Mengapa Cerita Nelayan Dan Ikan Mas Disebut Sebagai Cerita Fiksi

mengapa cerita nelayan dan ikan mas disebut sebagai cerita fiksi

Mengapa cerita nelayan dan ikan mas disebut sebagai cerita fiksi?

Ada banyak sekali produk dari sebuah sastra yang didapati di dunia, termasuk di Indonesia. Produk sastra ini bentuk dan jenisnya bermacam-macam dan bisa muncul dari berbagai hal, seperti kebiasaan masyarakat, budaya masyarakat, kehidupan masyarakat, bahkan dari keyakinan yang dianut oleh masyarakat. Dari banyaknya produk sastra, prosa merupakan salah satu yang digemari oleh khalayak ramai.

Pengertian Prosa

Prosa merupakan sebuah karya sastra berupa tulisan atau karangan bebas. Dalam prosa, tidak ada aturan yang mengikat seperti jumlah bait, jumlah baris, ritme, dan lain sebagainya. Sehingga karya prosa tidak akan sama dengan karya lainnya seperti puisi ataupun sajak.

Secara sederhana, prosa bisa artikan sebagai sebuah cerita. Uraiannya yang santai ditambah dengan kebebasan dalam menarasikannya membuat prosa lebih mudah untuk dipahami maksud dan tujuannya. Terdapat dua jenis prosa yang banyak diketahui oleh orang, yakni cerita fiksi dan cerita non fiksi. Masing-masing memiliki cirinya tersendiri, seperti:

Perbedaan Cerita Fiksi Dan Non Fiksi

Pengertian Cerita Non Fiksi Dan Ciri Cirinya

Cerita non fiksi adalah cerita yang berasal dari kisah nyata. Kisah yang diceritakan dalam cerita non fiksi benar adanya, baik dari nama tokoh, latar tempat, waktu kejadian, dan unsur lainnya. Pembuatan cerita non fiksi memerlukan penelitian, waktu yang digunakan untuk membuat cerita ini juga tidak sebentar. Banyak data yang harus dikumpulkan agar narasi yang dibuat nantinya benar-benar menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Cerita non fiksi ditujukan untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan wawasan kepada para penikmatnya

Pengertian Cerita Fiksi Dan Ciri Cirinya

Cerita fiksi, yakni cerita yang berasal bukan dari kejadian nyata atau dengan kata lain, cerita fiksi berasal dari hasil imajinasi para penulisnya. Hal-hal yang tidak bisa dijumpai pada dunia nyata bisa muncul dalam karya cerita fiksi ini. Penulisan cerita fiksi biasanya terdiri dari beberapa bagian atau struktur, antara lain:

  • Abstrak, adalah bagian pembuka dari cerita fiksi, bagian ini mengenalkan secara sekilas mengenai isi cerita yang akan disampaikan. Abstrak biasanya diambil dari bagian-bagian isi cerita.
  • Perkenalan, bagian pembuka berisi pengenalan tokoh dalam cerita, karakter para tokoh, dan tema dari cerita yang diangkat. Bagian ini belum memunculkan konflik antar tokoh.
  • Kompilasi, merupakan bagian klimaks dan inti dari cerita. Konflik banyak bermunculan dari masing-masing tokoh. Pada bagian ini, biasanya para penikmat cerita fiksi mula terbawa ke dalam suasana cerita.
  • Penyelesaian konflik, bagian ini menerangkan cara untuk menyelesaikan konflik yang terbentuk pada bagian kompilasi. Ritme ceritanya menjadi turun kembali setelah naik pada bagian klimaks. Bagian ini juga berisi nasihat-nasihat untuk digunakan sebagai bahan pelajaran bagi para penikmatnya.

Alasan Mengapa Cerita Nelayan Dan Ikan Mas Disebut Sebagai Cerita Fiksi

Cerita Nelayan dan Ikan Mas masuk dalam kategori cerita fiksi karena segala hal yang ada di dalam cerita hanya merupakan sebuah imajinasi dari penulisnya. Ikan Mas dalam cerita digambarkan bisa berbicara dengan sang nelayan dan memiliki sifat seperti manusia. Hal tersebut tentu tidak akan mungkin terjadi di dalam kehidupan nyata.

Cerita tersebut juga bertujuan memberikan petuah atau nasihat kepada para pembacanya, bukan cerita untuk memberikan pengetahuan atau wawasan baru akan suatu hal. Penokohan juga menjadi hal yang dominan dalam cerita Nelayan dan Ikan Mas. Seperti ciri cerita fiksi, tokoh memegang peranan penting dalam sebuah cerita.

Cerita Nelayan dan Ikan Mas masuk dalam jenis cerita dongeng karena cerita tersebut sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Sasaran dari cerita Nelayan dan Ikan Mas adalah para anak-anak sesuai dengan karakter dari cerita dongeng yang banyak memberikan nasihat. Oleh karena itu, cerita Nelayan dan Ikan Mas banyak diceritakan oleh orang tua kepada anak-anaknya untuk memberikan pemahaman mengenai beberapa aspek kehidupan dengan cara yang mudah dimengerti.

Nah semoga kamu bisa mengerti mengapa cerita nelayan dan ikan emas disebut sebagai cerita fiksi ya!