Apa Itu Tsundere Artinya

apa itu tsundere artinya - arti tsundere adalah

Pernah Mendengar Tsundere? Apa itu tsundere? Ketika kamu membaca komik atau menonton anime, ada tokoh yang biasanya dianggap sebagai tsundere. Tokoh dengan sifat ini lumayan banyak dan kerap kali diperlihatkan bahkan menjadi tokoh utamanya. Untuk tahu lebih jelas mengenai tsundere, kamu bisa cek informasi berikut ini.

Apa itu Tsundere Artinya – Pengertian Tsundere

Tsundere adalah salah satu dari bentuk proses pengembangan POV karakter Jepang. Karakter tersebut mengenai perubahan sikap seseorang yang awalnya kasar / dingin di hadapan orang lain lalu menunjukkan sisi hangatnya dihadapan orang yang disukai.

Mudahnya, orang atau sosok atau tokoh yang tergolong tsundere ini kasar dan dingin di luar namun hangat di dalam atau baik hati ke orang tertentu. Ya bisa dikatakan seperti preman yang berhati hello kitty.

Kata tsundere itu sendiri terdiri dari 2 kata yaitu tsuntsun dan dere dere. Tsun tsun yang artinya membuang muka dengan sebal, dingin atau acuh, sedangkan dere dere menggambarkan orang yang biasanya dingin di depan orang lain namun lembut dan penuh kasih sayang dihadapan orang yang disuka.

Sikap yang berbeda 180 derajat ini tidak jarang membuat orang yang termasuk tsundere merasa bingung, sedih pada perasaan atau sikapnya ini. Awal pertama kata ini dipergunakan adalah dalam permainan video bishoujo yang merupakan produksi dari Jepang.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tsundere ini sendiri sudah menjadi bagian dari moe di kalangan otaku, maid café, anime, manga hingga novel. Kepopuleran kata ini tidak lepas dari peran permainan novel visual yaitu Kimi ga Nozomu Eien,

Tipe Tsundere yang Harus Diketahui

Selama ini kita hanya mengenal jika tsundere itu hanya 1 jenis saja yaitu tsundere itu sendiri. Ternyata, ada lho jenis tsundere atau pengelompokannya. Untuk tahu apa saja jenis tsundere, berikut jenisnya.

1. Tsundere Natural

Jenis atau tipe ini adalah tsundere yang paling umum dijumpai. Karakter ini memiliki reaksi yang spontan berlari ketika ia merasa gugup misalnya berada di depan orang yang disukai dan sering melakukan blunder.

2. Tsundere Narsisme

Tipe tsundere yang ini adalah tsundere yang tidak bisa menerima opini dari orang lain, terutama dari orang yang tidak dia kenal. Jadi, dia hanya fokus pada apa yang dia pikirkan.

3. Tsundere Ojou

Tipe tsundere ini memiliki gaya hidup mewah sehingga ia memiliki sifat yang gengsi dan sangat tinggi. Sifat arogannya tersebutlah yang membuat ia dijauhi bahkan enggan untuk didekati.

4. Deviant Tsundere

Tipe deviant tsundere ini merupakan tsundere yang tendensius, paling berbahaya bahkan bisa mengancam kehidupan orang lain. Hal tersebut disebabkan jika ia tidak suka dengan orang atau membenci orang, ia tidak akan segan untuk stalking dan membunuhnya.

5. Tsundere Pragmatis

Tipe tsundere ini memiliki sifat atau karakter tsundere yang berkaitan dengan saat ia menanggapi sesuatu. Misalnya ia akan menanggapi sesuatu dengan sangat serius bahkan untuk humor atau komedi sekalipun.

6. Extrovert Tsundere

Jenis tsundere ini memiliki sifat yang kekanak-kanakan, ceria dan banyak tingkah.

7. Introvert Tsundere

Jenis tsundere ini paling banyak ditemukan di sekolah. Ia memiliki sifat soliter yang tertutup dan pendiam. Namun, saat marah atau kesal ia akan melampiaskannya di waktu tertentu terutama ketika ia sudah tidak bisa menahan lagi amarah tersebut.

Tokoh Anime Tsundere

Karena terkenalnya karakter tsundere, banyak tokoh animasi yang dibuat dengan karakter ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • Chidori Kaname di Full Metal Panic.
  • Louise de La Valliere di Zero no Tsukima.
  • Aisaka Taiga di Toradora.
  • Naru Narusegawa di Love Hina.
  • Misaku Ayuzawa di Kaichou wa Maid Sama.

Nah itulah pengertian tsundere. Apa kamu juga termasuk salah satu orang yang tsundere?