Mengapa Indonesia Bisa Merdeka

mengapa indonesia bisa merdeka

Mengapa Indonesia bisa merdeka dari Jepang? Mengapa Indonesia baru bisa merdeka pada tanggal 17 agustus 1945? Benarkah kemerdekaan Indonesia hadiah dari Jepang? Jelaskan bukti bahwa kemerdekaan Indonesia bukan merupakan hadiah dari Jepang!

Alasan Mengapa Indonesia Bisa Merdeka

Kemerdekaan Indonesia didapat tidak dengan cara yang mudah. Sejak semakin maraknya penjajahan, semakin seringnya penindasan yang terjadi, semakin hilangnya keamanan dan ketentraman, bangsa Indonesia sudah ingin merdeka. Akan tetapi banyak sekali halangan dan rintangan yang membuat proses kemerdekaan tidak dapat direalisasikan dengan cepat.

Para pendiri bangsa menginginkan bangsa Indonesia merdeka dengan melalui cara-cara diplomasi, bukan melalui peperangan. Lebih lanjut, mereka juga ingin adanya pengakuan secara sadar dari pihak penjajah bahwa Indonesia adalah negara yang berdaulat atau negara yang merdeka. Akan tetapi penjajah tidak mau mengakui kedaulatan Indonesia secara mudah. Oleh karena itu, setelah lama berada dalam tekanan penjajah, masyarakat mulai sadar jika mereka harus segera melawan dan mengusir penjajah. Salah satu caranya adalah dengan memproklamasikan jika Indonesia merupakan negara merdeka.

Titik balik yang mengawali lahirnya keinginan yang begitu kuat untuk merdeka dimulai pada tahun 1945, terutama dibulan Agustus. Jika dirinci lebih jauh lagi, maka pada bulan Agustus 1945 terjadi berbagai peristiwa, yakni:

Jepang diserang dan kalah dari sekutu

Awal Agustus 1945, Jepang yang juga tengah menduduki Indonesia mengalami serangan dari sekutu dan kalah dalam perlawanannya. Dua wilayah Jepang, yakni Nagasaki dan Hiroshima luluh lantak akibat dibom oleh tentara sekutu. Hal ini lantas menyebabkan pertahanan Jepang melemah. Tidak hanya itu, Jepang juga menjadi kalang kabut dan tidak bisa fokus menangani Indonesia. Pada saat lengahnya Jepang, para pendiri bangsa mulai menyusun siasat agar kemerdekaan Indonesia dapat diproklamasikan. Maka, para pendiri bangsa menggelar berbagai macam agenda. Tujuannya adalah membentuk beberapa badan serta panitia untuk mengorganisir persiapan kemerdekaan Indonesia. Badan-badan yang dibentuk, antara lain:

  • Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau disingkat BPUPKI, dibentuk untuk melakukan rapat dan merumuskan serta menyusun berbagai hal yang menyangkut sistem politik, pemerintahan, dan sistem negara Indonesia. Melakukan dua kali sidang dengan agenda menentukan dasar negara yang kini dikenal dengan nama Pancasila. Sidang kedua membahas agenda penyusunan dasar negara, sistem pemerintahan, sistem kenegaraan, serta tata kelola pemerintahan lainnya. Disidang kedua, terdapat kelompok yang merumuskan hal-hal tersebut, kelompok ini dibentuk dan dinamai dengan nama panitia kecil.
  • Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia disingkat PPKI, disusun untuk melakukan fungsi pengesahan terhadap hal-hal yang telah disusun oleh BPUPKI. Panitia ini juga melakukan agenda lain, yakni membentuk pemerintahan, seperti mengangkat dan mengesahkan presiden pertama Indonesia, membentuk kementerian dan komite nasional.

Perdebatan mengenai waktu proklamasi

Kapan kemerdekaan bangsa Indonesia diproklamasikan ke seluruh dunia? Kekalahan Jepang yang telah tersiar ke segala penjuru tanah air menyebabkan gejolak yang cukup dahsyat dikalangan masyarakat Indonesia. Mereka menyambut baik kekalahan tersebut. Dari sana kemudian muncul golongan-golongan orang yang ingin secepatnya Indonesia melakukan deklarasi kemerdekaan. Golongan ini disebut dengan golongan muda. Namun, terdapat pula kelompok yang mengusulkan untuk menunda deklarasi kemerdekaan karena dianggap belum siap. Kelompok ini dinamakan golongan tua. Kedua kelompok ini saling adu pendapat untuk menentukan hari proklamasi negara Indonesia.

Soekarno Hatta diculik ke Rengasdengklok

Golongan muda yang tidak sabar untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 16 Agustus 1945 membawa Soekarno Hatta ke Rengasdengklok. Golongan muda beranggapan Soekarno Hatta akan mendengarkan arahan dari golongan muda karena mereka berpikir keduanya tidak terpengaruh oleh Jepang atau pihak-pihak lain. Setelah didesak terus menerus oleh golongan muda, akhirnya disepakati bahwa kemerdekaan Indonesia akan diproklamasikan pada esok harinya, yakni pada tanggal 17 Agustus 1945.

Itulah sejarah singkat kemerdekaan indonesia sekaligus menjadi jawaban dan alasan Indonesia bisa merdeka / kenapa Indonesia bisa merdeka dari Jepang. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia bukan hadiah dari Jepang dan menjelaskan alasan Indonesia merdeka.