Jelaskan Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Negara Yang Berbhineka

jelaskan mengapa indonesia disebut sebagai negara yang berbhineka

Jelaskan mengapa Indonesia disebut sebagai negara yang berbhineka? Apakah makna bhinneka tunggal ika bagi bangsa Indonesia? Jelaskan makna kebhinekaan bangsa Indonesia!

Makna Bhineka Tunggal Ika Bagi Bangsa Indonesia

Salah satu pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang kini hampir dilupakan orang sebagaimana halnya Pancasila adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bagaimana makna bhinneka tunggal ika itu? Ya, Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara Republik Indonesia yang mengandung makna berbeda-beda tetapi satu jua. Di negara seberang, ungkapan ini disebut juga dengan unity in diversity.

Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika diambil dari Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular yang ditulis pada abad XIV. Ungkapan ini sejatinya ditujukan kepada warga Hindu dan Budha saat itu agar dapat hidup berdampingan secara harmonis dan damai. Karena menurut Mpu Tantular, nilai-nilai yang terkandung dalam kedua ajaran tersebut sejatinya adalah satu. Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia sejatinya telah mampu mengelola perbedaan atau kemajemukan yang ada sejak masa Majapahit.

Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika ini kemudian disepakati oleh para pendiri bangsa sebagai semboyan pemersatu bangsa mengingat Indonesia memiliki keberagaman suku, ras, agama dan kepercayaan, dan antargolongan. Harapannya, setiap warga negara Indonesia dimanapun berada dapat hidup berdampingan dengan damai tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada. Dan menjadikan perbedaan tersebut sebagai modal dasar yang utama dalam membangun Indonesia.

Keberagaman Yang Ada Di Indonesia

Keberagaman yang dimiliki Indonesia tidaklah terjadi dengan tiba-tiba melainkan melalui proses yang sangat panjang dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti letak geografis, kondisi alam, sikap masyarakat terhadap perubahan, dan kondisi transportasi dan komunikasi. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan terjadinya keberagaman. Adapun keberagaman yang dimiliki Indonesia meliputi keberagaman suku bangsa, ras, agama dan kepercayaan, serta antargolongan.

  1. Suku bangsa

Banyaknya jumlah suku bangsa di Indonesia yang mencapai lebih dari 1000 suku bangsa menjadi bukti keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Masing-masing suku bangsa memiliki karakteristik sendiri. Perbedaan karakteristik inilah yang membentuk keberagaman Indonesia.

  1. Ras

Selain suku bangsa, ras juga merupakan pembentuk keberagaman Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di Indonesia terdapat berbagai macam ras seperti ras Melanesoid, Malayan Mongoloid, Asiatic Mongoloid, dan Kaukasoid. Hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri fisik yang dimiliki seperti warna kulit, bentuk mata, bentuk rambut, warna rambut bentuk muka, ukuran badan, dan lain-lain.  Beragamnya ras yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh letak geografis, bangsa asing yang datang ke Indonesia, serta jejak penyebaran ras di seluruh dunia.

  1. Agama dan kepercayaan

Sejak di sekolah dasar, kita diajarkan bahwa di Indonesia terdapat berbagai macam agama. Sebelum era reformasi bergulir, hanya ada lima agama yang diakui di Indonesia yaitu Islam, Hindu, Budha, Kristen dan Katholik. Namun, setelah Orde Baru tumbang, agama Kong Hu Chu akhirnya diakui dan diterima sebagai salah satu agama di Indonesia. Belakangan, penghayat kepercayaan juga diakui dan diterima di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia juga sangat majemuk dalam hal agama dan kepercayaan. Dan perbedaan ini hendaknya disikapi dengan bijak dengan mengakui dan menerima adanya perbedaan, tidak menghina agama dan kepercayaan orang lain, bersikap toleran dan menghindari fanatisme yang berlebihan.

  1. Antargolongan

Terakhir adalah perbedaan dalam hal golongan-golongan yang ada dalam masyarakat. Perbedaan ini terkait dengan stratifikasi sosial dan kesatuan sosial. Stratifikasi sosial mengacu pada penggolongan masyarakat ke dalam berbagai macam kelas sosial secara bertingkat. Sedangkan, kesatuan sosial mengacu pada penggolongan masyarakat ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan. Sebagaimana halnya perbedaan SARA, penggolongan masyarakat ini hendaknya tidak menjadi alasan bagi siapapun untuk menjadikannya sebagai masalah. Melainkan sebagai dasar yang kuat untuk mewujudkan oersatuan dan kesatuan bangsa.

Berbagai bentuk keberagaman di atas menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang berbhinneka. Nah itulah jawaban dan alasan mengapa Indonesia disebut sebagai negara yang berbhineka. Semoga bisa membantu kalian dalam menjelaskan pengertian kebhinekaan di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan ya!