Apa Itu STTB Artinya

apa itu sttb artinya - arti sttb adalah

Apa itu STTB artinya? Berikut penjelasan singkat tentang kepanjangan STTB, apa itu nilai STTB, dan perbedaan ijazah dan STTB yang mesti kamu ketahui.

Apa itu STTB Artinya – Kepanjangan STTB

STTB adalah sebuah singkatan dari Surat Tanda Tamat Belajar. STTB berbentuk 1 lembar kertas yang biasanya akan kita dapatkan setiap menamatkan bangku sekolah, seperti saat menamatkan sekolah di jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perkuliahan.

Dalam kertas STTB (Surat Tanda Tamat Belajar), kita akan menemukan beberapa nomor yang terletak di kanan atas. Beberapa angka tersebut merupakan nomor STTB kita yang sudah di data oleh Dinas Pendidikan.

Selain STTB ada juga Surat Keterangan Lulus (SKL) yang diberikan kepada kita setelah pengumuman kelulusan disampaikan. STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) tidak bisa langsung kita dapatkan karena butuh waktu yang tidak sebentar untuk menulisnya. Nama kita di dalam STTB ditulis dengan huruf cetak menggunakan tulisan tangan dan ditulis dengan penuh kehati-hatian. Tidak boleh sampai ada kata yang salah disana, karena dalam penulisan tersebut tidak boleh menggunakan tipe x.

Perbedaan STTB dan Ijazah

Selain STTB, kita pasti lebih sering mendengar tentang istilah ijazah. Mungkin sebagian kita berpikir kalau STTB dan ijazah berbeda. Padahal sebenarnya ijazah ataupun STTB adalah sama-sama ‘Surat Tanda Tamat Belajar’ yang mana STTB merupakan akronim atau singkatan dari istilah kata ijazah.

Kata ijazah berasal dari bahasa Arab, memiliki makna sebuah surat & dokumen penting yang diberikan oleh suatu instansi. Kata ijazah memiliki makna sebagai suatu surat yang menjadi bukti kalau kita telah menyelesaikan suatu tingkatan pendidikan ilmu tertentu.

Surat ijazah bisa kita gunakan untuk melamar pekerjaan bersama cover letter karena dengan adanya bukti Ijazah ini pihak perusahaan atau lembaga tertentu bisa melihat dengan jelas keahlian yang kita punya, sehingga ijazah selalu disimpan dengan baik dan lebih dulu dilaminating agar lebih awet. Ijazahpun juga memiliki nomor sama halnya dengn STTB. Adapun nomor Ijazah ini mencangkup:

  • (1) Kode Penerbitan.
  • (2) Kode Satuan Pendidikan.
  • (3) Kode Program Pendidikan.
  • (4) Kode Jenjang Pendidikan.

Apa itu Nilai STTB –  Nilai STTB itu yang mana?

Dulunya STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) hanya berisi nilai-nilai dari mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional (UN). Akan tetapi saat ini Surat Tanda Tamat Belajar mencantumkan nilai keseluruhan yang pada bagian bawahnya tertulis juga nilai Ujian Nasional yang telah kita peroleh.

Nilai keseluruhan ini merupakan kumpulan nilai yang diolah secara keseluruhan atau istilahnya dikalkulasi, dari semester awal sampai semester akhir kita menuntut ilmu. Kemudian nilai keseluruhan tadi akan dibagi dengan jumlah mata pelajaran yang telah kita tempuh dari awal-akhir, ditambah pula dengan nilai-nilai Ujian Praktek dan Ujian Nasional (UN) dan setelah itu baru dijumlahkan semuanya. Maka keluarlah nilai keseluruhan yang tertulis di dalam STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) atau ijazah kita.

Dalam STTB selain kita akan mendapatkan nilai keseluruhan. Kitapun akan memperoleh pernyataan yang mengatakan kalau kita telah ‘lulus’ dalam jenjang pendidikan yang telah kita tempuh tersebut.

Semoga setelah membaca artikel kali ini yang membahas soal STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) kita jadi lebih paham tentang arti STTB dan perbedaan STTB dengan ijazah yang sering kita dapatkan setiap menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu.

Latar belakang pendidikan dan pekerjaan adalah dua hal yang saling berhubungan dan tidak bisa kita pisahkan, terlebih lagi di saat era disrupsi sekarang ini. Seorang yang memiliki pendidikan akan lebih mampu memiliki pikiran yang lebih maju dan terbuka dibanding teman sebayanya. Melalui pendidikanpun kita akan lebih mudah memasuki jenjang karir yang lebih tinggi dalam dunia pekerjaan.