Mengapa Bangsa Indonesia Masih Harus Berjuang Lagi Mempertahankan Kemerdekaannya

mengapa bangsa indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya

Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya? Mengapa rakyat Indonesia harus mempertahankan kemerdekaannya setelah proklamasi kemerdekaan?

Apa Pentingnya Mempertahankan Kemerdekaan

Era kolonialisme dan imperialisme sudah berakhir di abad keduapuluh. Setelah Perang Dunia Kedua berakhir, satu per satu negara yang ada di seluruh dunia mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan negara barat. Contohnya seperti Vietnam yang dijajah Perancis, Malaysia yang dijajah Inggris dan negara kita Indonesia yang dijajah Belanda.

Tapi bukan berarti bangsa Indonesia bisa santai dan tenang. Karena kita memasuki era baru yang bernama neokolonialisme dan neoimperialisme. Sebuah globalisasi model baru yang sedikit berbeda dengan kolonialisme. Neokolonialisme adalah kondisi penjajahan yang tidak langsung, yang secara tidak langsung jika kita tidak bisa bertahan maka negara ini akan hancur secara perlahan-lahan.

Lalu siapa sajakah yang wajib mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jawabannya tentu saja seluruh rakyat Indonesia. Kita punya kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara ini. Lalu apa sajakah yang dibutuhkan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Hal yang paling dibutuhkan adalah rasa kepedulian dan sikap berjuang untuk membawa Indonesia ke level selanjutnya.

Alasan Mengapa Bangsa Indonesia Masih Harus Berjuang Lagi Mempertahankan Kemerdekaannya

Berikut adalah lima alasan kenapa banga Indonesia masih harus mempertahankan kemerdekaannya.

  1. Ancaman neokolonialisme dan neoimperialisme

Ancaman baru ini bernama neokolonialisme dan neoimperialisme. Neokolonialisme dan neoimperialisme adalah kondisi dimana penjajah melakukan aksinya secara tidak langsung. Sehingga rakyat biasa hanya berpikir bahwa semua kebijakan adalah murni kebijakan pemerintah.

Tapi aslinya pemerintah membuat kebijakan seperti itu karena sesuai keinginan asing atau permintaan penjajah. Sehingga bisa dibilang neokolonialisme dan neoimperalisme adalah cara untuk menjajah bangsa tanpa disadari bangsa tersebut. Kondisi ini masuk akal jika kondisi dunia dan perkembangan iptek jika sudah canggih seperti sekarang. Mau tidak mau kita harus bertahan dan berjuang agar ancaman ini menjauh dari Indonesia.

  1. Kondisi politik internasional yang tidak menentu

Kondisi politik internasional cenderung tidak stabil. Ketika kita membaca koran, tiba-tiba saja ada kabar di suatu negara dimana penduduknya melakukan kudeta, ada pula yang tengah perang saudara seperti di Suriah, ada pula yang tiba-tiba melakukan uji coba rudal seperti Korea Utara dan ada juga yang tiba-tiba ketegangan politik antar negara yang memanas.

Kita tidak pernah tahu apakah konflik-konflik tersebut bisa berubah menjadi lebih parah atau mendingin. Yang perlu kita lakukan adalah mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Siapa tahu Indonesia nanti menjadi medan perang.

  1. Posisi Indonesia yang strategis

Posisi Indonesia yang strategis menjadi incaran banyak kepentingan bangsa lain. Secara regional, Indonesia adalah jalan dari dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik serta jalan dari dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Secara politik internasional, Indonesia berada di dua blok besar.

Yang pertama bloknya Amerika Serikat yaitu Inggris, Malaysia, Singapura dan Australia. Yang kedua bloknya Rusia yaitu Cina yang sekarang kita rasakan pengaruhnya.

Posisi yang strategis ini membuat negara lain ingin mendapatkan kekuasaan Indonesia baik secara langsung ataupun tidak langsung. Mau tidak mau kita harus waspada dan berjuang mempertahankannya jika tidak ingin kembali dijajah.

  1. Menjauhi gempuran budaya asing

Penjajahan tidak hanya sumber daya alam dan sumber daya manusia tapi juga penjajahan budaya. Di era globalisasi ini, informasi tentang budaya asing cukup mudah masuk melalui internet. Budaya asing seperti budaya barat mengubah cara berpikir warga Indonesia. Khususnya remaja yang masih mencari jati diri.

Mereka menganggap budaya barat adalah kesenangan, sesuai trend atau kekinian dan layak untuk ditiru. Sedangkan budaya Indonesia dipandang sebagai budaya yang ketinggalan zaman sehingga mulai ditinggalkan. Penjajahan budaya seperti ini tentu menyedihkan. Para generasi muda tidak merasa bahwa pikiran mereka sudah terjajah dan malah membenarkan budaya asing yang menjajah budaya Indonesia.

  1. Menghindari gempuran ideologi menyimpang

Sekali lagi ditegaskan bahwa penjajahan tidak hanya sumber daya alam dan sumber daya manusia saja tapi juga penjajahan akan ideologi menyimpang. Kita ambil contoh salah satu cabang ideologi liberal yaitu LGBT. Seperti yang kita tahu, LGBT adalah perilaku yang menyimpang dari ajaran agama, norma sosial dan biologis. Sekarang para penganut LGBT mulai gencar melakukan sosialisasi berbahaya supaya LGBT dianggap hal yang biasa oleh masyarakat pada umumnya.

Nah itulah penjelasan singkat mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya. Semoga bermanfaat bagi pembaca mengapa.net