Apa Itu Stalking Artinya

apa itu stalking artinya - arti stalking adalah

Ikut-ikutan stalking, tapi memang kamu tahu apa itu stalking? Kata stalk, stalking, stalker, paparazzi, sasaeng bukan hal yang baru terutama jika kamu mengikuti perkembangan atau berita mengenai selebriti. Kata-kata tersebut memiliki arti yang hampir sama yaitu untit, mengutip dan penguntit. Jadi, apa sebenarnya arti dari stalking? Cek informasi berikut ini ya untuk tahu lengkapnya.

Apa itu Stalking Artinya – Pengertian Stalking

Stalking adalah kata serapan yang diambil dari bahasa Inggris. Kata tersebut dipergunakan untuk menunjuk pada suatu perhatian yang tidak diharapkan dari seseorang. Awalnya, kata stalking ini sendiri dipergunakan untuk menggambarkan suatu tindakan yang mengganggu yang dialami oleh orang terkenal. Pelaku stalking atau stalker dianggap memiliki obsesi ke korbannya. Istilah stalking dan stalker itu sendiri digunakan untuk pertama kali dalam tabloid terbitan Amerika.

Seiring dengan perkembangannya, stalking bisa diartikan sebagai mengikuti, pengejaran dengan hati-hati dan juga mengejar. Namun saat ini, arti stalking juga bisa bermakna perilaku menguntit kegiatan atau mengikuti seseorang.

Mengapa Suka Stalking?

Tanpa disadari, perilaku stalking menyebabkan kita merasa kecanduan atau addictive karena ingin tahu apa yang sedang terjadi dengan orang tersebut. Selain kepo atau suka mencari tahu, ternyata hal ini juga menjadi penyebab seseorang melakukan stalking lho:

Penasaran: sifat atau rasa penasaran menjadi dasar mengapa seseorang melakukan stalking. Misalnya penasaran apakah si B sudah memiliki pasangan atau belum. Kemudian, karena penasaran, si A stalking B misalnya dengan melihat media sosialnya untuk tahu pasangan B.

Ingin kenal lebih dekat pada orang yang disukai. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan informasi tentang apa yang disukai dan tidak disukai.

Jenis Stalking yang Harus Diketahui

Ternyata, stalking memiliki banyak jenis. Jika kita hanya mengenal stalking di media sosial, ada pula jenis stalking yang lainnya yang harus kamu ketahui lho. Jenis stalking tersebut adalah sebagai berikut.

1. High School Stalker

Jenis stalking ini merupakan stalking yang dilakukan oleh siswa sekolah terutama yang masih menjadi anak SMA. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi mengenai orang yang disukai. Stalking jenis bini bahkan sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu kala masa kasmaran tiba.

Stalking jenis ini mengharuskan kamu untuk melakukan interaksi langsung. Ya seperti detektif yang sedang mencari informasi tentang seseorang. Ada yang berhasil hingga akhirnya disapa oleh sang pujaan hati, hingga ada yang gagal dan membuatnya harus rela untuk memandang dari jauh saja.

2. Media Sosial Stalker

Jenis stalking jenis ini adalah yang paling banyak dilakukan saat ini. Terutama ketika media sosial berkembang dengan pesat dan banyak orang yang memiliki akun media sosial di gawai mereka. Hampir media sosial dapat digunakan sebagai tempat untuk stalking. Namun, umumnya, facebook dan instagram adalah media sosial yang paling banyak dipergunakan.

3. Psyco Stalker

Sesuai dengan namanya, jenis stalking ini sudah termasuk ke tahapan yang mengganggu. Orang yang menjadi psycho stalker ini tidak hanya mencari tahu namun juga menguntit dan bahkan menampakkan dirinya secara terang-terangan untuk memicu psywar pada pikiran si korban.

Hal tersebut, tidak hanya membuat orang yang dikuntit merasa tidak nyaman namun juga ngeri. Apalagi, tidak sedikit korban dari stalking ini yang mengalami nasib naas.

4. Predator Stalker

Jenis stalking ini tidak jauh berbeda dengan psycho stalker. Namun, tujuan dari stalking ini adalah untuk mencari perhatian dengan cara mengganggu dan mengancam ketenangan orang lain. Taktik yang biasanya dipergunakan adalah berkenalan, akrab, menggali informasi dan biasanya informasi tersebut digunakan untuk balas dendam.

Jadi, stop stalking terutama jika itu sudah mengganggu privasi dan kehidupan orang lain ya. Nah semoga kamu semakin paham akan arti stalking dalam bahasa gaul sehari-hari ya. Hatur nuhun.