Konsep Waktu Dalam Sejarah

konsep waktu dalam sejarah

Apa itu konsep waktu dalam sejarah? Berikut penjelasan singkat tentang kegunaan konsep waktu dan mengapa konsep waktu penting dalam sejarah.

Konsep Waktu Dalam Sejarah 

Seperti yang kita ketahui bersama, sejarah merupakan suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi di masa lampau. Atau istilah keren yang akrab didengar telinga anak muda zaman sekarang dikenal sebagai masa lalu. Masa lalu atau sejarah tidak terpisahkan dari yang namanya waktu. Terdapat beberapa jenis konsep waktu yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Melalui artikel ini mari bersama kita berpetualang untuk mengetahui apa saja konsep-konsep waktu yang terdapat di dalam sejarah. 

4 Konsep Waktu Dalam Sejarah dan Contohnya

  1. Perkembangan

Perkembangan masyarakat terus terjadi seiring dengan perubahan zaman. Hal ini terjadi dengan tujuan untuk memperbaharui segala sesuatu yang dianggap sudah tidak efisien lagi dan mengevaluasi segala macam hal yang masih dianggap perlu untuk dipertahankan. Secara umum, arti perkembangan adalah eskalasi perubahan bentuk yang semula bersifat sederhana menjadi kompleks. Contohnya perkembangan seperti pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, Indonesia berada di Era Orde Baru sedangkan sekarang, Indonesia telah memasuki Era Reformasi.

  1. Kesinambungan

Kesinambungan adalah sesuatu yang sifatnya masih menerapkan sebagian aturan lama di masa lalu. Dimana pada masa kini masyarakat masih mengadopsi nilai-nilai masa lampau yang mereka rasa masih relevan untuk digunakan di zaman modern ini. Contohnya, rakyat Indonesia masih menjunjung tinggi etika jam malam. Yang mana etika ini membatasi pukul 21.00 wib adalah batas jam bertamu. Etika ini dulunya adalah jenis etika lama yang masih dipertahankan karena mampu untuk mendisiplinkan orang-orang yang tinggal di dalam rumah.

  1. Pengulangan

Konsep sejarah ini sifatnya ialah mengulang kembali sejarah masa lampau di masa kini, atau istilah lain yang kita kenal dengan gagal move on. Sehingga muncul kalimat lelucon yang sering kita dengar “Masa Lalu Kini Terulang Kembali”. Contoh dari konsep ini, bisa kita lihat dari kisah jatuhnya masa pemerintahan Presiden Soekarno yang diakibatkan oleh demonstrasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. Kejadian serupapun dialami saat lengsernya Presiden Soeharto akibat demonstrasi yang juga dilakukan oleh para mahasiswa, yang dikenal dengan istilah tragedi Trisakti.

  1. Perubahan

Konsep sejarah yang satu ini sifatnya universal, dimana terjadi perubahan secara besar-besaran dalam masyarakat, pada waktu yang relatif singkat, konsep sejarah ini dipengaruhi oleh kondisi dari luar. Contohnya seperti, akibat Virus Corona (COVID-19) yang tengah melanda dunia dalam waktu yang singkat, rakyat Indonesia kini memiliki budaya cuci tangan & menjaga kebersihan dengan disiplin. Virus Corona sendiri berasal dari Wuhan, China, yang muncul pada bulan Desember 2019. 

Kegunaan Konsep Waktu Dalam Sejarah

Sejarah tidak bisa dipisahkan dari waktu. Adapun kata sejarah diambil dari Bahasa Arab. Syajara yang memiliki arti “terjadi” dan juga  Syajaratun yang artinya adalah “pohon kayu yang tumbuh dan berkembang. Konsep-konsep dalam sejarah perlu untuk dipelajari agar kita bisa memiliki pengetahuan yang benar dalam sejarah. Karena sejarah adalah kejadian yang terjadi di masa lampau, membuat sejarah memiliki sifat abu-abu atau sifat yang tidak menentu. Sejarah bisa menjadi hitam atau putih tergantung dari banyaknya fakta masa lalu yang mendukungnya.

Keempat konsep dalam sejarah yang telah kita pelajari dan pahami bersama tadi akan membantu kita dalam memahami persitiwa-peristiwa sejarah yang pernah terjadi. Tidak semua sejarah dicatat atau dibukukan, malah sebagian ada yang hanya disampaikan dari mulut ke mulut. Situasi semacam inilah yang sangat berbahaya apabila sejarah putih diubah menjadi sejarah hitam. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan konsep ruang dan waktu dalam sejarah ya.