Apa Itu Surname Artinya

apa itu surname artinya - arti surname adalah

Apa itu surname artinya? Berikut penjelasan tentang pengertian surname / arti surname dan given name yang mesti kamu ketahui.

Apa itu Surname artinya – Arti Surname adalah

Banyak orang yang percaya bahwa nama adalah rangkaian doa dan harapan dari orang tua. Ketika kita kecil tentunya orang tua akan memberitau kita arti dibalik nama indah yang beliau berikan. Misalnya Luna yang artinya bulan, Satria adalah pahlawan yang diharapkan mampu melindungi dan mengayomi, serta masih banyak arti nama yang indah lainnya. Tentunya sangat menyentuh hati bukan, mendengar harapan orang tua kita yang tersirat melalui nama yang mereka berikan kepada kita.

Tidak jarang juga biasanya di ujung nama kita, selalu diberikan nama keluarga yang biasanya akan secara turun temurun diberikan sesuai dengan kepercayaan dan istiadat mereka. Nama belakang atau nama keluarga inilah yang disebut dengan istilah Surname yang biasa kita sebut dengan istilah Marga. 

Perbedaan Surname dan Given Name

Apa itu surname dan given name? Jika arti surname adalah nama belakang orientasinya harus diturunkan dari generasi ke generasi, maka nama kita yang diberikan oleh orang tua kepada kita saat kita baru lahir disebut dengan istilah bahasa Inggris Given Name. Nama ini diberikan secara khusus untuk kita dan tidak ada hubungannya dengan nama keluarga atau leluhur kita.

Kemudian juga ada istilah middle name yang artinya nama tengah kita. Jadi perbedaan istilah kata surname & given name terletak pada siapa yang memberikan nama tersebut dan fungsinya. Surname berfungsi agar orang lain mengenali kita berasal dari keluarga siapa dan seperti apa, hanya dari nama belakang kita orang bisa mengenali keluarga besar kita. 

Cara Mengisi Surname dan Given Name

Ketika kita ingin melakukan penerbangan atau membuat Visa, maka ada beberapa pengisian formulir yang tentunya harus diisi dengan tepat. Biasanya dalam pengisian formulir itu nama keluarga atau Surname yang harus diisi terlebih dahulu, baru setelahnya First Name kita. Contohnya dalam tiket pesawat akan tertulis seperti ini, Mrs.Sandjaya /Diana jika kita melihat penulisan seperti ini, bukan berarti kesalahan ya, melainkan hal wajar untuk menulis nama keluarga di depan nama pertama kita.

Dampak negatif nama identitas yang terlalu panjang

Jika kita pikirkan secara sekilas akan nampak bagus jika nama yang dibuat cukup panjang. Secara tidak langsung akan ada banyak doa juga yang menyertai kita karena banyaknya nama yang kita punya. Akan tetapi ternyata terdapat dampak negatif yang muncul dari nama yang terlalu panjang, seperti pembahasan dibawah ini.

  1. Nama yang cukup panjang akan mempersulit kita ketika mengikuti ujian, karena waktu akan terbuang untuk menulis nama lengkap.
  2. Orang lain akan kesulitan untuk mengingat nama lengkap kita.
  3. Sering adanya kesalahan ejaan nama dalam penulisan berkas penting seperti ijazah, sertifikat dan lain sebagainya yang dilakukan oleh orang lain.
  4. Kita akan kesulitan untuk mengisi nama lengkap dalam suatu formulir karena adanya keterbatasan kolom.

Itulah penjelasan singkat tentang arti surname dalam bahasa Indonesia serta perbedaan surname dan given name. Semoga melalui topik artikel kali ini pemahaman kita tentang istilah-istilah asing semakin luas dan bertambah.

Ada pepatah tua yang mengatakan ‘Nama yang Baik Lebih Berharga dari Emas, Perak dan Permata’ oleh karena itu selalu ingat menjaga tingkah laku dan sopan santun kita karena sifat yang buruk akan mempengaruhi pikiran orang lain tentang keluarga kita. Tentunya kita semua tidak ingin jika ada orang lain yang memberikan cap jelek kepada keluarga besar kita, terkhusus kedua orang tua yang sangat kita kasihi.