Mengapa Beriman Kepada Malaikat Allah Dapat Mendorong Kita Gemar Bersedekah

mengapa beriman kepada malaikat allah dapat mendorong kita gemar bersedekah

Mengapa beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita gemar bersedekah? Apa alasan beriman kepada malaikat mendorong kita berbuat baik?

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

Sebagai orang yang beragama Islam, maka mempercayai adanya malaikat adalah suatu hal yang wajib. Beriman kepada malaikat dapat mendorong seseorang lebih taat kepada Allah. Selain itu, beriman kepada malaikat Allah SWT dapat memotivasi kita untuk selalu beramal saleh. Hal ini sudah menjadi hakikat manusia yang mana lingkungan akan mempengaruhi hidupnya

Ibarat penjual minyak wangi dan pandai besi. Apabila berteman dengan penjual minyak wangi, kita akan mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, kita akan mendapatkan bau asapnya yang tak enak. Begitu pula analoginya dengan mengimani malaikat, yang mana malaikat selalu berbuat baik dan taat kepada perintah Allah.

Bahkan Tuhan menyatakan bahwa beriman kepada malaikat akan mendorong kita untuk bersedekah. Sebelum membahas hal tersebut maka simak terlebih dahulu beberapa tugas malaikat.

Nama Malaikat Dan Tugasnya

Nama malaikat dan tugasnya masing masing secara singkat yaitu :

  1. Malaikat Jibril

Malaikat jibril adalah malaikat yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada para rasul-rasul Allah. Bukan hanya itu saja, malaikat jibril juga bertugas untuk meniupkan ruh pada setiap janin yang ada di dalam kandungan sang ibu. Artinya, bahwa pada saat kita di dalam kandungan, malaikat Jibril sudah meniupkan ruh atas izin Tuhan.

  1. Malaikat Mikail

Malaikat mikail adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk memberikan rizki kepada para makhluk Allah lainnya yang ada di dunia. Selain itu ,tugas dari malaikat mikail juga untuk mengatur hujan, tanaman serta air. Artinya bahwa rizki yang kita terima dari Allah melalui malaikat mikail. Dan hujan yang turun dari Allah adalah tugas yang dilakukan oleh malaikat mikail.

  1. Malaikat Israfil

Isrofil d tugaskan oleh Allah untuk meniup sangsakala di hari kiamat kelak.

  1. Malaikat Izrail

Setiap ruh yang ada pada makhluk hidup akan ada waktunya ruh tersebut di ambil oleh allah. Tugas dari malaikat izroil adalah untuk mencabut nyawa para makhluk hidup yang ada di bumi.

  1. Malaikat Munkar

Mungkar adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk menanyakan orang yang sudah mati di dalam kubur.

  1. Malaikat Nakir

Malaikat nakir sama dengan munkar yakni bertugas untuk menanyai orang mati di dalam kubur. Amal dan perbuatan Anda akan dipertanyakan oleh kedua malaikat.

  1. Malaikat Raqib

Raqib ditugaskan oleh Allah untuk mencatat segala perbuatan baik manusia di bumi.

  1. Malaikat Atid

Atid adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk mencatat amal buruk di masa hidupnya. Segala hal yang buruk yang Anda lakukan setiap hari akan dicatat oleh malaikat atid.

  1. Malaikat Malik

Malik adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk menjaga pintu neraka.

  1. Malaikat Ridwan

Malaikat ridwan adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk menjaga pintu surga.

Mengapa Beriman Kepada Malaikat Allah Dapat Mendorong Kita Gemar Bersedekah

Sebenarnya masih banyak malaikat yang ditugaskan oleh Allah namun hanya beberapa malaikat saja yang wajib untuk diketahui. Beriman kepada malaikat Allah akan mendorong Anda untuk melakukan sedekah kepada sesama.

Hal ini karena salah satu tugas malaikat adalah untuk memberi rizki kepada makhluk hidup, maka dari itu kita di wajibkan untuk bersedekah kepada orang yang kurang mampu. Makna dari sedekah sangatlah luas bukan hanya untuk kebaikan diri sendiri tetapi juga untuk kebaikan banyak orang.

Orang yang senang bersedekah akan terhindar dari segala marabahaya. Selain itu, bersedekah adalah salah satu bentuk kita dalam mensyukuri nikmat Tuhan.

Dengan bersedekah kita menolong sesama manusia lain untuk mendapatkan kebahagiaan. Bersedekah bisa juga dengan tenaga Anda atau juga ide pikiran Anda. Maka dari itu lebih baik Anda bersedekah sebagai tanda bukti bahhwa Anda mengimani adanya malaikat Tuhan. Bersedekah adalah jalan untuk menuju kebahagiaan. Selain itu rezeki akan semakin lancar jika Anda bersedekah kepada orang lain.

Itulah jawaban kenapa beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita gemar bersedekah. Semoga kalian semakin paham poin penting mengapa beriman kepada malaikat penting dalam kehidupan sehari-hari ya!