Apa Itu Sakarepmu Artinya

apa itu sakarepmu artinya - arti sakarepmu adalah

Apa itu sakarepmu? Kalau kamu orang Jawa pasti tahu apa arti dari kata sakarepmu. Tapi, untuk orang yang berasal dari luar Jawa yang sering mendengar kata ini pasti penasaran dengan apa maksud dari kata tersebut.

Kata ini sangat sering diucapkan orang Jawa ketika berbincang dengan orang yang sama Jawanya. Untuk kamu orang yang berasal dari Jawa tapi sedang kuliah atau bekerja di Jawa, informasi berikut yang harus kamu ketahui mengenai kata sakarepmu.

Apa itu Sakarepmu – Artinya Sakarepmu dalam bahasa Jawa

Sakarepmu sebenarnya berasal dari dua suku kata yang digabungkan yaitu sakarep dengan arti terserah dan mu adalah kamu, jika digabungkan maka arti sakarepmu adalah terserah kamu. Kata ini sangat simpel dan mudah ditiru oleh siapapun. Tapi, biasanya orang luar salah dalam letak penggunaan kata ketika menyampaikan sebuah kalimat.

Kata ini sering diucapkan dalam sebuah perbincangan atau diskusi ketika seseorang diminta untuk mengambil keputusan. Namun, orang tersebut tidak bisa mengambil keputusan dan berpasrah dengan apa yang orang lain katakan.

Karena banyaknya orang yang sudah mengerti tentang kata ini, maka semakin banyak pula yang melontarkan. Dengan begitu, kata sakarepmu menjadi salah satu kata gaul yang digunakan hampir semua orang hampir di seluruh Indonesia sama halnya seperti kata woro-woro, ambyar, matur nuwun, sugeng tanggap warsa dkk. Tidak heran, karena memang kata ini mudah untuk diucapkan oleh siapapun bahkan orang luar negeri sekalipun.

Jadi, orang Jawa terkenal sangat dikenal dengan ucapan ini yang jika dilontarkan akan terdengar sedikit kasar, tapi bukan berarti benar-benar kasar dan tidak sopan.

Yowes Sakarepmu Artinya

Nah, itu tadi penjelasan makna dari kata sakarepmu. Sekarang disini akan dijelaskan apa arti kata jika ditambahkan dengan kata “yowes” yang memiliki arti iya sudah. Jika dibandingkan dengan kata yang hanya sakarepmu saja, dua kata ini akan lebih halus didengar.

Biasanya kalimat singkat ini diucapkan karena sudah melalui perdebatan yang cukup panjang dalam menentukan keputusan. Dengan demikian, salah satu dari mereka yang berdebat mengatakan “yowes sakarepmu”.

Sebenarnya beberapa orang tidak begitu menyukai kata terserah atau sakarep, karena dengan kata ini seperti tidak ada keputusan tegas yang disampaikan. Hal ini seringkali menjadi bahan perdebatan dan dianggap tidak ikut memikirkan sesuatu yang sedang menjadi pokok diskusi atau pokok pemutusan.

Tapi, pada beberapa situasi dengan kalimat yang terdiri dari dua kata ini ini sama halnya dengan menghargai keputusan orang lain yang lebih menitikberatkan keputusannya. Memang tidak semua keadaan ketika melontarkan sebuah kalimat atau kata memiliki arti atau tujuan yang sama.

Oleh karena itu, mengapa pentingnya memahami sebuah kata terutama kata-kata yang ambigu agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jangankan kata yang hanya memiliki satu arti, kata yang digunakan pada beberapa daerah saja memiliki arti yang berbeda-beda. Dengan begitu, jika kamu tidak memahami setiap kata akan menimbulkan permasalahan.

Penggunaan Kata Sakarepmu

Saat ini, penggunaan kata yang berasal dari bahasa Jawa ini sudah digunakan oleh banyak orang walaupun tidak berasal dari Jawa asli. Menyebarnya bahasa ini timbul karena banyaknya orang Jawa yang menyebar ke semua pulau yang ada di Indonesia.

Begitu pun sebaliknya, orang luar pulau banyak yang merantau ke pulau Jawa dengan tujuan mencari ilmu atau bekerja. Dengan demikian, tidak heran jika kata ini menjadi familiar di seluruh penjuru Indonesia.

Itulah arti bahasa Jawa sak karepmu yang harus dipahami artinya agar tidak asal mengucapkan tanpa tahu maknanya. Semoga bermanfaat.