseorang melakukan public speaking? Mereka adalah seseorang yang memiliki kemampuan berbicara yang hebat di depan umum. Kemampuan berbicara dengan menggunakan kosakata yang baik disebut retorika. Ada beberapa filsuf terkenal yang memberikan teori tentang retorika ini seperti Aristoteles dan Plato.

Secara terperinci menurut KBBI, arti kata retorika adalah menyangkut 3 ruang lingkup yakni:

  • Suatu seni berpidato yang bombastis dan muluk-muluk.
  • Penggunaan bahasa yang efektif dalam dunia karang-mengarang.
  • Teknik berbahasa yang efektif.

Teknik Retorika

Dari yang kita ketahui, retorika sering tersirat dalam isi pidato. Berikut ada beberapa teknik retorika menurut filsuf terkenal yaitu Aristoteles.

  1. Inventio

Orang yang akan menyampaikan pidato harus memiliki ilmu pengetahuan yang luas, mampu menyentuh hati dan perasaan pendengar dan memberikan bukti beserta argumentasinya.

  1. Dispostio

Ini adalah tahap untuk menyusun pidato dengan melakukan pembagian agar logis menjadi pengantar, argumen dan epilognya.

  1. Eluctio

Ingatan yang bagus akan sangat membantu pembicara dalam menyampaikan pidatonya.

  1. Pronuntiatio

Pembicara harus menyampaikan pidatonya secara lisan dengan intonasi dan penekan suara yang pas. 

Tujuan Retorika

Tentunya sangat mengagumkan jika kita memiliki kemampuan berbicara yang baik, mengingat komunikasi adalah awal dari memulai hubungan dengan orang lain. Contohnya ketika pertama kali masuk sekolah, guru akan meminta kita untuk memperkenalkan diri. Tindakan ini sama pentingnya dengan seorang politikus yang akan melakukan kampanye untuk memenangkan suatu jabatan.

Tujuan dari retorika ini tidak lain adalah untuk menjelaskan sesuatu sesuai dengan topik pembahasan. Misalnya seseorang yang memberikan seminar, edukasi untuk menghimbau dan mengajak pendengar melakukan tindakan yang dianjurkan oleh seseorang yang memberi materi.

Retorika juga bisa menghibur pendengarnya dengan topik yang dibahas. Tentunya kita pernah menyaksikan beberapa tayangan televisi yang menunjukan retorika, contohnya seperti dakwah di Islam Itu Indah. Ketika kita mendengarnya maka secara otomatis kita akan melakukan hal-hal positif seperti yang dikatakan oleh pembicara.

Tidak hanya sebagai sebuah intruksi, retorika juga bisa memberikan inspirasi bagi para pendengarnya. Biasanya pemberi retorika ini adalah seorang inspirator yang memiliki pengalaman memukau di masa hidupnya dan bisa menginspirasi orang banyak. 

Jenis-Jenis Retorika

Secara garis besarnya, retorika adalah kemampuan berbicara untuk mengajak dan memberi nasehat kepada pendengar. Namun, ada beberbagai macam jenis jenis retorika yaitu.

  1. Retorika Epidektik

Ini adalah salah satu pidato yang sering kita dengar dimana isinya membicarakan tentang permasalahan sosial yang ada pada masa itu. Pidato ini sering juga disebut seremonial, dengan tujuan pidato untuk memuji atau bisa juga menyalahkan publik.

  1. Retorika Forensic

Retorika jenis ini sering kita dengar dalam suatu pengadilan. Jenis retorika ini akan membuat pendengarnya merasa bersalah atau tidak, sama seperti seorang hakim yang akan memberikan putusan kepada tersangka.

  1. Retorika Deliberative

Pidato ini sering kita dengar diucapkan oleh seorang politisi, biasanya akan berorientasi pada beberapa tahun ke depan. Jenis retorika ini untuk mempengaruhi pendengar dalam kebijakan pemerintah, itulah mengapa retorika deliberative termasuk seperti kampanye.

  1. Retorika Persuasif

Retorika ini tidak seperti pidato, biasanya diucapkan oleh seseorang yang berusaha mempengaruhi dan menawar orang lain tanpa mempertimbangkan kebenaran. Biasanya digunakan oleh seseorang yang mencoba mempromosikan produknya atau digunakan dalam dunia bisnis.

  1. Retorika Dialegtika

Retorika dialegtika ini berbeda dengan retorika persuasif, dimana sangat memperhatikan kebenaran dan fakta. Adapun retorika ini memiliki sebutan retorika psikologi yang biasanya sering kita dengar dari ceramah agama dan pesan mutiara dari seorang motivator. 

Contoh Retorika

Gaya bahasa retorika dapat kita jumpai pada:

  1. Pidato.
  2. Seminar.
  3. Ceramah.
  4. Edukasi.
  5. Kampanye.
  6. Beberapa pertemuan yang menginspirasi.

Nah itulah sekilas materi retorika. Semoga kamu bisa semakin memahami definisi retorika, teknik retorika, macam macam retorika dan contoh retorika secara umum ya.