Mengapa Ekor Komet Selalu Menjauhi Matahari

mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari

Mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari? Mengapa ekor komet selalu menghadap ke arah yang berlawanan dengan arah matahari?

Jagat raya terdiri dari berbagai macam benda-benda langit yang bergerak dengan orbitnya sendiri. Bentuknya juga beraneka ragam, ada yang bulat, bahkan tidak beraturan. Dalam jagat raya juga ditemukan banyak sekali tata surya. Salah satunya tata surya tempat bumi berdiam. Dalam tata surya bumi, matahari menjadi pusat dari tata surya, sehingga segala elemen benda langit akan mengelilingi matahari.

Komponen Tata Surya Dan Karakteristiknya

Benda langit yang ada dalam sistem tata surya di mana bumi berada antara lain:

  1. Matahari merupakan bintang yang menjadi pusat dari tata surya. Matahari adalah bintang yang terbesar di tata surya ini. Juga memiliki sinar yang paling terang sehingga mampu menyinari segala penjuru planet, terutama bumi. Suhunya sangatlah tinggi sehingga menghasilkan panas yang tinggi pula.
  2. Planet merupakan salah satu benda langit yang mengelilingi matahari. Dalam tata surya ini dikenal beberapa planet, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Setiap planet memiliki karakteristiknya sendiri dan tidak semuanya dapat dihuni oleh makhluk hidup. Salah satu planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup adalah bumi.
  3. Bulan adalah benda langit yang menjadi satelit dari berbagai planet. Ciri khas bulan yaitu memiliki ukuran yang kecil, lebih kecil dari planet induknya. Bulan mengorbit kepada planet induknya dan juga mengorbit kepada matahari karena setiap planet mengorbit matahari.
  4. Meteoroid adalah benda langit yang bentuknya tidak beraturan dan biasanya memiliki ukuran yang sangat besar. Meteoroid yang jatuh ke permukaan bumi akan menyala akibat adanya gesekan antara meteoroid dengan atmosfer, sehingga meteoroid terbakar. Hal tersebut juga menyebabkan ukuran meteoroid menjadi kecil ketika jatuh di permukaan bumi bahkan ada yang sampai habis terbakar sebelum mencapai permukaan bumi.
  5. Asteroid adalah benda luar angkasa yang ukurannya lebih kecil dari sebuah planet. Mengorbit matahari dengan pola orbit mirip seperti planet. Orbitnya berkisar pada planet dalam, yakni Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  6. Komet adalah benda langit yang memiliki ekor. Bentuk orbitnya lonjong mengelilingi matahari. Komet tersusun dari partikel debu dan es.

Karakteristik Komet

Salah satu benda langit yang unik adalah komet karena komet merupakan benda langit yang memiliki ekor. Padahal komet berasal dari partikel debu dan es yang padat, sehingga sebenarnya bentuk komet adalah padat tanpa memiliki ekor. Ekor komet baru terbentuk ketika komet mendekati matahari.

Suhu matahari dan radiasi matahari yang tinggi menyebabkan es menjadi cair dan partikel debu terlepas dan tersebar di sekitar komet. Oleh karena itu, pada saat mendekati matahari, komet juga seperti di selubungi selimut tipis yang merupakan gas dari perubahan zat pada tubuh komet.

Macam-Macam Ekor Komet

Ada dua macam ekor komet yang muncul ketika mendekati matahari, yakni ekor komet gas dan ekor komet debu.

Ekor Komet Gas & Alasan Mengapa Ekor Komet Selalu Menjauhi Matahari

  • Ekor komet gas adalah ekor komet yang berupa gas yang sifatnya adalah menjauhi matahari. Mengapa ekor komet ini selalu terlihat menjauhi matahari? Komet pada saat mendekati matahari ekornya selalu menjauhi matahari hal ini disebabkan oleh karena partikel yang terkandung di dalamnya terlontar keluar dari tubuh komet ketika berada di dekat matahari yang memiliki radiasi tinggi. Radiasi yang tinggi menyebabkan lontaran-lontaran tersebut. Selain itu juga karena sifat gas yang ringan sehingga tidak mampu berada pada posisi sejajar dengan inti komet

Ekor Komet Debu & Alasan Mengapa Ekor Komet Selalu Mendekati Matahari

  • Ekor komet berupa debu, sifat ekor ini adalah mendekati matahari sehingga akan terlihat melengkung ketika komet berada dekat dengan matahari. Hal ini terjadi karena partikel debu yang ada pada tubuh komet terlepas namun kemudian tertarik oleh kuatnya gravitasi dari matahari.

Nah itulah jawaban mengapa ekor komet selalu bergerak menjauhi matahari. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan proses terbentuknya ekor komet ya!