Mengapa Bali Bisa Terkenal

mengapa bali bisa terkenal

Mengapa bali bisa terkenal? Kenapa bali lebih dikenal daripada Indonesia? Apa yang membuat bali terkenal? Bagaimana bali bisa terkenal?

Bali Lebih Dikenal Daripada Indonesia

Bali merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Selama ini banyak sekali orang, terutama orang asing yang menganggap Bali bukanlah bagian dari negara Indonesia. Penyebabnya karena Bali lebih dikenal dibandingkan dengan Indonesia. Banyak pula yang menganggap jika Bali merupakan sebuah negara yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya.

Daya Tarik Bali Bagi Wisatawan

Bali mempunyai luas wilayah sebesar 5.633 km2 dan terdiri dari delapan kabupaten dan satu kota. Ibu kota Provinsi Bali adalah Kota Denpasar yang merupakan satu-satunya daerah dengan status kota. Jumlah penduduk Provinsi Bali mencapai 4.230.051 jiwa pada tahun 2017.

Provinsi Bali mempunyai kekayaan alam, selain itu masyarakatnya masih sangat menjunjung adat istiadat, ritual keagamaan, serta kearifan lokal. Hal tersebut membuat Bali menjadi suatu daerah di Indonesia yang memiliki karakteristik yang unik dan khas dibanding dengan daerah lain. Kekayaan alam, budaya, adat, dan kearifan lokal yang dipunya Bali menyebabkan masyarakat penasaran serta tertarik untuk berkunjung. Terlebih, Bali menawarkan ketentraman dan kenyamanan yang jarang sekali dimiliki oleh daerah lain di Indonesia.

Mengapa Bali Menjadi Tujuan Utama Wisatawan

Ketertarikan masyarakat dan rasa penasaran menyebabkan tingkat kunjungan masyarakat dari daerah lain menjadi tinggi. Kemudian, menyebabkan kegiatan pariwisata di Bali bertumbuh terus-menerus. Tanpa perlu membuat sebuah objek daya tarik wisata atau destinasi wisata, Bali telah memilikinya, dan jumlahnya tidak sedikit. Pemerintah Provinsi Bali pun semakin sadar akan tingginya kunjungan masyarakat ke Bali. Maka pemerintah Provinsi Bali menggarap serius sektor pariwisata Bali. Pengembangan terus dilakukan agar pariwisata Bali semakin maju. Hasilnya adalah Bali menjadi destinasi utama dan memiliki jumlah pengunjung tertinggi di Indonesia.

Mengapa Bali Bisa Terkenal Cepat

Pesatnya pengembangan pariwisata Bali, ditambah makin tingginya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, menyebabkan Bali semakin dikenal oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Pamor Bali serta keindahan Bali banyak diceritakan oleh orang-orang yang pernah berkunjung ke Bali. Hal ini menimbulkan dampak berganda yang signifikan. Orang-orang yang belum pernah berkunjung ke Bali akhirnya ingin mengunjungi Bali. Semakin tinggi wisatawan yang datang ke Bali, semakin banyak cerita tentang pengalaman di Bali yang dibagikan. Maka semakin banyak pula orang yang tertarik ingin berkunjung ke Bali.

Bali Dimata Dunia Internasional

Di sisi lain, pemerintah Bali juga fokus pada pengembangan branding dari Provinsi Bali. Bali dicitrakan sebagai daerah di Indonesia yang sangat indah. Kearifan lokal dijunjung tinggi di Bali. Banyak ritual atau upacara yang diselenggarakan di Bali. Banyak tarian atau atraksi kebudayaan yang dimiliki Bali. Citra-citra yang coba disebarluaskan oleh pemerintah Provinsi Bali telah mampu membawa Bali pada ketenaran hingga wilayah mancanegara. Sampai saat ini hampir dipastikan jika nyaris masyarakat diseluruh penjuru dunia telah mengenal Bali, meskipun belum pernah berkunjung ke Bali.

Andil pemerintah Indonesia terhadap ketenaran Bali juga cukup besar. Selama ini, pemerintah Indonesia sangat sering melakukan kegiatan kenegaraan, baik kegiatan kenegaraan yang hanya melibatkan Indonesia maupun kegiatan kenegaraan yang melibatkan negara-negara lain. Salah satu yang masih hangat diingatan adalah kerjasama ekonomi IMF-World Bank Meeting 2018.

Acara tersebut merupakan acara yang sangat besar, bergengsi, dan dihadiri oleh orang-orang penting dunia. Pemerintah Indonesia sengaja menyelenggarakan kegiatan tersebut di Bali karena ingin lebih mengenalkan Bali kepada dunia. Lokasi kegiatan di Bali menyebabkan para peserta dapat menikmati secara langsung keindahan dan eksotisme Bali. Bagi orang-orang yang belum pernah berkunjung ke Bali, maka akan mendapatkan sensasi pertamanya. Efek yang diharapkan adalah semakin terkenalnya Bali di kancah dunia.

Nah itulah jawaban dan alasan kenapa Bali bisa terkenal. Semoga kamu semakin paham akan sejarah Bali bisa terkenal ya!