Diantara atau Di Antara

diantara atau di antara - penulisan di antara dipisah atau disambung

Diantara atau di antara, mana tulisan yang benar? Ada kata yang dalam penulisannya membuat banyak orang bingung. Apalagi jika tulisan tersebut dipergunakan untuk forum resmi atau untuk sesuatu hal yang resmi, misalnya undangan. Salah dalam penulisan akan berakibat pada kesalahpahaman bahkan mengurangi nilai formalitas. Alhasil, nilai profesionalitas juga berkurang lho.

Salah satu kata yang kerap kali salah tulis adalah diantara dan di antara. Hampir sama namun, mana penulisan yang tepat? Di antara atau diantara? Simak info berikut.

Apa itu Antara – Pengertian Antara

Baik antara ataupun di antara, memiliki kata dasar antar yang jika diterjemahkan dalam bahasa inggris berarti intern. Antar itu sendiri merupakan kata penghubung. Jadi pada penulisannya harus disatukan dengan kata yang mengikutinya.

Contohnya saja, antarkota, antarprovinsi, antarbus. Namun, jika kata yang mengikuti “antar” tersebut bukanlah kata dasar, maka penulisannya harus disambung. Yaitu dengan kata penghubung (-). Misalnya nih, antar-pemerintah.

Kata antar juga bisa berarti kirim, bawa atau sampai. Kata tersebut bisa digunakan dengan menambahkan awalan atau akhiran ataupun awalan dan akhiran.

Jika merujuk pada KBBI, antara termasuk kata benda yang berarti jarak atau ruang atau sela diantara 2 benda. Selain itu, makna lain dari antara adalah:

  • Waktu yang menyelang 2 saat ataupun peristiwa atau selang atau tidak berapa lama.
  • Ditengah-tengah 2 waktu.
  • Dalam suatu kelompok atau himpunan.
  • Tidak terlalu jauh dari atau dekat dengan.
  • Kurang lebih atau kira-kira atau lebih kurang.

Diantara atau Di Antara

Penulisan di antara dipisah atau disambung ya? Penulisan yang tepat antara “diantara” dan “di antara” adalah dipisah, yaitu di antara. Hal ini disebabkan karena penulisan tersebut merupakan preposisi dan diikuti oleh kata “antara”. Antara sendiri bisa dikatakan sebagai kata yang merujuk pada suatu tempat. Karena merujuk pada kata tempat, maka penulisan “di” sebagai awalan harus dipisah.

Penulisan diantara (yang digabung) yang masih banyak dilakukan oleh banyak orang bisa jadi disebabkan karena pengaruh bahasa asing. Misalnya bahasa inggris yaitu between. Padahal dalam bahasa Inggris itu sendiri untuk penulisan in between juga dipisah lho, bukan disatukan menjadi inbetween.

Masih banyak yang pro dan kontra. Artinya mengikuti penulisan “diantara” yang disambung dengan “di antara” yang dipisah. Jika merujuk pada EYD ataupun KBBI, hingga saat ini belum ada pembahasan yang khusus mengenai cara penulisan “di antara” yang benar. Apakah dipisah atau pun disatukan.

Walaupun begitu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya nih, banyak yang berpendapat jika penulisan yang tepat adalah dengan dipisah yaitu di antara. Di yang merupakan awalan harus dipisah dengan kata tempat. Sedangkan jika digabung, artinya penulisan di- diikuti dengan kata kerja.

Jika kamu masih ragu, coba deh buka kamus besar bahasa Indonesia, yang online saja agar lebih mudah. Kamu bisa ketikkan diantara (penulisannya disatukan). Hasilnya, kamu tidak akan menemukan arti dari kata tersebut.

Sedangkan ketika kamu memasukkan kata “di antara”, kamu akan mendapati hasilnya dalam entry kata “antara”. Makna dari kata tersebut adalah di tengah 2 benda. Benda yang dimaksud ini bisa berarti tempat, batas, orang ataupun yang lainnya.

Penulisan diantaranya dipisah atau disambung

Jawabannya sederhana, penulisan diantaranya harus digabung atau disambung. Hal ini dikarenakan kata “antara” di apit oleh awalan dan akhiran.

Jadi, kamu sudah tahu kan ya mana yang tepat penulisan kata diantara atau di antara. Jika kamu masih bingung, kamu bisa mengecek kalimat utamanya. Apakah itu merujuk tempat atau kata benda. Jika merujuk kata tempat maka penulisannya harus dipisah dengan kata awalan. Namun jika kata benda, maka penulisannya digabung. Semoga informasi ini menambah pengetahuan ya. Hatur Nuhun.