Arti Afwan dan Ikhwan Adalah

arti afwan dan ikhwan adalah

Mau coba menggunakan bahasa Arab? Aebaiknya tahu arti afwan dan ikhwan dulu ya guys.

Saat ini, masyarakat khususnya netizen kerap kali menggunakan istilah bahasa asing. Tidak hanya bahasa Korea namun juga bahasa Arab. Namun, orang yang belum tahu, bisa salah menggunakan kata-kata Arab nih.

Akibatnya, bisa fatal lho. Nah, daripada harus berhadapan dengan netizen julid maha benar yang membenarkan kata-kata tersebut, cari tahu dulu yuk arti bahasa Arab Afwan dan Ikhwan!

Arti Afwan dan Ikhwan

Pengertian ikhwan sendiri berarti saudara laki-laki (jamak). Dengan kata lain, jika menyebutkan sekelompok pria atau laki-laki dalam jumlah yang banyak, maka disebut dengan kata-kata ikhwan. Sedangkan jika digunakan untuk menyebut saudara laki-laki (tunggal) atau perorangan, menggunakan kata-kata akhi. Jadi, jangan terbalik ya saat menggunakan istilahnya.

Sedangkan kata afwan artinya bisa berarti 2 hal. 1 sebagai kata maaf atau permintaan maaf, sedangkan yang kedua adalah untuk pengganti “sama-sama” atau you’re welcome.

Arti Afwan dalam Bahasa Arab

Afwan memiliki beberapa makna diantaranya:

  • Ziyadah/tambahan misalnya saat menjawab ucapan terima kasih.
  • Tarku/meninggalkan: untuk mengekspresikan jika kita tidak berhak atas ucapan terima kasih yang kita terima.
  • Tholab/menuntut untuk meminta maaf serta memohon kebaikan dari orang yang diajak bicara.
  • Fadhl/keutamaan untuk menunjukkan jika yang kita kerjakan tersebut murni atau sepenuh hati untuk orang tersebut tanpa perlu meminta.
  • Maaf atau untuk memohon maaf.

Afwan Jiddan Artinya Apa?

Tahu tidak, jika kata afwan jiddan ini tidak dikenal di dalam penggunaan bahasa Arab yang benar? Afwan jiddan berasal dari 2 kata yaitu afwan yang berarti maafkan aku dan jiddan artinya adalah sungguh-sungguh. Jadi, pengertian afwan jiddan ini sendiri dipergunakan untuk mengemukakan permintaan maaf yang sungguh-sungguh atau sepenuh hati.

Bagaimana Tulisan Arab dari Afwan?

Dalam bahasa arab, kata afwan, dituliskan dengan عفوا. Jika masdarnya terlepas dari waktu dan juga masanya, penulisan afwan menjadi al afwu atau العفو. Sedangkan jika dilihat dari kata kerjanya, berasal dari ‘afaa (عفا) – ya’fu (يعفو).

Ada beberapa contoh tulisan afwan dalam bahasa Arab nih yang akan membantu untuk memahami kata afwan. Diantaranya adalah

  • عَفْوًا : terima kasih kembali.
  • شُكْرًا! عَفْوًا : terima kasih! Terima kasih kembali.
  • شُكْرًا، يَا اُخْتِيْ! عَفْوًا : terima kasih, wahai saudariku! Terima kasih kembali.
  • شُكْرًا، يَا اَخِيْ! عَفْوًا : terima kasih, wahai saudaraku! Terima kasih kembali.
  • شُكْرًا، يَا مُدَرِّسَتِيْ! عَفْوًا :  terima kasih, wahai guru perempuan ku! Terima kasih kembali.
  • شُكْرًا، يَا مُدَرِّسِيْ! عَفْوًا : terima kasih, wahai guru laki-laki ku! Terima kasih kembali.

Penggunaan Kata Syukron dan Afwan

Apa arti syukron afwan? Kata syukron dan afwan bisa dipergunakan dalam 1 percakapan. Syukron sendiri memiliki arti terima kasih. Sedangkan afwan dapat dipergunakan untuk menjawab karena artinya sama-sama.

Ini karena pada dasarnya nih, afwan bermakna “maaf” yang dipergunakan untuk mengemukakan permintaan maaf atas sesuatu. Namun, kerap dipergunakan juga untuk menjawab pernyataan seseorang yang mengemukakan terima kasih.

Dari penjelasan di atas, kita tahu kalau afwan ini umumnya dipergunakan untuk menunjukkan suatu sikap kerendahan dan keramahan seseorang. Khususnya kala kita mendapatkan ucapan terima kasih. Kan tidak mungkin kita mengabaikan seseorang yang sedang berterima kasih ke kita. Nanti justru dikiranya malah sombong. Iya kan?

Afwan juga bisa dipergunakan untuk menunjukkan kalau pertolongan yang kita berikan itu masih belum seberapa, ya karena yang kita berikan hanya itu. Jadi, kini sudah tahu ya cara menggunakan kata ihwan ataupun afwan dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan sampai kita salah menggunakan perkataan tersebut apalagi saat berbicara dengan orang yang tahu bahasa arab. Wah, bisa-bisa kita sendiri yang malu kalau sampai salah mengucapkannya.