Mengapa Di Bulan Tidak Ada Kehidupan

mengapa di bulan tidak ada kehidupan

Mengapa di bulan tidak ada kehidupan? Ada apa di bulan? Mengapa tak ada kehidupan di bulan? Mengapa di bulan tidak ada kehidupan seperti di bumi?

Fungsi Bulan di Kehidupan

Bulan telah lama dikenal oleh manusia sebagai satelit bumi karena selalu menempel bumi kemanapun bumi bergerak. Ini disebabkan karena bulan secara alamiah mengorbit atau mengelilingi bumi. Keberadaan bulan memberikan dampak yang nyata kepada keberlangsungan hidup makhluk hidup yang ada di bumi.

Bulan yang memiliki gaya gravitasi mampu menarik bumi sehingga bumi tidak berotasi secara tegak lurus melainkan agak condong atau miring sebesar 23,5˚. Kecondongan bumi dalam rotasi membuat sinar matahari mampu mencapai ke segala penjuru muka bumi, meskipun dengan kondisi sudut datang yang berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Sisi Gelap Dan Sisi Terang Bulan

Bulan memiliki dua sisi, yang terlihat dari bumi merupakan sisi terang bulan. Sisi terang tidak akan pernah berubah, sehingga jika kita melihat bulan setiap hari, maka kita melihat sisi yang sama pula setiap harinya. Satu sisinya dinamakan sisi gelap bulan. Sisi tersebut tidak pernah nampak dari bumi. Oleh karena itu, jarang sekali manusia yang mengetahui perihal gambaran sisi gelap bulan tersebut.

Sisi atau bagian terang dari bulan tersebut yang menjadi penerang bumi kala malam hari. Termasuk memberikan efek gravitasi kepada bumi sehingga di bumi terjadi pasang naik dan pasang surut permukaan laut. Bulan juga menjadi penyebab terjadinya fenomena gerhana, baik gerhana matahari maupun gerhana bulan. Gerhana matahari terbentuk karena bayang-bayang bulan menutupi matahari sehingga menghalangi sinar matahari untuk sampai ke bumi.

Alasan Mengapa Di Bulan Tidak Ada Kehidupan

Mengapa di bulan tidak mungkin ada kehidupan? Bulan memiliki permukaan yang tidak rata, banyak sekali terdapat kawah atau cekungan yang sangat luas dan dalam. Ini terlihat pada banyak foto-foto bulan yang diambil oleh berbagai lembaga antariksa. Selain cekungan, kontur bulan juga berbukit-bukit. Keadaan kontur yang ekstrem tersebut menyulitkan adanya kehidupan di bulan.

Ciri Ciri Bulan

Adapun ciri-ciri bulan lainnya antara lain:

  • Bulan memiliki diameter sepanjang 3.476 km atau hanya ¼ dari diameter bumi.
  • Bulan berotasi dan berevolusi terhadap bumi dalam kurun waktu 27,3 hari.
  • Suhu bulan pada siang hari mencapai 100˚C dan suhu ketika malam hari mencapai -150˚
  • Bulan tidak memiliki atmosfer sebagai pelindung dari ancaman meteor atau benda langit lain.

Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, menjadi alasan pula mengapa di bulan tidak ada kehidupan sedikitpun. Suhu yang ekstrim tidak akan mampu dihadapi oleh makhluk hidup karena makhluk hidup memiliki kriteria suhu tertentu agar dapat bertahan hidup. Ketiadaan atmosfer juga menyebabkan bulan bisa terkena jatuhan meteor maupun benda angkasa lain. Padahal ukuran meteor atau benda angkasa lain tidaklah kecil, bisa berukuran seperti gunung. Jika ada makhluk hidup di bulan, maka bisa dipastikan akan langsung punah ketika hantaman meteor yang datang.

Makhluk hidup sejatinya membutuhkan tempat dengan kriteria tertentu. Oleh karena itu, tidak semua tempat di jagad raya ini bisa dijadikan sebagai tempat hidup makhluk hidup. Kriteria yang harus dipenuhi agar suatu tempat atau planet atau bulan dapat ditinggali oleh makhluk hidup antara lain:

Kriteria Tempat Tinggal Makhluk Hidup

  1. Memiliki suhu udara normal, yakni berkisar 0-34 derajat celcius. Suhu yang rendah masih dapat menjadi tempat tinggal makhluk hidup asal tidak di bawah 30˚
  2. Memiliki cadangan air yang berlimpah karena air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Tanpa adanya air, makhluk hidup tidak akan bertahan lama.
  3. Keterpaparan sinar matahari. Sinar matahari adalah salah satu unsur yang wajib dipenuhi karena bisa menjadi sumber energi. Akan tetapi sinar matahari yang terlalu ekstrim sehingga membuat suhu terlampau tinggi tidak baik untuk keberlangsungan makhluk hidup.
  4. Atmosfer, berguna untuk melindungi planet atau bulan dari kejatuhan meteor dan benda-benda langit lainnya. Ukuran meteor yang terkadang sangat besar dapat menjadi ancaman serius bagi makhluk hidup. Keberadaan atmosfer dapat membakar meteor yang jatuh ke planet atau bulan sehingga ketika sampai ke permukaan planet atau bulan ukurannya menjadi lebih kecil.

Itulah jawaban mengapa di bulan tidak ada kehidupan. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa tidak ada kehidupan di permukaan bulan ya!