Mengapa Indonesia Dijajah Sangat Lama

mengapa indonesia dijajah sangat lama

Mengapa Indonesia dijajah sangat lama? Mengapa rakyat Indonesia sangat lama dijajah oleh bangsa lain? Apa penyebab bangsa Indonesia mudah dikuasai bangsa barat? Mengapa Belanda bisa bertahan lama di Indonesia?

Penjajahan Di Indonesia Dan Akibatnya

Banyak literatur yang menyebutkan jika Indonesia telah dijajah, khususnya oleh Belanda selama lebih dari 350 tahun. Selain dijajah oleh Belanda, Indonesia juga pernah dijajah oleh Jepang selama kurang lebih 3,5 tahun. Belum lagi beberapa negara lain sebelum Belanda dan Jepang, seperti Portugis dan Spanyol yang pernah menduduki Indonesia selama beberapa waktu. Mengapa bangsa Indonesia mudah dijajah oleh bangsa lain dan mengapa penjajahan berlangsung sangat lama?

Penjajahan Indonesia sudah dimulai sekitar tahun 1500an ketika pertama kali bangsa Portugis dan Spanyol menduduki wilayah Indonesia. Saat itu, belum ada yang sadar jika negara Indonesia sedang dicoba untuk ditaklukan dan dieksploitasi sumber daya alamnya. Perdagangan rempah-rempah menjadi salah satu alasan bangsa Spanyol dan Portugis untuk menduduki Indonesia. Selama pendudukan tersebut, banyak sekali hasil bumi Indonesia yang dibawa oleh Spanyol dan Portugis untuk diperdagangkan. Akan tetapi keuntungan yang didapat tidak pernah dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Penjajahan Belanda Di Indonesia Sangat Lama

Kemudian pada akhir tahun 1500an, Belanda datang ke Indonesia. Tujuan utama Belanda datang ke Indonesia adalah untuk melakukan perdagangan. Meski demikian, pada awal tahun 1600an Belanda membuat persekutuan dagang bernama VOC yang menyebabkan geliat perdagangan oleh Belanda di Indonesia semakin terasa. Terlebih VOC diberikan izin untuk mendirikan kantor perwakilannya di Indonesia. Awal berdirinya VOC belum menjadi tekanan bagi Indonesia. Hanya saja, semakin lama semakin terasa jika VOC dibuat untuk melakukan monopoli kegiatan perdagangan, khususnya di Indonesia.

Setelah kemunculan VOC, segala kegiatan perdagangan di Indonesia harus melewati lembaga tersebut. Setiap komoditas harus disetor kepada VOC. Komoditas Indonesia dihargai sangat rendah oleh VOC dan para petani dipaksa untuk menjual kepada VOC.

Semakin lama menguasai Indonesia, Belanda melalui VOC melakukan eksploitasi ke segala lini kehidupan. Salah satunya melalui kerja paksa. Orang-orang pribumi dipaksa dan ditekan untuk bekerja dalam rangka pembangunan infrastruktur demi keberlangsungan usaha perdagangan VOC di Indonesia. Dari sinilah penjajahan semakin terasa. Perlahan masyarakat mulai sadar jika telah terjadi penjajahan oleh Belanda.

Perlawanan Penjajahan Belanda

Meski telah menyadari bahwa terjadi penjajahan yang dilakukan oleh Belanda melalui VOC, masyarakat Indonesia masih belum mampu melakukan perlawanan. Pun ketika melakukan perlawanan, hanya dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil. Misalnya saja, masyarakat Batavia melakukan perlawanan sendiri, masyarakat Jawa Tengah juga melakukan perlawanannya sendiri. Perlawanan tidak dilakukan dengan membentuk organisasi nasional yang bisa mewadahi berbagai kalangan dari seluruh Indonesia. Akhirnya, perlawanan yang dilakukan menjadi tidak efektif karena hanya mampu memberikan perlawanan dalam lingkup yang kecil dan tidak massif.

Mengapa bangsa Indonesia dijajah Belanda sangat lama / mengapa bangsa Indonesia terlalu lama dijajah Belanda? Hal-hal apa saja yang menyebabkan bangsa Indonesia mudah dijajah?

Alasan Mengapa Indonesia Dijajah Sangat Lama

Belum munculnya persatuan di antara masyarakat Indonesia atau masih tingginya ego masing-masing kelompok adalah alasan utama yang membuat masyarakat Indonesia mudah sekali diadu domba oleh Belanda. Umumnya Belanda di masa penjajahan sangat menganakemaskan para pemangku kepentingan agar segala kegiatan perdagangannya menjadi lancar. Di sisi lain banyak masyarakat yang merasa sangat dirugikan dari kegiatan perdagangan VOC. Kedua kelompok akhirnya sering bersitegang dan tidak saling percara satu sama lain.

Dari sini kemudian Belanda bisa melancarkan kegiatan adu dombanya. Tidak jarang Belanda juga mengadu domba sesama petinggi atau pejabat daerah. Pemangku kepentingan yang tidak mau bersekutu dengan Belanda akan dijatuhkan dengan cara mengadu domba dengan pemangku kepentingan yang mau bekerja sama dengan Belanda. Siasat ini lebih dikenal dengan istilah politik adu domba.

Ketiadaan persatuan sesama anak bangsa. Tidak adanya rasa saling memiliki kepada negara Indonesia. Mudahnya masyarakat atau pemangku kepentingan untuk disuap dengan materi seperti uang, kekuasaan, bahkan wanita. Rasa menerima terhadap bentuk penindasan yang dilakukan oleh penjajah. Kesemua hal tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi lamanya penjajahan di Indonesia, khususnya oleh Belanda. Itulah alasan mengapa Indonesia harus bersatu.

Demikian jawaban dan alasan mengapa negara Indonesia bisa dijajah oleh bangsa lain selama tiga setengah abad. Semoga sahabat mengapa.net bisa menjelaskan faktor yang menyebabkan bangsa Indonesia mudah dijajah ya!