Mengapa Bali Menjadi Destinasi Wisata Mancanegara Yang Terkenal

mengapa bali menjadi destinasi wisata mancanegara yang terkenal

Mengapa bali menjadi destinasi wisata mancanegara yang terkenal? Mengapa pulau bali lebih dikenal dunia dan beri penjelasannya! Bagaimana bali dimata dunia internasional?

Mengapa Bali Menjadi Tujuan Wisata Favorit

Objek destinasi wisata merupakan salah satu tujuan atau lokasi yang dapat memberikan sesuatu yang baru sehingga menarik untuk dikunjungi. Di Bali, banyak sekali ditemui objek daya tarik wisata, mulai dari objek daya tarik wisata alam hingga budaya dan keagamaan. Destinasi wisata yang berlimpah membuat Bali banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan, terutama turis mancanegara.

Mengapa Bali Menjadi Destinasi Wisata Mancanegara

Sejak tahun 1900an, Bali sudah dikenal sebagai destinasi wisata dikalangan orang-orang asing. Masa penjajahan semakin membuat Bali terkenal karena banyak para penjajah yang menikmati keindahan Bali dan selalu berkunjung kembali ke Bali. Berdasarkan data yang dihimpun dari laman Kata Data, rata-rata kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali bisa lebih dari satu juta wisatawan mancanegara.

Apabila dilihat dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan yang cukup tinggi dalam kunjungan wisatawan mancanegara. Meskipun secara pertumbuhan mengalami fluktuasi. Tahun 2017 merupakan tahun terbaik karena jumlah kunjungan wisatawan mancanegara menyentuh angka lebih dari lima juta jiwa. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sejak tahun 1982. Sedangkan angkat pertumbuhan jumlah wisatawan mancanegara tertinggi diraih pada tahun 2004, yakni naik 48,23% dari tahun sebelumnya. Berikut ini merupakan tabel data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan pertumbuhan jumlah kunjungaan wisatawan mancanegara dari tahun 2010 hingga 2008 melansir dari laman Kata Data.

Pertumbuhan Pariwisata Bali

Tahun Jumlah Wisatawan

(dalam juta)

Pertumbuhan

(%)

2010 2.6 8.01
2011 2.8 9.73
2012 2.9 4.34
2013 3.3 11.16
2014 3.8 14.89
2015 4 6.24
2016 4.9 23.14
2017 5.7 15.62
2018 4.1 2.15

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, bahwa Bali sudah sejak lama terkenal di kalangan orang mancanegara, yakni para penjajah yang mendiami Indonesia. Hal tersebut kemudian menyuburkan kunjungan wisatawan mancanegara di Bali. Orang-orang yang pernah berkunjung ke Bali selalu ingin kembali ke Bali.

Pendapat Orang Luar Negeri Tentang Bali

Kebudayaan dan adat istiadat yang masih dianut kuat oleh masyarakat Bali menjadi salah satu faktor yang menyebabkan turis mancanegara selalu membanjiri Bali. Bagi orang mancanegara, budaya, tradisi, dan kearifan lokal merupakan sesuatu yang dicari karena di negara asal mereka hal tersebut sangat sulit ditemui.

Para turis mancanegara selalu takjub dengan kearifan lokal yang dibawakan oleh masyarakat Bali, baik untuk pertunjukan maupun di kehidupan sehari-hari. Sebab, pada kegiatan sehari-hari, masyarakat Bali juga sangat menjunjung tinggi budaya, adat, dan norma yang berlaku. Artinya, tidak hanya destinasi wisatanya saja yang menarik untuk dinikmati, melainkan juga cara hidup sehari-hari masyarakat Bali turut ambil bagian atas tingginya kunjungan wisatawan mancanegara.

Lebih jauh lagi, kondisi geografis Bali yang masuk dalam wilayah Indonesia, menjadikan Bali memiliki karakteristik iklim tropis. Iklim tropis merupakan salah satu jenis iklim di mana sinar matahari sepanjang tahun selalu menyinari wilayah. Beberapa turis mencanegara memanfaatkan hal ini untuk menikmati cuaca yang hangat. Terlebih ketika di negara mereka sedang mengalami musim dingin atau musim gugur.

Mengapa Bali Menjadi Destinasi Wisata Mancanegara Yang Terkenal

Perbaduan antara kondisi iklim, kondisi alam, dan kondisi sosial budaya di Bali memunculkan pariwisata paket lengkap. Wisatawan tidak perlu keluar dari Bali untuk menikmati segala macam wisata. Jumlah objek daya tarik wisatanya pun menjadi beragam, sehingga seluruh pangsa pasar dapat terserap oleh pariwisata Bali. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak pengunjung dari luar negeri yang ingin menghabiskan wisata di Bali. Sebab dengan biaya yang cukup terjangkau, mereka tetap bisa menikmati atmosfir Indonesia, mulai dari iklim, alam, dan budayanya.

Nah itulah jawaban dan alasan Bali menjadi tujuan wisata / kenapa Bali menjadi tujuan wisata dunia. Semoga kamu semakin paham mengapa Bali menjadi tujuan utama wisatawan ya!