Apa Itu Wong Kito Galo Artinya

apa itu wong kito galo artinya - arti wong kito galo adalah

Apa itu wong kito galo? Indonesia memiliki banyak bahasa daerah. Mulai dari Sabang hingga ke Merauke, kamu akan menjumpai bahasa yang berbeda. Salah satunya adalah kata-kata wong kito galo. Kalau dilihat dari bahasanya, seperti bahasa Melayu ya. Namun, apa sih sebenarnya arti kata wong kito galo itu? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Wong Kito Galo – Arti Wong Kito Galo

Kata wong kito galo merupakan bahasa Palembang lho. Kata-kata tersebut merupakan sebutan dari orang Palembang untuk sesamanya. Bisa dari sama-sama orang Palembang atau karena dianggap saudara. Wong sendiri berarti orang, sedangkan wong Palembang artinya adalah orang Palembang. Kito berarti kita sedangkan galo adalah semuanya.

Penulisan wong itu sendiri sebenarnya adalah uwong yang berarti orang atau manusia. Namun, orang Palembang sudah terbiasa untuk memanggil satu sama lainnya dengan sebutan wong kito atau orang kita. Kata-kata tersebut dipergunakan untuk membedakan antara antara diri mereka dengan kelompok lain yang berasal dari luar Palembang lho.

Namun ternyata, menurut orang Palembang asli, wong kito itu sendiri bukan sebutan untuk orang Palembang asli lho. Bisa dikatakan istilah wong kito hanya untuk sebutan bagi orang Palembang atau istilah yang muncul karena celotehan-celotehan. Walaupun begitu, kini wong kito justru identik dengan Palembang. Iya kan?

Arti Wong Kito Pacak

Kalau wong kito, kamu sudah tahu artinya kan ya. Nah, kalau wong kito pacak, apa kamu tahu artinya? Pacak sendiri dalam bahasa Palembang artinya bisa. Jadi, kalau digabungkan dengan kata wong kito maka bisa diartikan sebagai orang kita bisa.

Kalau kata kito pacak itu sendiri dipergunakan sebagai slogan baru dari Sriwijaya FC yang merupakan klub bola asal Palembang. Pemilihan kata ini awalnya karena pelatih Rahmad Darmawan meminta anak asuhnya untuk memilih kata yang akan dipergunakan sebagai yel-yel ketika selesai berlatih.

Muncul beberapa opsi. Kemudian karena sosok Mamadou Ndiaye yang kerap mengucapkan kata Pacak, membuat RD (sebutan untuk Rachmad Darmawan) menawarkan kata kita pacak. Setelah itu, kata-kata kito pacak terus dipergunakan dan akhirnya mendapatkan respons yang positif. Bahkan, setiap postingan Sriwijaya FC di media sosial, menggunakan hastag #kitopacak.

Laskar Wong Kito Artinya Apa?

Laskar wong kito merupakan julukan dari Sriwijaya FC yang bermarkas di Palembang. Awalnya, Sriwijaya FC (SFC) didirikan di Jakarta dan nama awalnya adalah persijatim Jakarta Timur. Tim yang didirikan tahun 1976 ini kemudian berganti nama menjadi Jakarta FC saat awal 2000an. Kemudian berganti lagi menjadi Persijatim dan kemudian menjadi Persijatim Solo FC karena pindah ke Solo (2002-2004).

Lalu tim ini dibeli oleh pemerintah Sumatera Selatan dan namanya diubah menjadi Sriwijaya FC. Julukan Laskar Wong Kito itu sendiri disebabkan karena Sriwijaya FC bermarkas di Palembang sehingga disebut dengan wong kito (orang kita).

Sedangkan laskar itu sendiri berarti prajurit. Sebutan wong kito itu sendiri semakin melekat dengan Palembang saat Sriwijaya kerap memenangkan pertandingan di liga 1 Indonesia. Padahal julukan asli dari Sriwijaya adalah Laskar Sriwijaya. Namun, di kalangan penggemar bola dan di media, Sriwijaya FC justru kerap disebut sebagai Laskar Wong Kito.

Laskar Wong Kito bukan satu-satunya nama atau julukan untuk Sriwijaya FC lho. Ada sebutan lain yaitu Elang Andalas atau Elang Sumatera. Ini disebabkan karena di logo yang dipergunakan Sriwijaya FC selalu ada simbol Elang. Simbol tersebut bahkan ada di logo awal hingga logo yang dipergunakan saat ini.

Itulah pengertian wong kito galo yang harus kamu ketahui. Semoga dengan ini, bisa menambah wawasan kamu ya untuk kedepannya.