Mengapa Harus Ada Proklamasi

mengapa harus ada proklamasi

Mengapa harus ada proklamasi kemerdekaan Indonesia? Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaan? Apa alasan harus ada proklamasi?

Sejarah Penjajahan Jepang Sampai Proklamasi

Indonesia telah mengalami penjajahan yang sangat lama. Banyak sumber menyebutkan bahwa Indonesia telah dijajah selama 350 tahun, dengan negara terlama yang menduduki Indonesia adalah Belanda, kemudian ada Jepang setelahnya.

Menjadi wilayah jajahan selama 350 tahun bukan perkara yang mudah bagi Indonesia. Kondisi masyarakat yang selalu tertekan dan tertindas memberikan dampak ketidakberdayaan pada diri masyarakat Indonesia.

Kondisi wilayah dan pemerintahan yang carut marut. Banyak terjadi adu domba sehingga menyebabkan perpecahan diantara sesama anak bangsa. Eksploitasi sumber daya yang menyebabkan hampir seluruh sumber daya negara Indonesia hilang dan dikuasai oleh penjajah. Serta kondisi-kondisi sulit lainnya.

Berbagai cara telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk lepas dari jeratan penjajahan. Namun banyak cara juga tidak berhasil dilakukan untuk membawa Indonesia lepas dari penjajahan. Ada beberapa faktor yang membuat perlawanan Indonesia menjadi lama membuahkan hasil, seperti:

Mengapa Perlawanan Indonesia Selalu Mengalami Kegagalan

  1. Perlawanan bersifat kelompok dan sporadic, tidak direncanakan dengan matang dan baik, serta lebih banyak menggunakan senjata tradisional, yang mana para penjajah melawan dengan senjata yang lebih modern.
  2. Kesadaran untuk melawan penjajahan yang masih jarang dimiliki oleh penduduk Indonesia sehingga perlawanan hanya dilakukan oleh segelintir orang.
  3. Kaum pejabat banyak yang mendukung penjajah, ini menjadikan masyarakat tidak memiliki daya tawar yang lebih tinggi. Pejabat yang mendukung penjajah justru lebih menekan masyarakat untuk tunduk kepada pemerintahan penjajah.
  4. Ketidakpercayaan antar masyarakat, hal ini disebabkan adanya adu domba yang dilakukan oleh penjajah sehingga antar masyarakat walaupun merupakan masyarakat Indonesia menjadi tidak saling percaya.

Cara-cara diplomasi juga jarang digunakan oleh Indonesia untuk menumpas penjajah. Cara diplomasi baru dapat dilakukan ketika Indonesia merasa sudah tidak bisa lagi menggunakan cara peperangan. Padahal cara ini sedikit banyak bisa membuahkan hasil.

Diplomasi tidak hanya dilakukan kepada negara penjajah, tetapi juga dilakukan kepada negara lain yang telah merdeka. Tujuannya agar negara merdeka tersebut memberikan pengakuan bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Dari sana pastinya akan terjadi tekanan kepada negara penjajah untuk segera meninggalkan Indonesia.

Setelah kependudukan Jepang, barulah Indonesia sedikit demi sedikit bersiasat untuk melakukan hubungan diplomatik dengan negara lain. Di dalam negeri sendiri, mulai banyak organisasi nasional yang mulai menggelorakan persatuan dan kesatuan serta kemerdekaan. Para cendekiawan turun lapangan untuk ikut serta membahas persiapan kemerdekaan negara Indonesia.

Saat itu kemudian dibentuk Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia, yang lalu disusul dengan pembentukan Panitian Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Keduanya menjadi wadah untuk menggodok segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan. Termasuk masalah deklarasi kemerdekaan.

Alasan Mengapa Harus Ada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Deklarasi kemerdekaan untuk selanjutnya disebut sebagai proklamasi menjadi hal yang sangat penting. Lalu
apakah akibat dari peristiwa proklamasi kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia? Dari sini akan terlihat bahwa Indonesia telah benar-benar mampu untuk berdiri sendiri. Selain itu, dengan adanya proklamasi, akan tersiar kabar ke seluruh penjuru negara yang mampu membangkitkan semangat kemerdekaan sehingga perlawanan semakin kuat.

Kabar proklamasi juga disiarkan ke seluruh penjuru dunia. Tujuannya adalah agar masyarakat di seluruh dunia mengetahui jika Indonesia telah mendeklarasikan dirinya sebagai negara yang merdeka dan kemudian mendorong dunia untuk mengakui kemerdekaan negara Indonesia. Tanpa adanya proklamasi, tidak akan ada pemberitaan mengenai kemerdekaan Indonesia, dan tidak ada sesuatu yang memperkuat fakta bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka.

Proklamasi telah mampu membawa Indonesia kepada kemerdekaan, telah mampu membuka mata negara-negara di dunia bahwa Indonesia bisa merdeka dengan usaha sendiri tanpa ada campur tangan dari pihak-pihak lain. Dapat dikatakan bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah sesuatu yang diberikan oleh pihak penjajah, melainkan hasil dari perjuangan sendiri.

Itulah jawaban kenapa harus ada proklamasi kemerdekaan / alasan harus ada proklamasi. Semoga kamu semakin paham mengapa harus ada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca mengapa.net