Mengapa Dalam Masyarakat Yang Memiliki Keberagaman Diperlukan Harmoni

mengapa dalam masyarakat yang memiliki keberagaman diperlukan harmoni

Mengapa dalam masyarakat yang memiliki keberagaman diperlukan harmoni? Mengapa harmoni sangat diperlukan dalam keberagaman?

Apa Yang Dimaksud Dengan Harmoni Dalam Keberagaman Sosial Budaya

Keberagaman dalam masyarakat merupakan hal yang sangat indah. Setiap orang dalam masyarakat tersebut memiliki latar belakang, ras, agama, cara pandang, cara berpikir dan banyak aspek yang beragam. Tapi banyak juga beberapa masyarakat beragam yang tiba-tiba saling bertarung atau bentrok.

Kita ambil contoh konflik etnis antara etnis Dayak yang menjadi penduduk asli di Kalimantan melawan etnis Madura yang menjadi etnis pendatang. Konflik ini bernama peristiwa sampit yang terjadi pada Februari 2001. Konflik ini memakan banyak korban jiwa. Ini terjadi karena tidak adanya harmoni dalam masyarakat yang beragam. Harmoni sangatlah penting ketika hidup bermasyarakat.

Secara singkat pengertian harmoni adalah suatu keadaan yang konsisten, teratur, atau menyenangkan yang bisa menangani berbagai bidang kehidupan (contohnya karier, kesehatan, hubungan seseorang) sehingga seseorang memiliki rasa kepuasan hidup.

Alasan Mengapa Dalam Masyarakat Yang Memiliki Keberagaman Diperlukan Harmoni

Berikut adalah alasan dan manfaat kenapa masyarakat yang beragam perlu harmoni.

  1. Pancasila menyuruh kita agar harmonis

Pancasila khususnya sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia mewajibkan agar kita harus menjunjung tinggi persatuan semua etnis di Indonesia. Ditambah lagi slogan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti meskipun banyak perbedaan tapi tetap bersatu. Tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tapi Indonesia juga kaya akan sumber daya manusia. Akan sangat menyedihkan jika tidak ada keharmonisan di Indonesia ini.

  1. Mencegah agar NKRI tidak terpecah

Sejak saat NKRI baru berdiri dan hingga saat ini, tercatat beberapa gerakan separatis yang mengancam keharmonisan NKRI. Dua contoh yang kita ambil yaitu Gerakan Aceh Merdeka atau yang biasa kita sebut GAM dan Organisasi Papua Merdeka atau yang biasa kita sebut OPM.

Salah satu kesamaan dua gerakan itu lahir adalah karena mereka berpendapat bahwa pemerintah berlaku tidak adil di tanah mereka. Sumber daya alam Aceh dan Papua diambil lalu hasil dari sumber daya alam itu digunakan untuk membangun Jawa. Tapi tanah Aceh dan tanah Papua malah dilupakan. Mereka merasa pemerintah gagal menjaga keharmonisan.

  1. Agar tidak terjadi perselisihan

Tentu agar tidak terjadi perselisihan, diperlukan harmoni. Cara mendapatkan harmoni di masyarakat adalah menjauhkan sifat egois, tenang, sabar, toleransi, berusaha saling memahami dan mencoba saling mengerti akan perbedaan di tengah masyakat yang keberagamannya tinggi.

  1. Mencegah konflik

Konflik adalah akibat dari masyakat beragam yang keharmonisannya kecil. Biasanya konflik terjadi karena perselisihan kecil. Karena tidak ada yang mau mengalah, mempertahankan egoisnya, tidak mau saling mengerti dan beberapa sebab lain maka perselisihan kecil perlahan bisa menjadi perselisihan besar. Perselisihan kecil ini bisa dicegah dengan cara meningkatkan rasa harmonis di tengah masyarakat yang beragam.

  1. Belajar toleransi

Salah satu cara untuk mencegah perselisihan dan konflik adalah belajar toleransi. Banyak orang yang mendefinisikan toleransi terlalu sempit yaitu hanya sebatas agama saja. Padahal toleransi tidak hanya sebatas agama saja tapi mencakup banyak hal seperti etnis, latar belakang, pengalaman hidup, cara pandang, cara berpikir dan masih banyak faktor lagi.

  1. Agar pembangunan negara lancar

Tidak ada perselisihan dan tidak ada konflik, maka pembangunan negara akan berlangsung lebih cepat. Perselisihan dan konflik tentu akan menghambat pembangunan negara karena menambah masalah dan pikiran untuk pemerintah. Kita ambil contoh sama seperti yang di atas tadi yaitu peristiwa sampit.

Pemerintah yang fokus ke pembangunan negara, malah harus teralihkan demi mengurus dan mendamaikan konflik antar etnis. Selain tenaga, tentu untuk mendamaikan konflik antar etnis perlu waktu dan biaya. Akan lebih parah jika konfliknya terjadi di daerah tempat terjadinya pembangunan negara.

Nah semoga bisa membantu pembaca mengapa.net dalam menjelaskan mengapa dalam masyarakat yang memiliki keberagaman diperlukan harmoni ya!