Apa Itu Sekut Artinya

arti sekut adalah - apa itu sekut artinya

Apa sih arti kata sekut Itu? Perkembangan bahasa gaul memang tidak ada matinya. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali bahasa gaul yang tidak hanya dari golongan tertentu namun juga dari para influencer misalnya dari Gofar Hilman. Saat digunakan dan dipopulerkan oleh Gofar, banyak sekali netizen terutama para warga twitter yang tidak tahu apa itu sekut. Kamu mungkin juga belum tahu. Agar tahu artinya apa, simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Sekut Artinya – Arti Sekut Adalah KEREN

Jika melihat dari katanya, banyak yang berfikir jika sekut memiliki arti yang sama dengan sikut. Akan tetapi, sekut tidak sama artinya dengan sikut ya. Kalau kamu ngeyel, bisa-bisa jadi bahan tertawaan teman-teman kamu.

Sekut itu sendiri ternyata dari bahasa Arab yang berarti diam. Namun, jika mengacu pada kata tersebut maka tidak mungkin jika artinya hanya diam. Ini karena beberapa orang menggunakan kata sekut saat berteriak atau menunjukkan suatu kekaguman.

Ternyata, sekut itu sendiri merupakan bahasa prokem yang sudah ada sejak tahun 80an lho. Namun, kata tersebut kembali populer saat dipergunakan oleh Gofar Hilman, seorang presenter dan penyiar radio yang gacor. Dari Gofar, kata sekut akhirnya menjadi kata yang hype dipergunakan di kehidupan sehari-hari.

Dalam perkembangannya, dari tahun 80an hingga di 2020 ini, sekut diartikan juga untuk KEREN (so good atau so cute). Namun, untuk beberapa konteks, sekut itu sendiri memiliki arti takut, panic dan khawatir. Jika melihat pada artinya, sekut bisa jadi seperti bokis yang dikenal dengan arti bohong namun artinya adalah bisa-bisanya.

Di sumber lain, sekut itu itu sendiri juga dipergunakan untuk sesuatu yang berbau good vibes, mantab atau jos. Bahkan di tahun 90an, sekut dipergunakan untuk mengapresiasi akan suatu hal.

Arti Persekutan Duniawi

Sekut yang menurut beberapa sumber juga merupakan plesetan dari so cute yang berarti keren, lucu, gokil. Nah, bagaimana dengan persekutan duniawi? 2 kata tersebut juga kerap kali dipergunakan oleh Gofar di akun media sosialnya. Ia sering membubuhkan “persekutan duniawi” baik di awal ataupun di akhir dari postingannya di instagram.

Dalam kamus bahasa Indonesia, awalan dan akhiran per – an ini memiliki arti:

  • Konfiks membentuk suatu norma.
  • Menyatakan suatu hal atau keadaan.
  • Menunjukkan suatu hasil.
  • Menunjukkan suatu perbuatan.
  • Sesuatu yang berkaitan dengan.

Namun, dalam kata persekutan itu sendiri memiliki kata dasar sekut yang artinya keren. Mungkin persekutan duniawi yang sering dimaksud oleh Gofar adalah sesuatu yang keren atau suatu keadaan atau hasil yang keren di duniawi. Bisa juga merupakan suatu rasa syukur atas suatu kondisi atau yang sudah diterima selama di dunia ini.

Contoh Persekutan Duniawi Ala Gofar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Gofar Hilman kerap kali menggunakan kata persekutan duniawi dalam postingan media sosialnya. Bahkan ia juga menggabungkan kata sekut dengan kata lainnya. Misalnya sekut otomotif yang bisa berarti otomotif mobil atau motor yang keren.

Salah satu contoh persekutan duniawi ala Gofar adalah kala ia berhasil memecahkan rekor siaran radio dari Farhan dan Indy barends selama 34 jam non stop. Awalnya Gofar hanya ingin menjawab tantangan saja dan ingin memecahkan rekor milik Farhan dan Indy. Ia bahkan sudah memiliki rencana untuk siaran bersama dengan 20 teman musisi dan seniman. Gofar juga rencananya akan memecahkan rekor bersama dengan Ary yang kemudian harus mundur karena ayahnya meninggal dunia.

Dalam siaran 34 non stop tersebut ia juga mengumpulkan donasi online yang akan dipergunakan untuk membangun sekolah. Di akhir caption unggahannya saat ia berhasil memecahkan rekor tersebut, ia membubuhkan kata ‘persekutuan duniawi’.

Itulah arti sekut dan persekutan duniawi. Kalau sudah tahu artinya, boleh nih kamu gunakan untuk kosakata kamu tanpa perlu takut ditertawakan ya. Sekut cuy..