Apa Itu Sunmori Artinya

apa itu sunmori artinya - arti sunmori adalah

Apa itu sunmori? Bagi orang Yogyakarta dan sekitarnya, kata sunmor tidaklah asing di telinga. Namun bagaimana dengan kata sunmori? Apakah masih ada kaitannya dengan Sunday morning?

Apa Itu Sunmori – Pengertian Sunmori

Sunmori adalah singkatan dari Sunday Morning Ride lho. Secara singkat, arti sunmori adalah bersepeda motor di pagi hari di hari minggu. Istilah ini sangat populer di kalangan anak motor. Bahkan banyak blogger dan vlogger juga menggunakan istilah tersebut untuk aktivitas yang dilakukan di minggu pagi.

Istilah ini sendiri awalnya digunakan oleh para pemilik motor gede di  kota besar yang memanfaatkan waktunya untuk berkeliling atau berkendara di minggu pagi yang lengang. Apalagi para biker ingin merasakan kembali suasana pagi dan feeling POV saat menaiki motor.

Awalnya memang istilah sunmori dipergunakan oleh biker moge dan juga motor modifikasi. Namun, lama kelamaan, istilah tersebut dipergunakan juga untuk komunitas motor yang lainnya. Kegiatan ini bahkan sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan. Tujuannya adalah untuk menjaga keakraban dari anggota dan juga di antara komunitas.

Manfaat Sunmori untuk Tubuh

Selain bermanfaat untuk menjaga keakraban terutama antar anggota komunitas, sunmori juga memiliki manfaat lain saat bermotoran di minggu pagi. Hal tersebut sesuai dengan studi neurobiologis yang dilakukan oleh Semet Institute for Neuroscience and Human Behaviour dari UCLA. Menurut penelitian tersebut, bermotor secara rutin akan memberikan dampak yang baik untuk mental dan fisik.

Dari penelitian yang dilakukan, menyebutkan jika bersepeda motor secara rutin ternyata dapat meningkatkan perhatian dan fokus, menurunkan tingkat hormon kortisol dan hormon stress. Apalagi bagi orang dewasa, stress akan semakin menumpuk dan meningkat dan berpengaruh pada kesehatan.

Hasil yang sama juga dikemukakan oleh Ryuta Kawashima dan rekan-rekannya dari Tohoku University yang juga melakukan penelitian serupa. Bekerja sama dengan Yamaha, studi tersebut memiliki hasil bahwa dengan bermotor, fungsi otak serta kognitif manusia bisa meningkat lewat stimulasi eksternal. Karena hal tersebut, stress bisa menurun, apalagi jika bergabung dengan komunitas. Berinteraksi bersama dengan orang lain akan membuat kamu merasa terlibat.

Tips Persiapan Sunmori

Sebelum kamu mengikuti sunmori, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan nih. Salah satu tujuannya adalah agar kamu nantinya bisa berkendara dengan nyaman dan aman. Hal yang harus kamu persiapkan adalah sebagai berikut.

1. Tujuannya

Tentukan dahulu tujuannya mau kemana. Perhitungkan juga jarak yang akan ditempuh. Jadi, kamu bisa tahu nih, berapa banyak bahan bakar yang akan kamu gunakan dan menyiapkan bekal. Misalnya minuman dan makanan. Apalagi jika tujuan nantinya akan ke tempat wisata yang memungkinkan kamu untuk piknik.

2. Fisik

Jangan lupa untuk menyiapkan fisik kamu dan pastikan kamu dalam kondisi fit ya. Ini karena mengendarai motor walaupun jaraknya dekat akan berpengaruh pada fisik kamu. Tidak ingin bukan saat di jalan ketika menikmati sunmori, kamu justru ambruk karena sakit?

3. Safety Kits

Perlengkapan keamanan dan keselamatan wajib dikenakan. Misalnya helm, pelindung siku dan lutut, jaket. Jika perlu kamu bisa mengenakan kacamata agar tidak silau saat berkendara. Hal ini perlu dilakukan agar kamu semakin nyaman berkendara sekaligus menghindari sanksi tilang.

4. Teman Berkendara

Memang, kamu bisa sunmori sendirian. Namun, akan lebih menyenangkan jika sunmori bersama teman. Misalnya bisa saling berbagi pengalaman.

5. Sepeda Motor yang Baik

Pastikan kondisi sepeda motor kamu dalam kondisi baik ya. Misalnya bagian rem. Tujuannya agar kamu tetap bisa berkendara dalam dengan baik dan nyaman tanpa gangguan apapun.

Nah itulah penjelasan singkat tentang istilah anak motor apa itu sunmori. Jadi, sudah siap untuk sunmori hari ini?