Mengapa Bali Disebut Pulau Dewata

mengapa bali disebut pulau dewata

Mengapa bali disebut pulau dewata dan pulau seribu pura? Julukan pulau dewata untuk provinsi apa? Bali disebut pulau dewata karena apa?

Deskripsi Pulau Dewata Bali

Provinsi Bali merupakan provinsi yang berada di pulau tersendiri, terpisah dari wilayah lainnya. Penduduknya kebanyakan memeluk agama Hindu yang telah mengakar kuat di provinsi tersebut. Sekitar lebih dari 84% dari total penduduk Provinsi Bali menganut agama Hindu.

Agama Hindu yang berkembang di Bali sedikit berbeda dengan agama Hindu yang ada di India. Di karenakan adanya akulturasi atau percampuran budaya dengan budaya asli Indonesia. Meski demikian, seiring dengan berjalannya waktu, agama Hindu juga turut mempengaruhi kebudayaan yang ada di Bali. Banyak kegiatan budaya, kearifan lokal, tata bangunan, dan aspek kehidupan lainnya yang diadopsi dari nilai-nilai agama Hindu.

Mengapa Bali Disebut Pulau Dewata

Provinsi Bali atau Pulau Bali memiliki berbagai nama atau julukan yang diberikan oleh para pengunjung maupun masyarakatnya sendiri. Ini merupakan imbas dari terkenalnya Bali sebagai daerah wisata. Julukan yang diberikan pada akhirnya dijadikan sebagai branding atau citra sekaligus oleh Pemerintah Provinsi Bali. Branding atau citra Bali bertujuan untuk lebih mengenalkan Bali kepada khalayak lebih luas lagi.

Julukan yang tidak asing didengar dari Bali adalah Bali sebagai Pulau Dewata. Banyak orang Indonesia yang memberikan cap tersebut kepada Bali. Tidak jarang mereka lebih senang menyebut dengan nama Pulau Dewata dibanding dengan Pulau Bali. Terlebih pada postingan-postingan cerita di media massa. Lagi-lagi, tujuannya untuk memberikan citra kepada Bali bahwa Bali merupakan wilayah sakral dan memiliki kepercayaan terhadap dewa-dewa.

Alasan Bali Disebut Pulau Dewata

Penyebab Bali dijuluki dengan Pulau Dewata ialah karena jumlah penduduk Bali yang mayoritas beragama Hindu. Dalam ajaran agama Hindu, Tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa dimanifestasikan dalam diri para dewa. Dewa adalah makhluk yang suci karena menjadi perpanjangan dari tangan Tuhan. Dewa memiliki tugasnya masing-masing dan menjadi penguasa pada ranah tertentu, sehingga ajaran agama Hindu mengenal banyak dewa.

Dewata sendiri berarti lebih dari satu dewa atau para dewa. Dewata merupakan kata yang bisa merujuk pada laki-laki atau perempuan. Artinya, dewata tidak hanya menyangkut para dewa, tetapi juga para dewi. Dalam agama Hindu memang bukan hanya mengenal para dewa yang berjenis kelamin laki-laki, namun banyak pula dewi yang menjaga setiap unsur kehidupan manusia.

Mengapa Bali disebut Pulau Seribu Pura

Mengapa pulau bali disebut sebagai pulau seribu pura? Hal ini dikarenakan mayoritas pemeluk agama di Bali adalah Hindu, maka kita akan banyak sekali menemukan tempat peribadatan mereka yaitu pura. Seribu pura bukan berarti puranya ada 1000 buah saja, namun lebih ke arah banyak sekali jumlah yang bisa kita lihat.

Nama Nama Dewa Bali

Dewa dan dewi sebagai penguasa di ranah atau unsur tertentu turut mengatur apa-apa yang ada di dalam ranah atau unsur tersebut. Misalnya saja, dalam ajaran Hindu dikenal beberapa dewa seperti Dewa Agni, Dewa Bayu, dan Dewa Baruna. Ketiga dewa tersebut menguasai unsur alam, seperti api, air, angin. Maka ketiga dewa juga mengatur unsur alam yang ada di bumi.

Selain itu ada pula yang dikenal dengan Dewata Nawa Sanga. Mempunyai pengertian para dewa yang menguasai sembilan penjuru mata angin. Sembilan dewa dalam Dewata Nawa Sanga yakni:

  1. Dewa Wisnu penguasa utara, merupakan dewa pemelihara.
  2. Sambhu penguasa timur laut
  3. Dewa Iswara penguasa timur
  4. Dewa Maheswara penguasa tenggara
  5. Brahma penguasa selatan, merupakan dewa pencipta
  6. Dewa Rudra penguasa barat daya
  7. Mahadewa penguasa barat
  8. Dewa Sangkara penguasa barat laut
  9. Dewa Siwa penguasa tengah, merupakan dewa pelebur

Nama Dewi Di Bali

Adapun beberapa dewi yang terdapat dalam agama Hindu, antara lain:

  1. Dewi Sri merupakan dewi padi atau dewi pangan
  2. Saraswati merupakan dewi pengetahuan
  3. Dewi Laksmi merupakan dewi kemakmuran, dewi kesuburan
  4. Dewi Dhurga merupakan dewi pelebur

Nah itulah jawaban dan alasan kenapa bali disebut dengan pulau dewata dan pulau seribu pura. Semoga kalian pembaca mengapa.net bisa sedikit mengerti akan sejarah pulau Bali ya!