Mengapa Bangsa Indonesia Menyambut Gembira Kedatangan Jepang

mengapa bangsa indonesia menyambut gembira kedatangan jepang

Mengapa bangsa Indonesia menyambut gembira kedatangan Jepang? Mengapa pada awalnya Jepang diterima baik oleh rakyat indonesia? Jelaskan alasan kedatangan Jepang disambut gembira oleh rakyat Indonesia!

Alasan Mengapa Bangsa Indonesia Menyambut Gembira Kedatangan Jepang

Jepang datang ke Indonesia pada saat Indonesia sedang dijajah oleh negara Belanda. Indonesia gembira pada saat itu dengan kedatangan Jepang. Jepang dianggap akan membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu jajahan bangsa Belanda. Indonesia awalnya meyakini kedatangan Jepang sebagai sebuah titik terang kemerdekaan Indonesia. Dilihat dari semboyan negara Jepang yaitu 3A. Jepang sebagai cahaya asia, Jepang sebagai pemimpin asia dan Jepang sebagai pelindung asia.

Dari semboyan tersebut dinilai bahawa Jepang akan melindungi sesama rekan Asianya yang sedang mengalami masa penjajahan. Selain itu, Jepang juga mengatakan bahwa mereka adalah saudara tua dari Indonesia dan hendak membuat Indonesia merdeka, hal itu juga membuat Indonesia percaya. Alasan lain yang membuat Indonesia gembira pada kedatangan Jepang adalah Indonesia diyakini sebagai bangsa yang lemah pada saat itu, sedangkan Jepang merupakan negara yang kuat.

Pada awal kedatangannya, Jepang bersikap baik dan ramah kepada bangsa Indonesia sebab pemimpin pergerakan pada masa itu membuat keputusan untuk bekerja sama dengan Jepang untuk tujuan Indonesia mencapai cita-citanya.

Jepang memberikan janji-janji kepada rakyat Indonesia, dan menarik simpati bangsa Indonesia dan menerima Jepang dengan penuh kegembiraan. Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada negara lain di Asia selain Indonesia, dengan memberikan beberapa slogan-slogannya, contohnya seperti “India untuk orang India, Birma untuk orang Birma dan Indonesia untuk orang Indonesia”.

Tidak sampai disitu, Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia dengan menyebutkan “Indonesia shorai dokuritsu” dan memberikan izin bendera Indonesia dikibarkan. Selain itu, siaran Tokyo yang sering memutarkan lagu kebangsaan negara Indonesia dan mengizinkan Indonesia menggunakan bahasanya dan membuat bahasa Indonesia berkembang pesat pada saat itu.

Terkuaknya Latar Belakang Jepang Masuk Ke Indonesia

Namun, pada tanggal 8 maret 1942 Jepang berhasil menyerang markas-markas Belanda di Pulau Jawa dan Sumatera, dan pihak Belanda memutuskan untuk menyerah tanpa syarat kepada pemimpin tentara Jepang. Indonesia menganggap bahwa itu adalah awal terbebasnya Indonesia dari bangsa penjajahan. Tetapi, pada saat proses penyerahan tanpa syarat itu ditandai dengan persetujuan perjanjian kalijati yang diadakan di Subang, Jawa Barat. Isi persetujuan tersebut menyebutkan bahwa penyerahan hak atas tanah yang dijajah oleh Belanda di Indonesia keapda pemerintahan negara Jepang. Jika dilihat dari perjanjian tersebut dapat disimpulkan bahwa kekuasaan Indonesia justru jatuh ke tangan Jepang.

Hal tersebut kenyataanya membuat negara Jepang tidak jauh berbeda dengan negara imperalis lainnya yaitu Jerman dan Italia. Ternyata terkuaklah bahwa alasan kedatangan Jepang di Indonesia / latar belakang kedatangan Jepang di Indonesia adalah untuk menanamkan kekuasaannya ke Indonesia dan menjajah Indonesia.

Alasan Jepang Menjajah Indonesia

Selain itu, Jepang menargetkan Indonesia sebagai pilihan untuk menjajahnya, karena Indonesia kaya akan sumber daya alam seperti bahan-bahan mentah yaitu minyak bumi dan pertanian. Indonesia telah dikenal sebagai bangsa maritim pada masa itu, oleh karenanya hasil pertanian bangsa Indonesia juga dibutuhkan oleh tentara Jepang dalam peperangan. Dengan memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang banyak, membuat Jepang dapat menguasai daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Keadaan Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang

Jatuhnya kekuasaan Belanda ke tangan Jepang membuat bangsa Indonesia jauh lebih terpuruk dan sengsara. Sumber-sumber ekonomi yang menjadi mata pencaharian masyarakat Indonesia dijaga ketat oleh tentara Jepang. Tentara Jepang menjadikan sumber daya alam manusia sebagai kepentingan mereka untuk berperang. Berikut adalah kekejaman tentara Jepang yang dilakukan di Indonesia:

  1. Pemuda di Indonesia dipaksa dan ditangkap untuk bekerja paksa tanpa diberi makan dan upah. Pekerjaan tersebut dikenal sebagai romusha.
  2. Para pekerja di lahan pertanian diawasi, dan kemudian hasil dari pertanian tersebut diserahkan kepada tentara Jepang.

Itulah penjelasan singkat tentang mengapa kedatangan Jepang pada awalnya disambut dengan rasa senang oleh rakyat Indonesia. Nah semoga kalian bisa menjelaskan mengapa bangsa Indonesia menyambut gembira kedatangan Jepang / menjelaskan mengapa bangsa indonesia menyambut kedatangan bangsa jepang dengan penuh sukacita ya!