Apa Itu Sempro Artinya

apa itu sempro artinya - arti sempro adalah

Jika kamu mahasiswa tingkat akhir, pasti tahu apa itu sempro. Tapi beberapa orang masih sulit membedakan sempro dengan sidang skripsi, bahkan tidak sedikit yang masih menganggapnya sama.

Terutama untuk mahasiswa baru yang belum memahami tentang sempro dan sidang skripsi, padahal ini wajib banget diketahui agar bisa mempersiapkan. Untuk menambah wawasan kamu, berikut informasi mengenai sempro yang harus kamu ketahui.

Apa itu Sempro – Kepanjangan Sempro

Apa yang dimaksud dengan sempro? Pasti untuk kamu yang baru masuk ke jenjang perguruan tinggi baru mendengar istilah ini. Sempro adalah singkatan dari seminar proposal skripsi yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir yang hendak menyusun skripsi.

Seminar proposal ini merupakan tahapan paling awal yang harus dilewati oleh calon sarjana sebelum menginjak tahap penyusunan skripsi hingga sidang. Di dalam proposal ini, kamu diminta untuk memberikan sedikit penjelasan dari isi bab yang sudah kamu buat mulai dari bab satu sampai bab tiga kepada semua dosen penguji proposal skripsi kamu.

Untuk menyusunnya kamu harus memperhatikan susunan yang baik, tulisan dan tanda baca yang sudah tepat, serta penyampaian yang sesuai dengan judul yang kamu ambil. Jika kamu bisa mengerjakannya dengan baik, maka dengan mudah kamu bisa mendapatkan gelar sarjana dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Perbedaan Sempro dan Sidang Skripsi

Karena sama-sama dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat akhir, seringkali beberapa orang menganggap bahwa sempro dan skripsi sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan walaupun ada juga beberapa persamaan. Perbedaan seminar proposal dan sidang skripsi adalah sebagai berikut :

  1. Dalam membuat seminar proposal, kamu hanya diminta tiga bab awal saja untuk memastikan bahwa judul yang akan kamu ambil bisa diterima. Sedangkan sidang skripsi, kamu harus memberikan enam bab yang isinya dari bab awal hingga bab akhir dimana disitu akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.
  2. Perbedaan kedua adalah pada bentuknya. Jadi, jika proposal berupa rencana atau rancangan yang akan kamu teliti untuk menyusun skripsi. Tapi kalau skripsi itu sendiri sudah berupa hasil penelitian yang sudah kamu lakukan.
  3. Terakhir, perbedaannya terletak pada pengujiannya. Apabila kamu masih melakukan pengajuan proposal, maka kamu akan diuji dalam bentuk seminar dimana akan ditentukan apakah kamu bisa masuk ke tahap selanjutnya atau tidak. Sedangkan skripsi, bentuk ujinya dalam bentuk sidang dan disitulah pengetahuan, pemahaman dan kemampuan kamu diuji.

Jika kamu bisa mengerjakan keduanya dengan baik, maka kamu berhasil mendapat gelar sarjana.

Persamaan Sempro dan Sidang Skripsi

Selain perbedaan, keduanya memiliki persamaan diantaranya adalah:

  1. Keduanya sama sama merupakan bentuk karya ilmiah yang harus terbukti heuristik kebenarannya dalam melakukan penelitian yang sudah dikerjakan.
  2. Judul bab keduanya dalam penyusunan memiliki nama yang sama mulai dari bab satu hingga bab tiga.
  3. Persamaan terakhir adalah sama-sama diseminarkan guna menguji kelayakan dari proses penelitian sampai hasil akhir penelitian.

Ketiga persamaan tersebut yang menyebabkan banyak orang menganggap bahwa seminar proposal dan sidang skripsi itu sama. Padahal keduanya berbeda dan dilakukan secara berturut-turut sesuai dengan tujuannya.

Itulah sedikit penjelasan tentang sempro dan sidang skripsi yang wajib kamu ketahui terutama mahasiswa yang hendak menginjak semester akhir. Kamu tidak akan bisa mengerjakan dengan baik jika masih belum mengerti apa itu sempro. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu memahami perbedaan serta persamaan antara sempro dan sidang skripsi.